About Me

div class="widget-content">
Change Background of This Blog!



Pasang Seperti Ini
RSS

pokemon emeral


Hampir tiga tahun yang lalu, tepatnya tanggal 25 November 2008 saat L menerbitkan ulasan  singkat Pokemon Emerald di POIN. Sejak saat itu pertanyaan demi pertanyaan datang seolah tanpa henti pada kolom komentarnya hingga mencapai 1200 komentar lebih sampai akhir September 2011 ini dengan total view mencapai 122694 kali oleh 537 orang. Banyaknya komentar ini menjadikan ulasan Pokemon Emerald sebagai postingan POIN dengan komentar terbanyak sejauh ini, hingga membuat aksesnya menjadi lambat. Biar begitu masih saja ada pertanyaan yang masuk dan sebagian besar adalah pertanyaan yang sama yang telah terjawab pada komentar-komentar sebelumnya.
Sebenarnya sudah sejak lama L ingin membuat artikel walkthrough (walkthru) singkat petunjuk Pokemon Emerald, namun membuat walkthru tidaklah semudah yang dibayangkan, terlebih walkthru tersebut murni buatan sendiri dan bukan terjemahan dari walkthru lain yang sudah ada. Well, akhirnya dengan segala keterbatasan yang ada, yang memaksa L kembali memainkan Pokemon Emerald setelah bertahun-tahun lamanya (Lebay!!!) tidak lagi memainkan game Pokemon terbaik versi L ini, walkthru yang L rencanakan tiga tahun lalu ini pun selesai sudah. Namun hasilnya jauh dari pengharapan L, karena sangat jauh dari sempurna hanya berisi garis besar petunjuknya. L memang sengaja tidak membuatnya secara mendetil lengkap dengan daftar item atau Pokemon yang bisa didapatkan, karena tidak akan mengasyikkan bila kita memainkan sebuah game dengan mekanik yang jelas, akan mengurangi kenikmatan permainan. Bahkan nih ya... lebih baik memainkan game Pokemon tanpa menggunakan walthru agar sensasi petualangan Pokemonnya lebih terasa, benar-benar trainer sejati. Tapi tak bisa dipungkiri bahwa banyak hal di dalam game yang mungkin tidak kita pahami, membuat kita terhenti atau stuck, bingung untuk melanjutkan permainan. Melihat pada seribu lebih komentar di ulasan legendaris POIN, akhirnya L menyelesaikan walkthru singkat Pokemon Emerald berbahasa Indonesia ala POIN. Saat ini jauh dari lengkap, masih banyak kekurangan dalam walkthru ini yang mungkin ke depannya akan disempurnakan atau ditambahkan pelengkap-pelengkapnya sepertti FAQs apabila memungkinan. Keberadaan walkthru ini mungkin sangat terlambat karena sudah dua generasi terlewati sejak masa Pokemon Emerald, tapi kenyataannya game ini masih terus dimainkan oleh trainer-trainer baru dengan pertanyaan-pertanyaan yang mengikutinya. Artikel ini sendiri direncanakan menjadi kolom untuk menanyakan hal-hal berkaitan dengan Pokemon Emerald menggantikan ulasan lama yang sudah overload. Dan inilah walkthru Pokemon Emerald berbahasa Indonesia yang ditulis sesingkat-singkatnya berusaha sejelas-jelasnya...

Are you boy or girl?
Kalian adalah seorang anak laki-laki/perempuan (tergantung gender yang kalian pilih di awal permainan) yang baru pindah dari region Johto ke region Hoenn, tepatnya pindah ke kota Littleroot. Saat baru tiba di rumah barumu, ibumu akan menyuruhmu mengatur jam dinding di kamarmu. Saat selesai mengatur jam, kamu baru tahu bahwa ayahmu adalah gym leader baru di kota Rustboro melalui siaran televisi. Ibumu akan menyuruhmu untuk berkenalan dengan tetangga barumu, Prof. Birch. Pergilah keluar rumah, bicara dengan semua orang di kota dan tentu saja masuklah ke rumah Prof. Birch. Naiklah ke lantai atas rumah itu dan saat kamu mau mengambil PokeBall yang ada di kamar, seorang anak laki-laki/perempuan (lawan dari gender yang kalian pilih di awal permainan) Prof. Birch akan datang dan berkenalan denganmu, namanya Brendan bila itu laki-laki atau May bila itu perempuan. So, sekarang pergilah ke laboratorium Prof. Birch dan kompresor, eh... profesor itu sedang tidak ada di tempat. Pergilah keluar dari kota Littleroot dan seketika terdengar teriakan minta tolong dari seseorang berseragam putih yang ternyata sedang dikejar-kejar oleh Pokemon Zigzagoon. Dia menyuruhmu memilih satu dari tiga Pokemon yang ada di dalam tasnya untuk menolongnya mengusir Zigzagoon. So, pilih dengan tepat satu dari tiga Pokemon di dalam tas karena pilihanmu itu akan menjadi Pokemon pertamamu. Gunakan Pokemon itu untuk mengalahkan Zigzagoon dan setelah itu Prof. Birch akan berterima kasih dan membawamu ke laboratorium. Disana dia akan memberikan Pokemon yang kamu pilih tadi kepadamu. Dia memintamu untuk menemui anaknya untuk mengajarimu cara menjadi Pokemon trainer. So, pergilah ke utara kota Littleroot, melewati rute 101 hingga tiba di kota Oldale. Bicaralah dengan semua orang di kota itu dan selalu ingat untuk berbicara dengan semua orang yang ada di kota yang kalian datangi karena itu penting. Bila Pokemonmu terluka dalam perjalanan ke Oldale, sembuhkan Pokemonmu di Pokemon Center yaitu gedung beratap merah. Di kota itu juga ada sebuah gedung beratap biru yaitu PokeMart dimana kalian bisa membeli barang-barang perlengkapan trainer. Baik Pokemon Center akan ada di setiap kota sementara PokeMart hanya tidak tersedia di beberapa kota tertentu. So, pastikan kalian mengunjungi dua bangunan ini ketika tiba di kota baru. Oke, kini kita ke utara kota Oldale tepatnya ke rute 103 dimana disana kalian akan bertemu Brendan/May. Dia akan menantangmu bertarung dan setelah memenangkan pertarungan, dia akan mengajakmu kembali ke Littleroot. So, kembalilah ke Littleroot. Di laboratorium, Prof. Birch akan memberikan PokeDex kepadamu dan Brendan/May akan memberikan PokeBall kepadamu. Setelah menerima barang-barang itu, temui ibumu untuk mendapatkan running shoes, sepatu yang bisa membuatmu berlari kencang. Tekan dan tahan tombol B (X) sambil berjalan untuk menggunakannya. Dengan PokeDex, PokeBall, dan Running Shoes, petualanganmu sebagai seorang trainer Pokemon baru saja dimulai!!!


Tangkap Mereka Semua!!!
Inti dari permainan Pokemon adalah menangkap spesies Pokemon berbeda sebanyak-banyaknya dan untuk melakukannya, kalian membutuhkan PokeBall. Pokemon liar akan muncul di rerumputan, dalam gua, atau di lautan dan itu adalah kesempatan kalian untuk menangkap mereka. Pastikan kalian melemahkan Pokemon-Pokemon yang akan kalian tangkap tersebut hingga HP mereka mencapai warna merah tipis, dan lemparkan PokeBall. Berikan juga status seperti PAR atau SLP untuk memudahkan penangkapannya. PokeBall memiliki banyak jenis yang masing-masing memiliki kegunaan tersendiri, kalian akan menemukan ragam PokeBall di sepanjang petualangan kalian. Saat kalian berhasil menangkap Pokemon, data Pokemon tersebut akan tercatat di PokeDex dan itulah tugas kalian, melengkapi data PokeDex hingga terisi sepenuhnya. Ada dua mode PokeDex yaitu mode Hoenn dan mode national. Mode National baru bisa diakses setelah permainan selesai. Bila kalian berhasil melengkapi data 202 Pokemon dalam mode Hoenn, kalian akan bisa mendapatkan satu dari tiga Pokemon starter wilayah Johto.

Malatih Pokemon, Jurus Baru, dan Evolusi!
Setelah bertemu dengan Brendan/May dan mendapatkan PokeDex, kini kalian bisa mulai petualangan kalian. Mulailah dari rute 102 di barat kota Oldale dimana kalian akan mulai melakukan pertarungan antara trainer. Di sepanjang perjalanan kalian akan menemui banyak sekali trainer Pokemon yang mana apabila mereka melihat kalian, maka pertarungan melawan mereka tak bisa terhindarkan. Gunakan Pokemon terbaik kalian untuk mengalahkan mereka demi mendapatkan pengalaman dan uang, tapi bila kalian tidak ingin melawan mereka, yang perlu kalian lakukan hanya menghindari kontak mata dengan mereka. Pertarungan melawan trainer lain penting untuk meningkatkan level Pokemon dimana semakin tinggi level Pokemon kita, semakin kuat pula Pokemon tersebut. Saat mencapai level tertentu Pokemon kita akan mempelajari jurus/move baru atau bisa berevolusi. Ada maksimal empat slot jurus yang dimiliki tiap Pokemon sehingga harus bijaksana dan tepat dalam memilih move mana yang akaan digunakan, dengan konsekuensi menghapus salah satu move bila keempat slot telah terisi. Selain melalui peningkatan level, jurus-jurus baru juga bisa dipelajari melalui item-item seperti TM dan HM, bisa juga melalui move tutor. TM hanya bisa diajarkan sebanyak satu kali sementara HM bisa diajarkan berkali-kali dimana kesemuanya bisa digunakan untuk field move atau digunakan di luar pertarungan untuk keperluan petualangan. Move biasa atau move TM bisa dihapus saat memberikan move baru, namun move HM hanya bisa dihapus melalui move deleter. Meskipun merupakan cara yang umum, tapi peningkatan level bukanlah satu-satunya cara bagi Pokemon untuk berevolusi menjadi spesies/bentuk baru yang lebih kuat dari sebelumnya. Cara evolusi lainnya yaitu melalui happiness maksimal, melalui batu paparan evolusi, melalui trade/barter antar mesin, dan juga melalui peningkatan stat tertentu.


Mengumpulkan Delapan Lencana Gym!
Tujuan utama seorang Pokemon trainer adalah mengikuti liga Pokemon yang syarat keikutsertaannya adalah mengumpulkan delapan lencana/badge dari delapan gym leader yang tersebar di delapan kota tertentu. Masing-masing gym leader tersebut memiliki spesialisasi Pokemon tertentu, menggunakan Pokemon dengan tipe elemen yang sama. Ada tujuh belas tipe elemen Pokemon dan masing-masing tipe tersebut memiliki kelemahan serta keunggulan tersendiri terhadap tipe-tipe elemen lainnya. Sebagai contoh, tipe Fire lemah terhadap tipe Water, namun unggul terhadap tipe Grass. Bangunan gym adalah gedung besar beratap krem dengan tulisan gym di depannya. Gym yang pertama kita temui adalah gym kota Petalburg dimana gym leadernya adalah ayah kalian sendiri, Norman. Namun alih-alih bertarung melawan kalian, Norman justru menyuruhmu menemani anak laki-laki bernama Wally untuk mendapatkan Pokemon pertamanya sekaligus mengajarkan kepada kalian bagaimana caranya menangkap Pokemon liar. Norman kemudian mengatakan bahwa dia akan melawan kalian setelah kalian mendapatkan empat lencana. So, kita lanjutkan perjalanan kita ke rute berikutnya yang mengarah menuju ke Petalburg Woods.

Item Berlambang PokeBall!
Di sepanjang perjalanan akan kalian temukan item-item atau benda-benda berbentuk PokeBall yang ada di jalanan. Itu adalah item-item yang berguna untuk membantu kalian di sepanjang petualangan. Item-item yang kita ambil tersebut akan otomatis masuk ke dalam tas kita, namun apabila tas kalian penuh, kalian tidak bisa mengambilnya. So, pastikan untuk menyimpan barang-barang yang sekiranya tidak diperlukan ke dalam komputer PC yang ada di Pokemon center. Pada komputer PC itu kita bisa menyimpan barang-barang atau Pokemon-Pokemon kita. Batas maksimal Pokemon yang bisa kalian bawa selama perjalanan adalah enam slot Pokemon, sehingga apabila semua slot tersebut sudah terisi penuh, maka Pokemon yang berhasil kalian tangkap akan secara otomatis terkirim ke dalam komputer PC.

Konfrontasi!!!
Kita sampai di Petalburg Woods atau hutan Petalburg. Disini selain kalian bisa menemui Pokemon-Pokemon liar, kalian juga akan berhadapan dengan para trainer Pokemon. Di tengah hutan kita akan bertemu seorang lelaki yang mencari Shroomish, yang kemudian datang laki-laki lain berseragam aneh yang menodongnya. Kalian akan melawan laki-laki berseragam tersebut yang ternyata adalah Tim Aqua. Dalam versi Pokemon Emerald ini, kalian akan menemukan dua tim penjahat yang masing-masing memiliki tujuan berbeda dan saling berlawanan.

Berry-Berry... dan itu bukan nama penyakit!
Keluar dari Petalburg Woods akan kalian temukan sebuah toko kecil Pretty Petal. Disini kalian akan mendapatkan Wailmer Pail, yang berguna untuk menyiram berry yang kalian tanam. Berry adalah buah-buahan yang pohonnya bisa kalian temukan di sepanjang perjalanan. Berry-berry ini terdiri dari beraneka macam dan masing-masing jenisnya memiliki kegunaan tersendiri bagi Pokemon. Berry ini bisa dibawakan pada Pokemon dan otomatis akan dimakan oleh Pokemon tersebut bila keadaannya memungkinkan. Saat kalian mengambil berry dari pohonnya, pohon itu akan lenyap dan menyisakan tanah yang kosong. Kalian bisa menanam kembali berry di tanah kosong ersebut lalu menyiraminya dengan Wailmer Pail untuk menumbuhkannya kembali. Berry-berry itu juga bisa diolah menjadi PokeBlocks, makanan khas Pokemon untuk kontes Pokemon.

Double Battle, hanya bila kamu punya dua!
Pertarungan ganda atau double battle akan terjadi bila ada sepasang trainer atau dua trainer yang secara bersamaan menantang kalian bertarung. Pertarungan ganda hanya akan terjadi bila terdapat dua Pokemon di dalam slot party kalian. Pertarungan ganda pertama kalian akan kalian hadapi di atas jembatan menuju kota Rustboro.
Status-Status Pokemon... tidak seperti yang tertulis di Facebook!
Di kota Rustboro yang besar terdapat sebuah bangunan sekolah Pokemon. Di sekolah ini kalian akan mempelajari mengenai status-status Pokemon dalam pertarungan, yang terjadi akibat efek samping dari serangan-serangan atau ability Pokemon lawan.. Status-status tersebut berpengaruh dalam battle dan hanya dapat dihilangkan/diobati dengan item-item tertentu. Status-status tersebut yaitu SLP atau tertidur sehingga tidak bisa melakukan serangan hingga terbangun, obatnya adalah Awakening; PRZ atau lumpuh sehingga terkadang tidak bisa melakukan serangan, obatnya adalah Paryz Heal; PSN atau keracunan sehingga HP akan berkurang secara signifikan di setiap gilirannya, obatnya adalah Antidote; BRN atau terbakar yang efeknya sama dengan PSN, obatnya adalah Burn Heal; FRZ atau membeku sehingga Pokeemon tidak bisa melakukan serangan hingga mencair, obatnya adalah Ice Heal; FNT atau fainted, pingsan sehingga Pokemon tidak bisa digunakan dalam pertarungan, obatnya adalah Revive atau dibawa ke Pokemon Center; Confuse atau pusing, sehingga terkadang dapat melukai Pokemon sendiri saat melakukan serangan, obatnya adalah dengan melakukan switch/pergantian Pokemon atau hingga efeknya hilang; dan infantuation atau jatuh cinta, sehingga terkadang tidak bisa melakukan serangan.

Dapat lencana pertama rasanya senang sekali!
Masuklah ke dalam gym kota Rustboro untuk kemudian melawan gym leader spesialis Pokemon tipe Rock, Roxanne. Tipe Rock adalah tipe elemen dengan kelemahan terbanyak yaitu lemah terhadap serangan bertipe Water, Grass, Ground, Steel, dan Fighting. Gunakan Pokemon yang memiliki serangan bertipe tersebut untuk memenangkan lencana pertama. Selain syarat menuju liga Pokemon, lencana gym juga membuat Pokemon-Pokemon dengan level tertentu yang didapatkan melalui trade akan mematuhi perintah kita. Perolehan lencana tertentu juga menjadi syarat untuk penggunaan move HM di luar pertarungan, seperti contohnya Cut yang HM-nya bisa didapatkan di kota ini. Cut baru bisa digunakan untuk memotong pohon kecil yang menghalangi jalan setelah kita mendapatkan lencana kota Rustboro.

Rusturf Tunnel dan PokeNav... Nav for Navilink47?
Saat kalian berjalan ke utara kota Rustboro, kalian akan bertemu kembali dengan lelaki yang mencari Shroomish di Petalburg Woods. Dia mengatakan bahwa barangnya telah dicuri oleh Tim Aqua. Pergilah ke timur, melewati rute 116 hingga kalian mencapai Rusturf Tunnel. Seorang kakek disana mengatakan bahwa Peeko, Wingull miliknya ikut dibawa oleh Tim Aqua dan dijadikan sandera. Masuklah ke dalam terowongan itu dan kalahkan Tim Aqua grunt untuk merebut kembali Devon Goods, barang yang dicuri oleh Tim Aqua serta selamatkaan Peeko. Setelah berhasil, kembalikan Devon Goods pada lelaki yang mencari Shroomish dan dia akan mengajakmu masuk ke dalam Devon Corporation, bertemu dengan bosnya yaitu Mr. Devon Stone. Sebagai ucapan terima kasih karena telah menyelamatkan barangnya, Mr. Devon akan memberikan PokeNav, sebuah alat komunikasi canggih sehingga kini kalian bisa melihat peta Hoenn dan juga menelepon orang-orang. Mr. Devon kemudian meminta bantuan kepadamu untuk mengirimkan surat kepada Steven di kota Dewford dan juga mengantarkan Devon Goods kepada Capt. Stern di kota Slateport. Setelah menerima PokeNav, dan barang-barang titipan, keluarlah dari gedung Devon Corporation, berjalanlah ke selatan kota dimana Brendan/May akan menemuimu, mengatakan bahwa ada seorang pelaut bernama Briney. Pergilah ke rute 104, dimana kalian bisa menemukan sebuah rumah di tepi pantai. Masuk ke dalamnya dan bicaralah dengan Briney untuk menumpang kapal menuju Dewford. Sebagai ucapan terima kasih karena telah menyelamatkan Peeko miliknya, Mr. Briney akan mengantarkanmu menyeberangi lautan dengan kapalnya secara cuma-cuma!

Gym Yang Gelap, mungkin belum bayar tagihan PLN!
Setibanya di Dewford, langsung tantang gym leader kota itu atau temui dulu Steven di dalam Granite Cave. Saat masuk ke dalam Granite Cave, kalian akan bertemu seorang hiker yang akan memberikan HM Flash secara Cuma-Cuma. HM Flash bisa digunakan untuk menerangi tempat-tempat yang gelap seperti gua. Sayangnya, penggunaannya di luar pertarungan baru bisa dilakukan setelah mendapatkan lencana kota Dewford. So, pergilah ke gym kota Dewford dan kalahkan gym leadernya spesialis Pokemon tipe Fighting, Brawly. Pokemon tipe Fighting lemah terhadap serangan bertipe Flying dan Psychic, jadi gunakan dua serangan bertipe tersebut untuk mendapatkan lencana kedua. Setelah mendapatkan gym kedua, pergilah ke Granite Cave dan temui Steven di ujung gua untuk memberikan surat dari Mr. Devon Stone. Setelah memberikan surat pada Steven, kalian bisa menggunakan Escape Rope untuk keluar dari Granite Cave dengan cepat.Temui kembali Mr. Briney yang menunggu di tepi Dewford dan kali ini pergilah ke Slateport.

Tim Aqua, bukan Elite Four kita tentunya...
Sesampainya di Slateport, kalian akan menemui banyak trainer dan juga pasar. Ada juga sebuah rumah istirahat penjual Soda Pop. Kalian bisa berkeliling dan setelah puas, kini segera kita temui Capt. Stern. Di kota ini ada sebuah museum bahari, dimana terdapat antrian Tim Aqua yang hendak masuk ke dalamnya saat kalian pertama kali datang ke kota ini. Masuklah ke dalam Stern’s Shipyard, bicara dengan semua orang di dalamnya, lalu keluarlah dan antrian di Museum sudah hilang. Masuk ke dalam museum, dimana Tim Aqua sudah berada di dalamnya. Bicara dengan semua Tim Aqua, lalu naik ke lantai atas, temui Capt. Stern, kemudian akan datang Tim Aqua hendak merebut titipan Devon. Lawan Tim Aqua, hingga Archie sang pemimpin Tim Aqua muncul dan membawa pergi anak buahnya dari sana. Selesai berurusan dengan Tim Aqua, masuklah ke dalam PokeMart dan belilah Harbor Mail. Benda ini akan berguna nanti di Mauville.

Battle Tent... di dalam tenda bisa berantem?
Di kota Slateport adalah pertama kalinya kalian melihat Battle Tent, sebuah fasilitas pertarungan Pokemon. Battle Tent akan kalian temui di beberapa kota di Hoenn yang masing-masing memiliki peraturan berbeda yang memiliki asosiasi dengan fasilitas utamanya, Battle Frontier yang bisa diakses setelah memenangkan liga Pokemon. Untuk Battle Tent di kota Slateport menggunakan peraturaan Battle Factory, dimana penantang menggunakan Pokemon pinjaman.

Road to Mauville, you must be kidding!
Ke utara Slateport di rute 110, kalian menuju ke Mauville. Ada dua pilihan jalan untuk mencapai kota ini, yaitu melalui jalan bersepeda dan melalui jalan rumput. Jalan sepeda baru bisa diakses setelah kalian mendapatkan sepeda di Mauville, jadi saat ini satu-satunya jalan ke Mauville adalah melalui jalan rumput. Sebelum kalian memasuki jalan rumput, kalian akan melihat sebuah rumah yaitu Trick House. Rumah itu tampaknya kosong, tapi kalian pasti menyadari ada sesuatu yang berkila di meja. Dekati meja dan klik, akan memunculkan Mr. Trick House. Di dalam rumah ini ada ruangan labirin dimana kalian akan mendapatkan hadiah bila berhasil menemukan kode dan jalan keluarnya. Teka-teki di dalam rumah ini akan berubah setiap kali kalian berhasil memecahkannya. Bila kalian selesai dengan Trick House, kini lanjutkan menyusuri jalanan rumput menuju Mauville. Disini kalian akan berhadapan dengan Brendan/May dan trainer-trainer lainnya. Setelah kalian berhasil mengalahkan Brendan/May, dia akan memberikan ItemFinder pada kalian yang berguna untuk menemukan item-item yang tak kasat mata.

Gym Ketiga, kali ini selalu taat bayar tagihan PLN!
Memasuki kota Mauville, masuklah ke rumah pertama yang kalian temui di kota itu. Bicara dengan perempuan di dalamnya yang mengatakan dia menginginkan Harbor Mail. So, berikan Harbor Mail padanya dan sebagai gantinya dia akan memberikan Coin Case kapada kalian. Coin Case adalah tempat koin dan syarat untuk bisa memainkan permainan ding-dong di Game Corner Mauville. Kalian bisa bermain-main di Game Corner untuk mendapatkan hadiah yang banyak, atau kalian bisa langsung menantang gym leader ketiga, Wattson. Tapi sebelum kalian menghadapinya, kalian terlebih dulu berhadapan dengan Wally. Setelah memenangkan pertarungan dengan Wally, masuk ke dalam gym yang penuh dengan listrik, hadapi trainer-trainer di dalamnya hingga akhirnya lawan Wattson. Wattson adalah spesialis Pokemon bertipe Electric yang lemah terhadap serangan bertipe Electric, so gunakan serangan bertipe itu untuk memenangkan pertarungan dengan cepat. Usai mengalahkan Wattson, pergi ke toko sepeda untuk mendapatkan sepeda gratis. Ada dua pilihan sepeda yaitu Mach Bike dan Acro Bike. Mach Bike adalah sepeda balap untuk perjalanan cepat, menaiki sandy slope (lumpur merah muda di tebing), dan melewati lantai yang retak. Sementara itu Acro Bike adalah sepeda akrobat untuk atraksi, melompati bebatuan berderet dan jembatan garis putih. Pastikan membaca dan memahami instruksi untuk penggunaan masing-masing sepeda itu yang bisa dilihat di toko sepeda. Setelah mendapatkan sepeda, pastikan untuk mengambil HM Rock Smash yang bisa didapatkan dari salah satu rumah di kota Mauville. Rock Smash bisa digunakan di luar battle untuk menghancurkan bebatuan cokelat tua yang menghalangi jalan.

Penitipan Pokemon DayCare dan itu... tidak gratis!
Di barat kota Mauville akan kalian temukan sebuah rumah penitipan Pokemon, Pokemon DayCare. Kalian bisa menitipkan maksimal dua Pokemon disana. Saat kalian meninggalkan Pokemon disana dan melanjutkan petualangan, level Pokemon yang kalian titipkan akan bertambah secara signifikan tergantung pada langkah kaki kalian. Kalian bisa mengambil Pokemon kalian kapan saja kalian mau tapi ingat bahwa biaya penitipan tidak gratis. Pokemon DayCare jugaa bisa digunakan untuk breeding Pokemon. Bila kalian menitipkan dua Pokemon dengan gender yang berbeda, tak lama kemudian lelaki di DayCare akan memberitahukan bahwa Pokemon kalian telah bertelur dan dia akan memberikan telur itu kepada kalian. Untuk menetaskannya, bawa telur itu di dalam party kalian sepanjang petualangan dan tunggu hingga menetas tergantung pada jumlah langkah kaki kalian. Spesies Pokemon yang terlahir dari telur Pokemon itu akan mengikuti pada spesies Pokemon betina yang kalian titipkan.
~Klik disini untuk membaca petunjuk breeding~
~Klik disini untuk membaca petunjuk breeding (part.2)~

Ke Barat, Utara, atau Timur... jangan ke Selatan!
Setelah selesai dengan kota Muville, kalian akan dihadapkan pada tiga pilihan arah jalan yaitu ke barat menuju rute 117 yang berujung kota Verdanturf, ke utara menuju rute 111, atau ke timur menuju rute 118. Semuanya terserah kalian. Kalian bisa pergi ke barat di rute 117 untuk melawan banyak trainer agar menaikkan level Pokemon kalian kemudian tiba di kota Verdanturf. Di kota Verdanturf kalian akan menemukan terowongan bernama Rusturf Tunnel yang menghubungkan dengan rute 116 ke kota Rustboro. Disana ada Wanda dan pacarnya yang dipisahkan oleh bebatuan. Hancurkan bebatuan itu dengan menggunakan Rock Smash sehingga Wanda bisa bertemu pacarnya. Sebagai ucapan terima kasih, pacar Wanda akan memberikan HM Strength kepadamu. Strength adalah move yang bisa digunakan di luar battle untuk mendorong batu besar yang menghalangi jalan. Tapi kalian membutuhkan lencana gym kota Lavaridge untuk menggunakannya di luar battle. Setelah selesai dengan Rusturf Tunnel, kalian bisa ke timur di ke rute 118 untuk melawan para trainer dan menaikkan level Pokemon kalian. Langkah ke timur terhalang oleh lautan, kalian akan menyeberanginya nanti setelah mendapatkan Surf. Kini pergilah ke utara Mauville untuk menuju ke rute 111. Di rute ini selain kalian bisa menghadapi para trainer Pokemon lain, kalian juga bisa menjajal pertarungan Pokemon melawan keluarga Winstrate. Di timur kediaman Winstrate terdapat sebuah bangunan bernama Trainer Hill, sayangnya bangunan ini baru bisa diakses setelah kita memenangkan liga. Selanjutnya jalan menuju rute 111 tertutup oleh bebatuan, maka hancurkan dengan Rock Smash untuk melewatinya. Disini kalian akan menemukan jalan bercabang menjadi dua arah, ke utara menuju gurun pasir dan ke barat menuju ke rute 112. Kalian belum bisa menuju ke gurun pasir karena belum memiliki Go-Goggles, so pergilah ke rute 112 untuk menuju ke Mt. Chimney.

Jalan yang Panas, bersiaplah berkeringat dan sediakan Po**** Sweat!
Sesampainya di Mt. Chimney, kalian akan menemukan bahwa pintu menuju Cable Car dihadang oleh orang-orang berseragam merah sehingga kita tidak bisa melewatinya. Maka pergilah ke sebelah barat tak jauh dari situ dan kalian akan menemukan sebuah gua, Fiery Path. Telusuri Fiery Path dan keluar ke sisi lain rute 112. Ikuti jalannya untuk mencapai sisi lain rute 111, lalu pergilah ke barat menuju rute 113. Bila HP Pokemon-Pokemon kalian melemah akibat pertarungan, kalian bisa beristirahat sebentar di sebuah rumah milik nenek baik hati yang letaknya di rute 111. Kini memasuki rute 113, kalian akan disambut oleh hujan abu dari Mt.Chimney. Telusuri terus rute ini untuk mencapai kota Fallarbor. Ada sebuah rumah menjelang akhir rute 113 yaitu Glass Workshop. Masuklah ke dalamnya untuk mendapatkan Soot Sack, yang membuat kalian bisa mengumpulkan abu-abu Mt. Chimney. Semakin sering kalian berjalan di bawah abu Mt.Chimney, semakin banyak abu yang bisa kalian dapatkan. Setelah terkumpul banyak, kembalilah ke dalam Glass Workshop dan tukarkan abu-abu itu dalam satuan jumlah yang ditentukan untuk mendapatkan item-item spesial yang dibuat dari abu gunung berapi.

Kota Fallarbor dan Fossil Maniac... What? Ada maniak di game Pokemon?
Di dalam kota Fallarbor terdapat rumah Move Tutor. Pria gendut di dalamnya akan mengajarkan move baru pada Pokemon kalian bila kalian memberinya Heart Scale. Di Pokemon Center kota inilah kalian untuk pertama kalinya bertemu dengan Lanette, wanita jenius yang menemukan storage Box Pokemon. Dia akan memintamu datang ke rumahnya di rute 114 untuk hadiah yang menarik. Lanjutkan perjalanan kalian ke rute 114, dan kalian akan menemukan rumah Fossil Maniac di perbatasan kota Fallarbor dengan rute 114. Masuklah ke dalam dan anak kecil di dalamnya akan memberikanmu TM Dig. Dig bisa digunakan di luar battle untuk kabur dari dalam gua dan juga bisa digunakan untuk membuka pintu menuju lokasi tiga Pokemon Golem legendaris, trio Regis. Selain melalui TM ini, kalian juga bisa mendapatkan move Dig dari Nincada dan Trapinch. Di rumah itu terdapat lubang besar yang bila kita masuk ke dalamnya kita akan bertemu Fossil Maniac. Datanglah kembali ke tempat ini setelah memenangkan liga Pokemon dan kalian akan bisa mengakses Desert Underpass. Kembali ke rute 114, lelaki dengan Mightyena di sampingnya akan memberikan TM ROAR kepadamu. Roar berguna untuk menyingkirkan Pokemon di alam liar, atau memaksa trainer lawan mengganti Pokemonnya. Terus ke selatan rute 114, melewati jembatan sebrangi danau, kalian akan menemukan rumah Lanette. Kunjungi dia kalau kalian berminat dan setelah itu teruslah ke selatan hingga mencapai Meteor Falls. Meteor Falls adalah sebuah gua yang penuh dengan air terjun. Gua ini sangat luas, dimana sebagian besar area hanya bisa diakses dengan Waterfall. Di Meteor Falls kalian akan bertemu dengan Tim Magma, tim penjahat di versi Emerald selain Tim Aqua. Tim Magma akan merebut Meteorite dari Profesor Cozmo dan setelah itu pergi.

Kembali ke Mt. Chimney, Hadapi Tim Magma!
Setelah konfrontasi pertama dengan Tim Magma di Meteor Falls, turunlah dan keluar dari Meteor Falls. Keluar dari Meteor Falls akan membawa kalian ke rute 115, dan terus ke selatan kalian akan mencapai kota Rustboro. Kini kembalilah ke Verdanturf melalui Rusturf Tunnel di ujung rute 116. Dari situlah telusuri kembali jalan rute 111, 112, hingga kembali ke Mt. Chimney. Kini dua anggota Tim Magma sudah pergi dan tidak menjaga pintu masuk ke Cable Car, maka kalian bisa masuk dan menaiki Cable Car menuju puncak Mt.Chimney. Sesampainya di Mt.Chimney, kalian akan menemui pertarungan Tim Magma melawan Tim Aqua. Jangan hiraukan mereka, teruslah berjalan di Mt.Chimney untuk menghentikan Tim Magma yang akan melakukan sesuatu dengan Mt.Chimney menggunakan Meteorite yang mereka curi dari Profesor Cozmo. Lawan semua Tim Magma dan hentikan usaha mereka. Setelah semua tim penjahat pergi, ambil Meteorite dari mesin Tim Magma dan kini turunlah dari Mt.Chimney melalui jalan yang ada di selatan, menuju ke Jagged Pass. Jalanan Jagged Pass adalah turunan, namun kalian bisa kembali ke atas melalui jalan bebatuan yang hanya bisa dilewati dengan Acro Bike. Saat kalian menuruni Jagged Pass, kalian akan menyadari ada seorang grunt Tim Magma. Jangan hiraukan dia dan terus turun, tapi ingat baik-baik tempatnya berdiri karena akan berguna nantinya.

Kota Lavaridge, Gym Api yang sangat HOT... seperti leadernya!
Keluar dari Jagged Pass akan membawa kalian ke bagian lain rute 112 yang menuju ke kota Lavaridge. Pergilah ke barat dan kalian akan menemukan kota Lavaridge lengkap dengan pemandian air panas dan spa pasirnya. Nenek-nenek di depan pemandian air panas akan memberikan sebuah telur Pokemon kepada kalian. Bawa serta telur ini di tas kalian sepanjang perjalanan hingga menetas menjadi Wynaut. Di kota Lavaridge terdapat toko obat-obatan herbal untuk Pokemon yang rasanya pahit, meski begitu obatnya sangat manjur. Di samping kanan toko itu terdapat rumah dimana anak perempuan di dalamnya akan mengajarkan move Mimic pada Pokemon kalian bila kalian bersedia. Oke, kini saatnya untuk melakukan tantangan gym. Masuklah ke dalam gym Lavaridge, telusuri labirinnya untuk mencapai Flannery, gym leader kota ini. Flannery menggunakan spesialisasi Pokemon bertipe Fire yang lemah terhadap tipe Water, Rock, dan Ground. Gunakan salah satu serangan bertipe tersebut untuk mengalahkan Flannery dengan mudah. Setelah berhasil mengalahkan Flannery dan mendapatkan lencana gym keempat, keluarlah dari gym dan kalian akan bertemu Brendan/May yang akan memberikan Go-Goggles pada kalian sehingga sekarang kalian bisa pergi ke gurung pasir yang ada di rute 111. Kini kalian juga bisa menggunakan Strength di luar battle. Ingat batu-batu besar yang menghalangi jalan di dalam Fiery Path? Tak ada salahnya kembali kesana dan mengambil item-item spesial yang ada di dalamnya, terhalang oleh batu-batu besar yang bisa dengan mudah didorong menggunakan Strength. Pastikan kalian sudah mengajarkan HM Strength-nya pada salah satu Pokemon kalian.

Mirage Tower, the Hunt for the Fossil!
Pergilah ke gurun pasir rute 111, dan bila lelaki gendut yang pertama kali kalian lihat saat memasuki gurun mengatakan melihat sebuah menara, maka kalian akan menemuka sebuah menara di sebelah kanan di dekat orang itu. Masuklah ke dalamnya dengan berbekal Mach Bike dan naiklah hingga mencapai lantai atas untuk mengambil satu dari dua fosil yang ada yaitu Claw Fossil atau Root Fossil. Setelah kalian memilih fossil, menara itu perlahan akan runtuh dan hilang selama-lamanya. Tapi jangan khawatir, kalian bisa mendapatkan fosil satunya di Desert Underpass setelah memenangkan liga Pokemon. Bila kalian tidak menemukan menara ini dimana lelaki gendut itu bilang dia tidak melihat menara, pergilah sebentar kemana saja, lalu kembalilah lagi, tanyai orang itu, lakukan terus sampai kalian melihat Mirage Tower. Setelah selesai dengan Mirage Tower, kalian bisa menelusuri gurun pasir, menangkap Sandshrew/Trapinch/Baltoy serta melawan para trainer lain disini atau meneruskan perjalanan kalian kembali ke kota Petalburg, dimana Norman (Kamaru?) ayah kalian telah menunggu.

Gym Pokemon Normal, Ayah Sendiri! Mari mainkan Chaiyya-Chaiyya!
Pergilah ke kota Petalburg melalui Rusturf Tunnel. Tapi sebelum ke Petalburg, mampirlah dulu ke gedung Devon Corporation di Rustboro. Berikan fosil kalian pada salah seorang scientist disana, keluar sebentar lalu masuk lagi dan bicara dengan scientist tersebut untuk menerima Pokemon yang dibangkitkan dari fosil kalian. Untuk menerima Pokemon ini, pastikan kalian memiliki satu tempat kosong dalam party kalian. Kini lanjutkan perjalanan ke Petalburg. Sesampainya di Petalburg, masuklah ke dalam gym dan kali ini kalian bisa menantang gym spesialis Pokemon Normal. Lawan semua trainer di dalam ruangan-ruangan gym tersebut dan kalahkan Norman yang tak lain adalah ayah kalian sendiri. Pokemon tipe Normal lemah terhadap serangan bertipe Fighting, maka gunakan serangan bertipe Fighting untuk memenangkan pertarungan dan mendapatkan lencana kelima. Usai mengalahkan Norman, ayah Wally akan datang menemuimu dan mengajakmu ke rumahnya. Disana dia akan memberikan HM Surf kepadamu. Ajarkan HM itu pada Pokemon air kalian dan kembalilah ke Mauville dengan melintasi perairan yang ada di rute 103.

New Mauville... awas PokeBall tiruan!!!
Kembalilah ke kota Mauville dan kalian akan menemukan Wattson berdiri di tengah kota sambil melhat ke kanan-kiri. Bicara padanya dan dia akan menyuruhmu untuk pergi ke New Mauville. Dia akan memberikan kunci New Mauville dan kini pergilah ke New Mauville yang terletak di selatan kota Mauville. Untuk mencapai New Mauville, gunakan Surf ke selatan Mauville, telusuri danaunya hingga kalian menemukan sebuah gua. Masuklah ke dalamnya dan matikan generator besar yang ada di dalam New Mauville. Setelah mematikan generator, kembalilah menemui Wattson dan dia akan memberikanmu hadiah TM. Kini pergilah ke timur, ke rute 118 dan gunakan Surf untuk menyebrangi selat kecil. Telusuri terus rute 118 hingga mencapai rute 119. Di ujung rute 119 kalian akan menemukan sebuah bangunan besar yaitu Weather Insitute. Masuklah ke dalamnya, kalahkan Tim Aqua yang berusaha mencuri barang Weather Institute. Profesor di dalam Weather Institute akan memberikan Castform sebagai hadiah kepada kalian. Bila HP Pokemon kalian lemah, tidurlah pada kasur yang ada di lantai bawah Weather Institute untuk mengembalikan HP jadi penuh.

Kota Fortree, di Atas Pohon! Welcome to the jungle...
Melewati rute 119 kalian akan sampai di kota Fortree. Kalian akan bertarung melawan Brendan/May dan mendapatkan HM Fly disini yang bisa digunakan untuk terbang kembali pada kota-kota yang telah kalian datangi. Tapi untuk menggunakannya di luar battle, kalian perlu badge keenam yang ada di gym kota Fortree. Masalahnya sesuatu yang tak terlihat menghalangi jalan kalian untuk bisa masuk ke dalam gym. Pergilah ke rute 120, telusuri sampai mencapai jembatan dimana kalian akan bertemu Steven yang akan memberikan Devon Scope kepada kalian. Dengan Devon Scope,kalian bisa melihat hal-hal yang tak terlihat secara kasat mata. Ingat sesuatu tak terlihat di depan gym, maka pergilah kembali ke kota Fortree dan dengan Devon Scope, kini kalian bisa melihat sosok yang menghalangi jalan kalian yang ternyata adalah Kecleon! Kalahkan atau tangkap Kecleon untuk bisa masuk ke dalam gym. Gym kota Fortree adalah gym spesialisasi Pokemon tipe Flying dengan leadernya, Winona. Gunakan serangan bertipe Rock, Ice, atau Electric untuk memenangkan pertarungan di gym ini dan mendapatkan lencana keenam, yang membuat kalian bisa menggunakan HM Fly di luar pertarungan. Kini kalian bisa kembali ke kota-kota yang pernah kalian datangi sebelumnya dengan Fly.

Kota Lilycove, siapkan uang kalian!
Setelah selesai dengan kota Fortree, lanjutkan perjalanan kalian hingga mencapai rute 121. Di penghujung rute 121 akan ada tiga arah yang bisa kalian pilih. Bila kalian lurus terus, kalian akan mencapai kota Lilycove. Bila kalian menggunakan Surf untuk menelusuri wilayah berair, kalian akan mencapai Mt. Pyre. Dan arah ketiga yaitu ke Safari Zone. Pertama kita pergi ke kota Lilycove, mengobati Pokemon, berbelanja, dan mengunjungi kontes Pokemon. Bila kalian ingin berbelanja, kota Lilycove adalah tujuan yang tepat. Disini terdapat bangunan Lilycove Department Store,pusat belanja bertingkat yang menjual macam-macam kebutuhan trainer. Pastikan kalian membeli barang-barang yang kalian butuhkan disini. Di kota ini terdapat rumah Move Deleter, bila kalian berniat menghapus HM move dari salah satu Pokemon kalian, disinilah tempatnya. Kalian bisa mengunjungi Contest Hall untuk melihat atau mengikuti kontes Pokemon bila kalian mau. Kontes Pokemon adalah fitur lain dari Pokemon dimana kita ikut serta dalam lomba berdasarkan kriteria dari Pokemon kita masing-masing. Di dalam Contest Hall kalian akan mendapatkan PokeBlock Case, yang bisa kalian gunakan untuk membuat PokeBlocks, makanan Pokemon buatan manusia yang diproses dari Berry Blender, alat yang ada di dalam Contest Hall. Buat PokeBlock kalian sendiri untuk meningkatkan performa Pokemon kalian di dalam kontes atau untuk umpan bagi Pokemon di Safari Zone. Pokeblock Case yang kalian dapatkan di dalam Contest Hall adalah syarat untuk bisa memasuki Safari Zone di barat Lilycove.


Safari Zone, taman safarinya Pokemon!
Safari zone yang terletak tak jauh di barat kota Lilycove adalah sebuah taman safari tempat dimana kalian bisa mendapatkan Pokemon-Pokemon yang tidak bisa ditemukan di tempat manapun di Hoenn. Uniknya disini kita tidak boleh membawa Pokemon dan hanya boleh membawa Safari Ball, bola khusus untuk menangkap Pokemon di dalam Safari Zone. Kita menangkap Pokemon dengan langsung melemparkan Safari Ball, mendekatinya atau mengumpankan PokeBlock terlebih dahulu. Kita tidak bisa berlama-lama berada di Safari Zone karena ada batas waktu. Dan bila kalian menginginkan Pikachu,disinilah satu-satunya tempat untuk mendapatkannya. Setelah memenangkan liga Pokemon dan mendapatkan National Dex, kalian dapat mengakses area-area lain di dalam Safari Zone.

Kuburan Pokemon, Mt. Pyre! Jadi Pokemon juga bisa mati?
Kita tahu ada banyak Tim Aqua di kota Lilycove dan kita tidak bisa melanjutkan perjalanan ke rute 124 karena ada kawanan Wailmer yang menghalangi jalan. Ingat dermaga kecil sebelum mencapai Lilycove? Pergilah ke sana, gunakan Surf dan berselancarlah ke selatan hingga kalian menemukan jalan menuju Mt. Pyre. Mt. Pyre adalah gunung tempat pemakaman Pokemon, jadi jangan heran bila kalian akan menemukan banyak batu nisan di gunung ini. Gunung ini terbagi menjadi dua sisi, yaitu sisi bagian dalam dan sisi bagian luar. Telusuri sisi bagian dalam, lawan para trainer disana, latih Pokemon kalian hingga kalian mencapai lantai teratas. Setelah selesai, kembalilah ke lantai pertama dan melalui pintu lain yang ada disana, telusurilah bagian luar dari Mt. Pyre. Jelajahi bagian luar Mt. Pyre sampai mencapai puncak gunung. Di puncak gunung kalian akan melihat Tim Aqua dan Tim Magma baru saja mengambil Orb. Lawan Tim Aqua dan nenek penjaga Orb akan memberikan Magma Emblem yang secara tidak sengaja dijatuhkan oleh anggota Tim Magma. Ingatkah kalian dengan anggota Tim Magma yang berada di Jagged Path? Disanalah tujuan kalian berikutnya...

Markas Tim Magma di dalam gunung berapi? Mereka pasti gila!!!
Terbanglah dengan Fly kembali ke Mt.Chimney, dan masuklah kembali ke Jagged Pass. Magma Emblem yang kalian bawa akan bereaksi tatkala kalian memasuki Jagged Pass. Sebuah gua akan terbuka dan selamat...jalan pintu masuk ke marka Tim Magma telah terbuka! Masuklah ke dalam markas Tim Magma yang berada tepat di dalam Mt.Chimney. Telusuri markasnya yang panas itu, kalahkan semua grunt Tim Magma, hingga kalian berhadapan satu lawan satu dengan Maxie, yang mencoba membangunkan Groudon yang tertidur di dalam kubangan lahar. Saat itulah Groudon terbangun dan secara misterius hilang begitu saja dari hadapan kalian. Dengan hilangnya Groudon, maka urusan kalian di dalam markas Tim Magma selesai dan segeralah keluar! Terbanglah kembali ke Lilycove!

Pencurian Kapal Selam! Ini baru keren!!!
Setelah masuk ke dalam markas Tim Magma, kini kalian akan masuk ke dalam markas Tim Aqua yang terletak di bibir pantai kota Lilycove sebelah utara. Tapi saat akan memasukinya, kalian akan dihadang oleh dua grunt Tim Aqua yang mengatakan bahwa Archie mencuri kapal selam di kota Slateport. So, tunggu apalagi? Terbanglah ke Slateport, dan kalian akan menemukan keramaian di depan pelabuhan. Ternyata Capt. Stern sedang diwawancarai wartawan. Capt.Stern mengatakan kalau dia menemukan sebuah gua di dasar laut serta tentang kapal selam buatannya. Bicaralah dengan Capt.Stern dan berikutnya akan terdengar kegaduhan dari dalam pelabuhan. Saat kita masuk ke dalam pelabuhan, semuanya sudah terlambat karena Archie dan Tim Aqua berhasil mencuri kapal selam milik Capt.Stern.

Markas Tim Aqua! Mereka lebih waras dari Tim Magma soal markas...
Terbanglah kembali ke kota Lilycove dan masuk kembali ke dalam markas Tim Aqua. Kali ini dua penjaga yang menghalangi masuk ke dalam markas sudah tidak ada, so... waktunya menghajar beberapa anggota Tim Aqua! Telusuri marka Tim Aqua dengan cermat hingga kalian berhadapan dengan admin tim Aqua Matt, dimana sudah terlambat bagi kalian untuk menghentikan Archie yang baru saja berangkat menuju gua bawah laut dengan kapal selam curian. Dengan demikian urusan kalian di markas Tim Aqua sudah selesai, namun pastikan kalian sudah mengambil Master Ball yang terdapat di dalam markas ini. Master Ball adalah PokeBall canggih teknologi tinggi yang sangat akurat 100% mampu menangkap Pokemon. Sayangnya bola ini hanya ada satu saja, jadi gunakan bola ini secara bijak, biasanya untuk menangkap Pokemon Eon yang roaming di Hoenn setelah kalian memenangkan liga Pokemon.

Perjalanan Laut Menuju Mossdeep! Selancar!
Kawanan Wailmer telah menyingkir dari jalannya dan kalian bisa menyebrangi lautan menuju rute 124. Di rute ini kalian akan menemukan Hunter House, dimana di dalam rumah itu ada laki-laki yang akan memberikan batu elemen kepada kalian bila kalian memberinya Shard. Shard bisa ditemukan di lautan dan dibutuhkan Dive untuk mendapatkannya. Abaikan Hunter House bila kalian ingin melanjutkan perjalanan dan mencapai kota Mossdeep. Di kota ini kalian bisa mendapatkan Super Rod, alat pancing yang paling canggih bila dibandingkan Old Rod dan Good Rod. Super Rod bisa didapatkan di sebuah rumah di dekat Space Center. Dan tentu saja kalian tidak bisa melupakan pertarungan gym ketujuh yang ada di kota ini. Pecahkan tekteki tombolnya untuk bertemu Tate & Liza, duo leader spesialis Pokemon tipe Psychic yang akan menantang kalian dalam pertarungan ganda. Pokemon tipe Psychic lemah terhadap serangan bertipe Dark dan Bug, jadi gunakan dua tipe serangan itu bila ingin memenangkannya dengan cepat.

Space Center... ada roket besar disana!
Kalian boleh saja menang melawan dua leader Tate & Liza, tapi kalian belum selesai dengan kota Mossdeep. Di timur kota ini terdapat Space Center yang ternyata sedang diserang oleh Tim Magma yang berencana merampok roket. Masuklah ke dalamnya, hadapi dan kalahkan Tim Magma hingga kalian mencapai Maxie dan Tabitha. Maxie dan Tabitha terlalu kuat untuk kalian hadapi sendiri, karena itulah Steven akan menawarkan bantuan pertarungan ganda. Kalian akan bertarung ganda bersama Steven melawan Maxie dan Tabitha, dan menangkan konfrontasi terakhir dengan Tim Magma itu. Setelah menang, Steven akan berterima kasih padamu dan mengundangmu datang ke rumahnya di kota Mossdeep. Keluar dari Space Center dan cari rumah Steven di kota Mossdeep. Di rumahnya itu Steven akan memberikan HM Dive padamu dan kini kalian bisa menyelam menjelajahi dasar laut!

Menyelam, Pelajaran Penting!
Bila kalian lihat, lautan luas di Hoenn berwarna biru muda yang cerah, tetapi ada beberapa titik dimana air laut berwarna biru gelap. Yup, disanalah kalian bisa menyelam ke dalam laut. Yang perlu kalian lakukan adalan surfing di atas air laut yang berwarna gelap,lalu gunakan Dive, tentunya kalian harus sudah mengajarkan move ini pada salah satu Pokemon kalian dan kalian sudah mendapatkan badge atau lencana kota Mossdeep. Kalian bisa menyelam dan mencari jalan ke kota Sootopolis di rute 126, tapi kalian belum bisa menantang leader gym tersebut sebelum urusan kalian dengan Tim Aqua selesai. Setelah berada di dalam air, kini menyelamnya jauh ke dasar laut dan temukan sebuah gua dasar laut Seafloor Cavern di dasar laut rute 128. Masuklah ke dalam Seafloor Cavern, telusuri guanya, lawan semua Tim Aqua di tempat itu, pecahkan teka-teki batu besar penghalang, hingga kalian mencapai lokasi 
Kyogre tertidur, dimana disana telah menunggu Archie yang akan melawanmu untuk pertarungan terakhirnya. Saat itulah Kyogre terbangun dan sama seperti Groudon, Kyogre mendadak hilang begitu saja secara misterius...
~klik disini untuk melihat solusi teka-teki batu besar Seafloor Cavern~

Semuanya Kini Menjadi Gawat!
~klik disini untuk melihat video cara ke Sootopolis~
Tak lama setelah Kyogre pergi, semuanya menjadi gawat. Maxie datang dan mengatakan kalau cuaca di Hoenn menjadi gawat, terjadi hujan badai dan panas terik silih berganti yang merusak lingkungan. Dan semua kekacauan itu berpusat di kota Sootopolis. Maka pergilah ke kota Sootopolis melalui jalan bawah air di rute 126 atau gunakan Fly bila kalian sudah menemukan kota ini sebelumnya. Sesampainya di kota ini, kalian akan menjadi saksi pertarungan legendaris antara Groudon dan Kyogre yang merupakan sumber dari kekacauan cuaca. Harus ada seseorang yang menghentikan pertarungan mereka atau Hoenn akan mengalami kehancuran! So, bicaralah pada Steven yang akan mengajakmu masuk ke dalam Cave of Origin untuk menemui Wallace. Wallace mengatakan bahwa masih ada satu Pokemon legenda cuaca lagi yang kedatangannya mampu menghentikan pertarungan antara Groudon dan Kyogre. Pokemon itu adalah Rayquaza dan tempatnya ada di Sky Pillar! Tugas kalian adalah membangunkan Rayquaza demi menghentikan pertarungan Groudon melawan Kyogre, apapun resikonya...

Membangunkan Rayquaza... si tukang tidur?
Rayquaza adalah Pokemon naga hijau besar dan tinggal di Sky Pillar, sebuah menara di utara rute 131. Lihatlah peta untuk menemukan lokasi-lokasi rute dengan cepat agar tidak bertanya lagi. Sekedar mengingatkan bila ada yang lupa, peta Hoenn bisa dilihat melalui PokeNav atau di dinding Pokemon Center di samping komputer PC. Jadi tugas kalian menelusuri rute 131 ke utara hingga kalian menemukan Sky Pillar. Masuk ke dalamnya, capai puncak menara untuk membangunkan Rayquaza. Rayquaza akan terbangun dan lenyap begitu saja dari pandangan kalian. Tapi jangan khawatir, kalian hanya perlu terbang kembali ke kota Sootopolis untuk melihat sebuah video menarik bagaimana Rayquaza muncul dari balik langit untuk menghentikan pertarungan legendaris Groudon melawan Kyogre. Pertarungan itu pun terhenti dan semua Pokemon legenda cuaca hilang begitu saja. Selanjutnya keadaan cuaca kembali normal. Setelah kalian bicara dengan Maxie dan Archie, bersiaplah untuk pertarungan gym terakhir... Sootopolis!

Gym Terakhir, Sootopolis!
Setelah kalian bicara dengan Maxie dan Archie, keduanya akan pergi begitu saja. Tapi kalian tahu kalau mereka berdua ada di puncak Mt.Pyre, mengembalikan dua orb. Selanjutnya bicaralah dengan Wallace dan dia akan memberikan HM terakhir, Waterfall kepadamu. Dengan HM Waterfall kalian bisa menaiki air terjun yang menghalangi jalan kalian ke kota Ever Grande, tapi untuk menggunakan di luar pertarungan kalian membutuhkan lencana terakhir. Jadi masuklah ke dalam gym Sootopolis untuk lencana terakhir. Gym Sootopolis bentuknya lantai es teka-teki, dimana langkah kaki kalian menentukan untuk memunculkan tangga hingga mencapai lokasi Juan, gym leader Sootopolis. Tapi trainer hebat seperti kalian pastinya bisa memecahkan teka-teki sederhana itu bukan? Nah, Juan adalah spesialis Pokemon tipe Water dan dia juga guru dari Wallace yang sebelumnya menjabat sebagai gym leader Sootopolis di versi Ruby dan Sapphire. Kalau Wallace bukan lagi gym leader, lalu apa perannya di dalam game Emerald? Kita akan tahu nanti, yang pasti tipe Water yang dikuasai Juan memiliki kelemahan pada serangan bertipe Electric dan Grass, jadi gunakan serangan bertipe tersebut untuk memuluskan langkah kalian mendapatkan lencana terakhir. Well, Kingdra mungkin akan sulit dijatuhkan, tapi trainer hebat seperti kalian pastilah bisa mengalahkannya dengan mudah.

Melangkah ke Ever Grande!
Sebelum menuju ke Ever Grande, ada banyak pilihan rute lautan yang bisa kalian datangi, seperti rute 132 sampai 134 yang penuh dengan aliran air deras di barat kota Pasifidlog atau kembali ke rute 105 sampai 109 yang sebelumnya kalian lewati dengan kapal Mr.Briney dimana disana ada Abandoned Ship/kapal karam dengan banyak harta karun. Tergantung kalian mau langsung ke Victory Road menuju liga Pokemon atau bermain-main sambil menaikkan level Pokemon kalian terlebih dahulu. Nah, kalau kalian sudah siap untuk liga Pokemon, berselancarlah ke rute 128, tepatnya ke timur rute 128, dimana kalian akan menemukan sebuah jalan air menuju sebuah air terjun besar. Gunakan HM Waterfall untuk bisa menaiki air terjun ini, tentunya kalian sudah terlebih dahulu mengajarkan HM Waterfall pada salah satu Pokemon kalian. Sesampainya di atas kalian akan mencapai kota Ever Grande. Well, kalau disebut kota sepertinya tidak tepat karena cuma ada Pokemon Center disitu, walaupun bagian kota lainnya yaitu liga Pokemon dipisahkan oleh sebuah gua. Ya, gua itulah yang harus kalian lewati untuk bisa mencapai liga Pokemon dan gua itu disebut... Victory Road!

Victory Road yang melegenda...
Di kalangan trainer Pokemon beredar rumor bahwa Victory Road adalah sebuah jalan terjal penuh tantangan dan mara bahaya yang harus ditempuh oleh trainer Pokemon bila mereka ingin menjadi Pokemon master. Hal itu memang benar, dan kalian butuh persiapan untuk memasukinya. Gua ini sangat berliku jadi pastikan stok obat-obatan kalian ada serta berhati-hatilah di sepanjang perjalanan di dalam gua. Siapkan Pokemon-Pokemon di dalam party kalian yang mempelajari HM Rock Smash, Strength, Surf, Waterfall, dan Flash karena percayalah... kelima HM itu diperlukan untuk bisa melewati Victory Road yang kejam. Memangnya apa saja yang ada di dalam Victory Road? Yang ada di dalam gua itu di antaranya yaitu para trainer keren atau cooltrainer yang siap menantang kalian kapan saja, lalu Pokemon-Pokemon liar level tinggi,item-item yang berguna dalam perjalanan dan terakhir... Wally! Bila kalian berhasil melewati segala rintangan di dalam Victory Road, berarti kalian sudah siap untuk menantang empat trainer terkuat di Hoenn. So, selamat berjuang.....

Liga Pokemon Aku Datang!
Selamat bagi kalian yang berhasil melewati Victory Road, tapi bukan itu ujian akhirnya. Ujian akhirnya adalah... Elite Four!!! Well, Elite Four adalah empat trainer Pokemon terkuat yang harus kalian kalahkan dalam secara beruntun. Kalian tidak boleh kalah, karena kalau kalian kalah, kalian mulai dari awal, mulai dari Elite Four yang pertama. Jadi, siapkan diri kalian sebaik-baiknya, stok item-item pendukung yang menurut kalian penting. Item-item yang disarankan adalah Full Restore, Full Heal, Hyper Potion, Revive, dan Max Potion. Semuanya bisa kalian dapatkan di lobi liga Pokemon. Kalian mungkin akan membutuhkan Ether dan Elixir, sayangnya itu tidak dijual di toko-toko terdekat. Bila kalian sudah merasa siap dengan tantangan terbesar, masuklah ke dalam pintu lebar menuju Elite Four, namun bila kalian merasa belum siap, lebih baik pergi dan latih Pokemon kalian dimanapun kalian suka. Untuk bisa mengalahkan Elite Four dengan mudah, kalian membutuhkan Pokemon-Pokemon dengan level tinggi sekitar 60-an, yang masing-masing memiliki move coverage dan tentunya move STAB dan masing-masing punya kelemahan serta pertahanan yang berbeda namun saling mendukung. Dalam liga Pokemon dibutuhkan kerja sama dari Pokemon, kalian bisa saja hanya menggantungkan pada satu Pokemon saja yang berlevel tinggi mungkin level 70-an, tapi kalian akan ketar-ketir untuk memenangkannya. Jadi ramulah tim Pokemon kalian dengan tepat, isi penuh party Pokemon kalian dengan enam Pokemon yang kalian anggap kompeten dan layak, yang bisa mendukung kemenangan untuk kalian. Ingat baik-baik, sekali masuk ke dalam ruangan Elite Four, pintu akan langsung tertutup rapat dan kalian tidak akan bisa keluar, kecuali kalian memenangkan pertarungan dengan mereka...

Versus Elite Four!
Elite Four pertama adalah Sidney, spesialis Pokemon tipe Dark. Tipe Dark lemah terhadap serangan bertipe Bug dan Fighting, jadi serang dengan serangan bertipe tersebut untuk memenangkannya dengan cepat.
Elite Four kedua adalah Phoebe, spesialis Pokemon tipe Ghost. Tipe Ghost lemah terhadap serangan bertipe Ghost dan Dark, jadi serang dengan serangan bertipe tersebut untuk memenangkannya dengan cepat.
Elite Four ketiga adalah Glacia, spesialis Pokemon tipe Ice. Tipe Ice lemah terhadap serangan bertipe Fire, Fighting, Rock dan Steel, jadi serang dengan serangan bertipe tersebut untuk memenangkannya dengan cepat.
Elite Four keempat adalah Drake, spesialis tipe Dragon. Tipe Dragon lemah terhadap serangan bertipe Ice dan Dragon, jadi serang dengan serangan bertipe tersebut untuk memenangkannya dengan cepat.
Sebenarnya kelemahan tipe itu bukan jaminan, karena beberapa Pokemon mereka memiliki tipe ganda dimana tipe gandanya, baik primary atau secondarynya membuat serangan efektif menjadi biasa saja atau bahkan tidak mempan. Sebagai contoh Sableye milik Phoebe yang bertipe ganda Ghost dan Dark, yang artinya tidak memiliki kelemahan tipe. Memamg tipe Ghost lemah terhadap serangan tipe Dark, tapi tipe Dark yang dimiliki Sableye membuat serangan tipe Dark menjadi tidak mempan. Hal yang sama berlaku pada Walrein terhadap tipe Fire.


Wallace ternyata adalah... sang juara!
Setelah kalian berhasil mengalahkan empat trainer yang diklaim sebagai yang terkuat, berikutnya kalian akan berhadapan dengan trainer terkuat di antara yang terkuat yang memegang gelar Champion atau juara. Sang juara itu ternyata Wallace! Kalian harus mengalahkan Wallace bila ingin menjadi seorang Pokemon Master, dialah tantangan terakhir kalian. Sama seperti gurunya, Wallace juga seorang spesialis Pokemon tipe Water. Tipe Water mungkin lemah terhadap serangan bertipe Grass atau electric, tapi di tangan Wallace, kalian butuh lebih dari itu untuk bisa mengalahkannya. Percayalah, champion tidak mudah ditaklukkan.

Menang... dan setelah itu apa?
Setelah kalian berhasil mengalahkan Champion Wallace karena kalian adalah trainer yang hebat, nama kalian bersama dengan Pokemon-Pokemon kalian yang ikut bertarung di liga Pokemon akan masuk dalam Hall of Fame. Setelah itu akan ada kredit dan... Tamat! Reset game kalian, dan pilih pilihan Continue. Kalian akan terbangun di kamar kalian yang nyaman di Littleroot. Saat kalian turun, ibu kalian sedang nonton televisi dan melihat ada BZZZT! BZZZT! Di layar televisi. Dia akan bertanya pada kalian warna Pokemon BZZZT! BZZZT! yang ada di dalam televisi. Ada dua pilihan dan jawaban kalian akan berhubungan dengan Pokemon roaming legendaris, Pokemon eon yang akan kalian temukan di alam liar. Bila kalian memilih warna Red, kalian akan bertemu Latias sementara kalau kalian memilih warna Blue, kalian akan bertemu Latios. Lokasinya acak, kalian bisa bertemu salah satu dari mereka kapan saja dan dimana saja di alam liar di luar ruangan. Bisa saja saat kalian sedang asyik berselancar luatan Hoenn, tiba-tiba wild Pokemon dan itu Latias atau Latios! Menarik bukan? Apabila Pokemon itu kabur pada pertemuan pertama kalian, kalian bisa melacak keberadaan mereka berikutnya menggunakan PokeNav.


Menangkap Trio Legenda Cuaca
Trio legenda cuaca bisa kalian tangkap setelah Elite Four. Rayquaza bisa kalian temukan di puncak Sky Pillar sementara Groudon dan Kyogre lokasinya acak tergantung weather institute. Pergilah ke weather institue dan bicara dengan laki-laki ilmuwan di lantai atas. Dia akan memberitahukan bahwa terjadi fenomena cuaca yang tidak lazim di suatu daerah. Bila dia bicara tentang panas yang sangat menyengat, maka itu artinya lokasi Groudon di Terra Cave sementara bila dia bicara tentang hujan lebat, maka itu artinya lokasi Kyogre di Marine Cave. Segeralah pergi ke lokasi yang disebutkan oleh orang itu dan kalian akan menemukan fenomena cuaca yang dimaksud. Carilah sebuah gua di sekitar situ bila yang dikabarkan cuaca panas, sementara carilah titik menyelam di sekitar situ bila yang dikabarkan adalah cuaca hujan. Semoga beruntung...


Menangkap Trio Regis
Trio Regis adalah trio Pokemon legendaris di Pokemon Emerald, letaknya berada di tiga tempat berbeda di Hoenn. Untuk bisa menangkap ketiganya, dibutuhkan terlebih dulu membuka segel mereka. Baca petunjuk selengkapnya menangkap Trio Regis,


Battle Frontier
Setelah menang liga, pergilah ke S.S Tidal dan Scott akan datang memberikan Frontier Pass, akses menuju ke Battle Frontier, fasilitas pertarungan Pokemon yang keren gila!!! Ada tujuh fasilitas battle yang bisa dikunjungi yaitu Battle Dome, Battle Factory, Battle Pike, Battle Tower, Battle Arena, Battle Pyramid, dan Battle Palace. Masing-masing fasilitas memiliki peraturannya sendiri-sendiri. Bila sebelumnya kalian sudah mencoba Battle Tent, kalian pastilah tidak asing dengan peraturan dalam fasilitas-fasilitas itu. Masuki semua fasilitas yang ada dan usahakan untuk terus menerus memenangkan pertarungan di dalamnya tanpa kalah untuk bisa bertemu masing-masing Frontier Brain, trainer terkuat di setiap fasilitas. Di tempat ini pula kalian bisa menangkap Sudowoodo dan Smeargle.

Starter Johto
Lengkapi data PokeDex Hoenn kalian hingga terisi penuh lalu pergi temui Prof. Birch. Dia akan memberikanmu satu dari tiga starter Johto kepadamu. Klik disini untuk melihat daftar Pokemon PokeDex Hoenn yang harus kamu tangkap.


Melawan Steven
Steven bisa ditemui di Meteor Falls setelah kalian mendapatkan HM Waterfall. Pokemon-Pokemonnya sangat kuat dengan level di atas 70, so pikir-pikir dulu sebelum memutuskan untuk melawan trainer terkuat di Hoenn ini. Di bagian atas Meteor Falls kalian juga bisa menemukan Bagon yang langka. Lokasi Bagon ada di gua yang sama dimana TM Dragon Claw berada.

Pokemon Hoenn yang Tidak Tersedia
Ada beberapa Pokemon dalam PokeDex regional Hoenn yang tidak bisa didapatkan secara native di alam liar Hoenn dan untuk mendapatkannya harus trade dari versi Ruby/Sapphire. Pokemon-Pokemon itu adalah: Surskit, Masquerain, Meditite, Medichamp, Roselia, Zangoose, dan Lunatone. Jadi percuma saja bila kalian mencarinya di wild Hoenn Emerald, kecuali kalian memainkan ROM Pokemon Emerald POIN. Kalian bisa mendapatkan Pokemon-Pokemon itu termasuk Feebas yang langka di area spesial POIN di ROM tersebut. Kalian juga bisa mengakses lokasi event Pokemon seperti Mew, Deoxys, Ho-Oh, dan Lugia.

Secret Base
Dalam perjalanan di rute 111, kalian akan menemukan seseorang yang berdiri di depan pohon. Dia akan memberitahukan mengenai Secret Base yang bisa dibuat dengan menggunakan Secret Power dan akan memberikanmu TM Secret Power. Gunakan Secret Power pada tempat-tempat yang memiliki tanda khas seperti titik-titik di dinding gua, sulur di pepohonan dan semak belukar tertentu untuk membuat Secret Base, semacam markas kalian. TM 43 Secret Power akan dijual di pasar Slateport City setelah kalian mendapatkan TM43 yang pertama di rute 111. Dekorasi-dekorasi seperti boneka Pokemon, kursi, poster, laci dan sebagainya yang kalian dapatkan di sepanjang petualangan dan di Lilycove Dept. Store bisa diletakkan di Secret Base dan hiasi Secret base kalian semenarik mungkin. Dalam permainan multiplayer menggunakan mix record, Secret base memiliki fungsinya.

Rematch
Kalian bisa melakukan Rematch dengan trainer-trainer tertentu atau gym leader yang telah kalian kalahkan. Cara melakukan rematch dengan menggunakan fitur Match Call yang ada di PokeNav. Beberapa trainer akan meminta penukaran nomor PokeNav untuk Match Call, biasanya setelah kalian mengalahkan mereka. Cek fitur Match Call di PokeNav untuk mengetahui trainer-trainer mana saja yang menantang kalian dalam Rematch. Khusus untuk gym leader, Rematch mereka menggunakan double battle.


~Ditulis oleh Elite Four L.

Artikel ini masih berupa rintisan dan jauh dari lengkap sehingga masih bisa mengalami perubahan atau penambahan materi bila dibutuhkan. Silakan tuliskan saran untuk perbaikan walkthrough ini dengan menuliskannya di kolom komentar.  Kalian juga bisa menanyakan pertanyaan-pertanyaan terkait Pokemon Emerald disini untuk menyempurnakan artikel ini. Terima kasih.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Menu