About Me

div class="widget-content">
Change Background of This Blog!



Pasang Seperti Ini
RSS

Pokemon HeartGold/SoulSilver: Walkthrough Bahasa Indonesia


Kembali lagi bersama Mudcchi! Walkthrough kedua saya ini akan membantumu menjelajahi region Johto dan Kanto dalam versi remake dari game generasi 2 Gold/Silver/Crystal, yaitu Pokemon HeartGold/SoulSilver! 

Cerita di Pokemon HeartGold/SoulSilver (HGSS) tidak jauh beda dengan versi aslinya, di mana cerita awal berlangsung di region Johto, tiga tahun setelah setting cerita FireRed/LeafGreen (FRLG). Kamu akan berperan sebagai Ethan/Lyra, mengalahkan ke-8 Gym, dan tentu saja menaklukkan Liga Indigo. Tapi tidak semudah itu, karena tim penjahat paling hebat di dunia Pokemon, Tim Roket, akan beraksi kembali! Namun, petualanganmu tidak serta-merta berhenti di sana, karena masih ada Region Kanto yang juga harus kamu taklukkan untuk bisa menjadi Trainer terkuat!

Untuk memulai game, pilih opsi “No Info Needed”. Prof. Oak akan menyambutmu dan menjelaskan tentang dunia Pokemon. Sekarang saatnya memperkenalkan dirimu! Pilih gender yang ingin kamu pakai sebagai karaktermu, masukkan nama yang diinginkan, dan saatnya kamu memulai petualanganmu!
PERHATIAN!!!
BAGI YANG BERMAIN DENGAN EMULATOR, HARAP RAJIN MELAKUKAN SAVE GAME UNTUK MEMINIMALISIR DAMPAK DARI FREEZE!!! ROM HGSS AKAN SELALU MENGALAMI FREEZE MENDADAK, JADI PASTIKAN KALIAN SERING MELAKUKAN SAVE GAME!!!

~ BAGIAN PERTAMA : JOHTO ~


LENCANA KE-1 : ZEPHYR BADGE

New Bark Town
Kamu akan muncul di kamarmu. Turunlah dan ibumu akan memberikanmu opsi untuk mengakses Bag, Save, Trainer Card-mu dan Option. Opsi-opsi itu akan muncul di layar bawah dan bisa langsung kamu klik. Sekarang, keluarlah dari rumahmu. Seekor Marill akan menyambutmu. Marill itu adalah milik second character Lyra (jika kamu bermain sebagai laki-laki). Masuki lab Prof. Elm di sebelahnya. Beliau akan menyambutmu dan memintamu membantunya dalam penelitian tentang Pokemon dan memberikanmu Pokemon pertamamu. Tiba-tiba, ia menerima e-mail dari temannya, Mr. Pokemon, yang memberitahukannya tentang penemuan Telur Pokemon. Prof. Elm memintamu untuk pergi menggantikannya. Sekarang saatnya memilih Pokemon pertamamu. Ada Chikorita si Pokemon tipe rumput, Cyndaquil si Pokemon tipe api, dan Totodile si Pokemon tipe air. Yang mana yang akan kamu pilih? 

Prof. Elm juga memintamu untuk berjalan-jalan dengan Pokemonmu itu. Ya, inilah salah satu fitur menarik di HGSS, di mana kamu bisa berjalan-jalan dan berinteraksi dengan Pokemon. Tapi, kamu hanya bisa berjalan-jalan dengan 1 Pokemon saja setiap waktunya, yaitu Pokemon pertama dalam party-mu. Untuk bisa berinteraksi dengannya, tekan tombol D-pad dengan pelan agar karaktermu berputar di tempat dan menghadap ke arah Pokemon. Pokemon akan mengeluarkan reaksi berbeda-beda tergantung lokasi, waktu, dan tingkat happiness-nya. Jika kamu sudah akrab dengan Pokemonmu, kadang ia juga akan memberikanmu aksesoris. Oh ya, kamu juga bisa menyembuhkan Pokemonmu dengan mengecek PC di belakang Prof. Elm. Asisten Prof. Elm juga akan memberikanmu Potion sebelum keluar lab.

Di luar, Ethan sudah menunggumu dan menyarankanmu untuk menemui ibumu dulu. Beliau akan memberikanmu PokeGear, gadget multifungsi yang dapat digunakan untuk menelepon, melihat peta, dan mendengarkan radio. Namun saat ini kamu hanya bisa menggunakannya untuk menelepon saja. Klik nama orang pada kontak dan pilih “Call” untuk melakukan panggilan. Kamu juga bisa mengubah tampilan PokeGear-mu dengan mengklik tombol bergambar palu dan kunci inggris di kiri bawah. Saat kamu hendak melangkah ke rute 29, Prof. Elm akan memberikanmu nomornya. Nomor itu akan secara otomatis tersimpan di PokeGear-mu. 

Route 29 --> Route 30
Di sini, setelah mendapatkan lencana pertama, kamu bisa menemui seorang gadis bernama Tuscany yang akan memberikanmu TwistedSpoon. Berjalanlah ke kiri lalu ke utara. Ada gerbang menuju Rute 46 di sana, tapi untuk sekarang tidak ada yang bisa kamu temukan di sana. Melangkahlah ke kanan dari gerbang itu untuk menemukan Potion. Di rute ini, kamu akan menemukan pohon Apricorn hijau atau Grn Apricorn, namun untuk sementara kamu belum bisa mengambil buahnya.

Di Kota Cherrygrove, seorang kakek akan menjelaskan padamu tentang tempat-tempat yang ada di sana. Setelah itu, ia akan memberikan Running Shoes padamu. Untuk mengaktifkan Running Shoes di HGSS ada 2 cara, pertama dengan cara klasik yaitu menekan tombol B saat berjalan, dan yang kedua adalah dengan mengklik tombol oranye dengan ikon sepatu di layar bawah. Jika kamu sudah mengklik tombol oranye tersebut, Running Shoes akan selalu aktif dan kamu tidak perlu capek-capek menekan tombol B setiap ingin berlari. Untuk menonaktifkan fitur ini, cukup mengklik tombol oranye itu lagi. Mudah, bukan?

Jika sudah selesai, lanjutkan perjalananmu ke Rute 30. Kakek yang tadi akan menghentikanmu dan memberikan Map Card untuk PokeGear-mu. Sekarang, kamu bisa melihat peta Johto dengan mudah, cukup mengklik gambar peta yang ada di PokeGear. 


Di Rute 30, ambil Potion yang terlihat mata. Masuki (atau lewati saja) rumah yang ada pohon Grn Apricorn di sebelahnya untuk mendapatkan Apricorn Box. Sekarang kamu bisa memetik buah Apricorn yang kamu temui! Pohon Apricorn akan tetap berbuah tanpa perlu diapa-apakan. Cukup kembali dan mengeceknya tiap hari. Sekarang, lanjut ke rumah Mr. Pokemon di ujung utara. Jangan lupa untuk mengambil Antidote di tengah jalan serta Pnk Apricorn di samping rumah Mr. Pokemon.

Di dalam rumah, Mr. Pokemon akan menyambutmu dan memberikanmu item Mystery Egg. Melihat Pokemonmu, Prof. Oak akan memperkenalkan dirinya dan memintamu untuk membantunya mengisi Pokedex. Ia juga akan memberikanmu nomor teleponnya. Kembali ke luar, Prof. Elm meneleponmu dengan panik. Sepertinya ada hal buruk yang terjadi... sebaiknya kita segera kembali ke Kota New Bark!

Cherrygrove City --> New Bark Town
Tepat saat kamu akan melangkah ke Rute 29, seorang laki-laki berambut merah akan menghadangmu dan mengajakmu bertarung! Setelah kamu mengalahkannya, ia akan pergi. Uh-oh, rupanya ia menjatuhkan Trainer Card-nya. Kembali ke laboratorium Prof. Elm, rupanya salah satu Pokemon milik Profesor dicuri! Pencurinya diduga adalah bocah berambut merah tadi. Kamu akan mendapatkan pilihan untuk menamai Rivalmu. Di guide ini, kita akan memanggilnya Silver.

Setelah sang polisi pergi, Prof. Elm akan meminta Mystery Egg yang kamu dapatkan. Mengetahui bahwa kamu memiliki Pokedex, beliau menyarankanmu untuk menantang Gym di seluruh Johto dan mengikuti Liga Pokemon. Sebelum kamu memulai petualangan panjangmu, ada baiknya kamu menemui ibumu. Beliau akan menawarkan diri untuk menyimpan sebagian uang yang kamu dapatkan dari pertarungan melawan Trainer. Uang yang disimpan ibumu akan digunakannya untuk membeli barang-barang untukmu. Seorang pria akan muncul di PokeMart jika ibumu baru membeli barang dan pria itu yang akan memberikan barangnya padamu. Kalau kamu berubah pendirian, cukup bicara dengannya lewat PokeGear. Kamu juga bisa menyimpan sejumlah uang yang sudah kamu punya padanya, atau mengambil uangmu yang disimpannya.

Ingat tempat di mana sebelumnya Silver berdiri untuk mengintipi laboratorium Profesor? Cek tempat ia berada sebelumnya untuk mendapatkan Potion.

Kembali ke Rute 29, Ethan akan mengajarimu cara menangkap Pokemon serta memberikanmu beberapa Pokeballs. Perhentian berikutnya: Kota Violet!

Route 30 --> Violet City
Kembali ke Kota Cherrygrove lalu masuki Rute 30. Dari rumah dengan pohon Apricorn, pergilah ke utara di mana kamu akan ditantang oleh para Trainer. Beberapa Trainer akan memintamu untuk bertukar nomor telepon, terserah padamu untuk setuju atau tidak. Beberapa orang akan memberikan item padamu, mengajak rematch, atau cuma sekadar mengobrol. Lanjutkan ke utara hingga Rute 31. Kamu bisa memasuki Dark Cave, namun kamu tidak akan bisa menjelajahinya tanpa bantuan beberapa HM, jadi lewati saja dulu. Ambil Potion dan Blk Apricorn tidak jauh dari gua, juga PokeBall yang ada di pojok. Di gerbang menuju Kota Violet, Ethan akan memberikanmu Vs. Recorder. Selamat datang di Kota Violet!

Orang di depan Pokemon Center akan menukarkan Shard milikmu dengan Berry. Di lantai 2 Pokemon Center, seorang pria akan menanyakan Trainer seperti apa kamu. Pilihanmu akan menjadi spritemu yang muncul dalam Union Room. 

Di dalam rumah beratap ungu di sebelah kiri Pokemon Center ada anak yang akan menukarkan Bellsprout milikmu dengan Onix miliknya. Di utara Pokemon Center, terdapat Trainer School dan Sprout Tower. Sebelum menantang Gym, ada baiknya kamu memanjat menara ini. Di menara ini kamu akan menemukan para Sage pengguna Bellsprout yang akan menantangmu bertarung. Jangan lupa untuk mengumpulkan item di sepanjang perjalanan. Di puncak menara, kamu akan melihat Silver yang rupanya sudah berhasil mengalahkan Elder pemimpin menara ini. Lakukan hal yang sama; kalahkan si Elder dan ia akan memberikanmu TM70, Flash. Gunakan Escape Rope di sebelah kanan Elder untuk keluar dari menara ini, atau cukup memanjat turun. 
Jika sudah siap, saatnya untuk menantang Gym pertama, yang lokasinya tepat di depan Sprout Tower. Gym ini berspesialisasi tipe Flying dan dipimpin oleh Falkner. Jika kamu berhasil mengalahkannya, ia akan memberikanmu Lencana Zephyr dan TM51, Roost.

LENCANA KE-2 : HIVE BADGE

Violet City --> Ruins of Alph
Setelah keluar dari Gym, Prof. Elm akan meneleponmu dan mengatakan bahwa ia mengirimkan asistennya untuk memberikanmu telur Pokemon yang sebelumnya kamu berikan ke dia. Pergilah ke PokeMart dan pastikan ada slot kosong dalam party-mu. Telur itu nantinya akan menetas menjadi Togepi. Jika Togepi sudah menetas, letakkan dia di slot pertama party-mu dan tunjukkan pada Prof. Elm untuk mendapatkan Everstone.

Sekeluarnya dari PokeMart, seorang wanita misterius akan muncul dan memberikan sedikit nasihat padamu. Siapakah dia? Well, nanti juga kita akan tahu. ^_^ Sekarang saatnya membereskan sedikit urusan di Kota Violet. Pergilah ke ujung barat kota, menuju Rute 36. Pria gendut di sana akan memberikanmu HM06, Rock Smash. Ajarkan pada salah satu Pokemonmu dan gunakan untuk menghancurkan batu di dekat Trainer School. Cek bagian ujung jalan yang tertutup batu itu untuk mendapatkan Hyper Potion tersembunyi. Sekedar informasi, terkadang kamu juga bisa mendapatkan item dengan menghancurkan batu-batu semacam itu.  

Kembali ke Rute 36, jika hari itu adalah hari Kamis, kamu akan menemui seorang bocah berkacamata bernama Arthur. Ia adalah salah satu anggota dari tujuh bersaudara yang akan muncul di tempat tertentu pada waktu tertentu dan memberikan item tertentu. Khusus Arthur, ia akan memberikanmu item Hard Stone. Saudaranya yang lain bernama Tuscany bisa kamu temui setiap Selasa di Rute 29, dan akan memberikanmu item TwistedSpoon. 5 saudara lainnya menyusul!

Dari PokeMart Kota Violet, pergilah ke selatan dan jangan lupa mengambil Ylw Apricorn. Sampailah kamu di Rute 32! Belok ke kiri dan kamu akan sampai di Ruins of Alph. Menghancurkan batu-batu di sini terkadang akan memberikanmu beragam Shards atau Fosil yang bisa kamu hidupkan menjadi Pokemon. Namun sabar saja mencobanya, karena batu-batu itu tidak selalu berisi item.

Jika kamu punya Arceus dari event Toys’ R’ Us atau Arceus dari Hall of Origin DPPt, kamu bisa mengaktifkan event yang akan memberikanmu salah satu dari Dialga, Palkia atau Giratina Origin Forme Level 1. 

Di dekat pintu masuk, periksa batu yang berada di selatan papan nama Ruins of Alph untuk mendapatkan Great Ball. Pergilah ke utara dan hancurkan batu paling kiri. Periksa batu lain di belakangnya untuk sebuah Rare Candy. Dari sana, ambil dua langkah ke kanan dan enam langkah ke selatan, lalu ke kiri untuk sampai ke area ‘tersembunyi’ dengan sebuah Hyper Potion. Kembali ke selatan sedikit lalu masuki bangunan yang pintunya terbuka. Ikuti jalannya hingga kamu mencapai sebuah ruangan dengan puzzle Kabuto. Tapi, lupakan dulu puzzlenya. Pergilah ke belakang ruangan dan cek dinding yang berada di tengah. Akan muncul susunan huruf Unown yang membentuk kata “ESCAPE”. Tapi tenang dulu, ini bukan creepypasta. Gunakan sebuah Escape Rope dan sebuah ruangan akan terbuka! Ambil item-item di dalamnya. 

Kembali ke puzzle Kabuto. Memecahkan puzzle itu pastinya bukan perkara rumit, kan? Klik pelan pada kepingan puzzle untuk memutarnya lalu drag potongan puzzle ke tempat yang diinginkan. Jika kamu berhasil, sebuah lubang akan muncul dan kamu otomatis jatuh ke dalamnya. Seorang pria akan memberikanmu Unown Report yang berfungsi untuk mendata setiap tipe Unown yang kamu tangkap. Ada 28 jenis Unown, namun di ruangan kamu berada saat ini hanya ada sebagian dari keseluruhan jenis. Sisanya baru bisa diakses nanti, jadi sekarang ambillah tangga di tengah ruangan dan kembalilah ke Rute 32.

Route 32 --> Union Cave
Berjalanlah ke selatan. Seorang pria akan memberikan Miracle Seed, item yang menguatkan power dari move tipe Rumput. Jangan lupa mengambil Repel yang ada di tengah rumput. Tidak jauh dari sana, kamu akan melihat sebuah tangga. Turuni tangga itu dan lawan 3 Fisherman yang sedang asyik memancing di jembatan. Di ujung jembatan, ambil tangga di kiri. TM09 Bullet Seed berada tidak jauh dari sana. Sedikit ke utara dari TM09 ada sebuah Great Ball.

Kembali ke selatan untuk menemukan sebuah Pokemon Center. Pada hari Jumat, di antara pepohonan di belakang Pokemon Center, kamu bisa menemui Frieda, salah satu dari tujuh bersaudara yang akan memberikanmu item Poison Barb.  

Bicaralah pada Fisherman di dalam Pokemon Center untuk mendapatkan Old Rod. Agar lebih praktis, register Old Rod sehingga kamu bisa mengaksesnya hanya dengan sekali klik. Di HGSS, kamu bisa meregister 2 item sekaligus. Keduanya akan muncul di layar bawah. Sementara itu, pria botak di dekatnya akan memberikanmu Lure Ball jika kamu menjawab “Yes”.

Keluar dari Pokemon Center dan lanjut ke selatan. Hancurkan batu yang ada di antara pepohonan di sebelah kanan untuk mendapatkan Shell Bell. Tepat di depan pintu masuk Union Cave, ambil 2 langkah ke kiri dan menghadaplah ke selatan. Tekan tombol A untuk sebuah Great Ball. Sekarang saatnya menjelajahi Union Cave. 

Berjalanlah terus ke kiri, ambil X Attack dan turuni tangga menuju Basement 1. Lurus ke kiri, cek batu yang ada di tengah jalan untuk sebuah X Speed. Di ujung jalan ada TM39, Rock Tomb. Kemudian, ambil jalan yang ke utara untuk mendapatkan X Defend. Naik tangga dan kembalilah ke lantai 1. Lanjutkan perjalanan ke arah selatan. Kamu akan menemukan sebuah Great Ball. Dari sana, ke kiri, lalu ikuti jalan sempit di utara kolam untuk sebuah Potion . Ke selatan sedikit dan periksa batu di pojokan untuk sebuah Parlyz Heal. Ikuti terus jalannya hingga sampai ke luar. Jangan lupa untuk mengambil Awakening di dekat pintu keluar.

Route 33 --> Azalea Town
Selalu turun hujan di Rute 33... Ambil Pnk Apricorn dan Blk Apricorn, lalu segeralah menuju Kota Azalea. Di depan Sumur Slowpoke, kamu akan melihat seorang pria sedang berhadapan dengan orang berbaju hitam. Kira-kira, ada apa ya? Masukilah kota dan segera pergi ke rumah Kurt si pembuat Poke Ball. Jangan lupa untuk memetik Wht Apricorn di depan rumahnya. Kurt akan marah mendengar bahwa Tim Roket hendak mengambil ekor Slowpoke untuk dijual, jadi ia langsung pergi ke Sumur Slowpoke. Ikuti dia. Tapi sebelumnya, cek tumpukan kayu bakar di depan rumah di sebelah kiri Gym untuk sebuah Full Heal.

Masuki sumur Slowpoke dan Kurt akan meminta bantuanmu untuk memberi pelajaran pada para anggota Tim Roket. Masuklah ke ruangan berikutnya dan kamu akan menghadapi para Grunt. Ambil Super Potion yang terlihat mata, lalu turuni tangga setelahnya dan cek batu yang ada di jalan tersebut untuk mendapatkan Super Potion tersembunyi. Di ujung ruangan, sang bos Eksekutif Proton akan menghadapimu. Kalahkan dia dan seluruh anggota Tim Roket akan pergi. 

Kamu pun kembali ke rumah Kurt. Ia akan menghadiahimu Fast Ball karena sudah membantunya. Mulai sekarang, kamu bisa memberikan Apricorn koleksimu untuk dijadikan Poke Ball eksklusif HGSS! Kamu bisa mendapatkan nomor Kurt setelah memberikannya Apricorn untuk dijadikan Poke Ball. Poke Ball buatannya akan jadi dalam 24 jam. Berikut adalah daftar PokeBall yang bisa dibuatnya menjadi Apricorn:

Blu Apricorn --> Lure Ball (efektif menangkap Pokemon yang ditangkap dengan cara memancing)
Blk Apricorn -> Heavy Ball (efektif menangkap Pokemon yang berbobot tinggi)
Grn Apricorn -> Friend Ball (Pokemon yang tertangkap akan memiliki base happiness 200)
Pnk Apricorn -> Love Ball (sangat efektif untuk menangkap Pokemon yang berlawanan gender dengan Pokemonmu. Tidak ada efeknya pada Pokemon tanpa gender)
Red Apricorn -> Level Ball (efektif menangkap Pokemon dengan level rendah)
Ylw Apricorn -> Moon Ball (efektif menangkap Pokemon yang berevolusi dengan Moon Stone)
Wht Apricorn -> Fast Ball (efektif menangkap Pokemon yang memiliki speed tinggi)
Kalau sudah siap, kamu bisa mulai menantang Gym! Gym Kota Azalea dipimpin Bugsy si ahli Pokemon Serangga. Kamu harus menunggangi Spinarak (?) raksasa yang meluncur di atas jaring-jaring. Gunakan tuas-tuas untuk mengubah arah bergeraknya Spinarak raksasa. Kalahkan Bugsy dan serangga-serangganya untuk mendapatkan Lencana Hive dan TM89, U-turn.

LENCANA KE-3 : PLAIN BADGE

Ilex Forest --> Route 34
Ketika kamu mencoba keluar menuju Hutan Ilex, Silver akan menghadangmu. Kalahkan dia dan masuk ke dalam hutan. Di sana, ada seorang pria yang meminta bantuanmu untuk menangkap Farfetch’d. Untuk bisa mendapatkan Farfetch’d itu, kamu harus menangkapnya dari belakang. Kalau kamu menangkapnya dari depan atau samping, dia akan lari. Lihat ranting-ranting yang ada di tanah? Jika kamu menginjaknya, Farfetch’d akan menghadap ke arah ranting yang kamu injak itu. Dengan memanfaatkan ranting, kamu bisa membuat Farfetch’d berputar arah dan menangkapnya dari belakang. Ada 2 Farfetch’d yang harus kamu tangkap, namun tidak akan terlalu sulit. Jangan lupa untuk mengambil Revive yang terlihat saat hendak menangkap Farfetch’d kedua. Pria itu akan menghadiahimu HM01, Cut, kalau kamu berhasil membantunya. 

Kembali ke rumah dengan tumpukan kayu di depannya, yang berada di kanan Gym. Bicaralah pada pria berkacamata yang tadi meminta bantuanmu untuk mendapatkan item Charcoal. Ajarkan Cut pada salah satu Pokemonmu. Sekarang, kalau kamu cukup rajin, kembalilah ke Rute 32. Di bagian awal rute tersebut, ada sebuah pohon yang bisa dipotong. Bicara pada seorang pria di sana untuk mendapatkan TM05, Roar. 

Well, jika semua urusan sudah selesai, saatnya kita kembali melanjutkan perjalanan. Potong pohon kecil pertama yang kamu temui. Di kuil di hadapanmu ini, kamu bisa mendapatkan Spiky-eared Pichu jika kamu punya Pokemon event Pikachu-colored Pichu. Kalau tidak, lanjut saja ke utara. Temukan Antidote yang bersembunyi di balik susunan 3 pohon yang ada di tepi kolam. Masuki jalan kecil tepat di sebelah selatan 3 pohon itu untuk menemukan X Attack yang juga agak tersembunyi. Sekarang lanjut ke kanan dan ke utara. Kamu akan melihat wanita seperti yang pernah kamu lihat di Kota Violet. Tapi abaikan dia dulu dan ikuti jalan ke kanan. Kamu akan sampai pada seorang pria yang menyeruduk pohon dengan kepalanya... Ya, dia adalah Move Tutor Headbutt. Ajarkan Headbutt pada Pokemonmu, minta ia untuk menyeruduk pepohonan, dan kamu mungkin akan menemukan Pokemon liar! 

Sekarang kembali ke wanita misterius itu. Wanita yang menyebut dirinya Kimono Girl itu mengatakan bahwa ia tersesat. Pokemonmu akan menunjukkan jalan padanya dan ia pun akan pergi. Ikuti dia pergi, dan jangan lupa mengambil Ether yang ada di dekat sana. Jalan keluar pun sudah di depan mata!

Bicaralah pada wanita di samping Butterfree di gerbang untuk mendapatkan TM12, Taunt. Berikutnya adalah Rute 34. Rute ini simpel dan lurus, jadi sepertinya tidak membutuhkan banyak penjelasan. ^_^ Day-Care Center ada di rute ini. Ketika kamu melewatinya, Ethan akan muncul. Rupanya ia adalah cucu dari pemilik Day-Care di sini! Ia akan menunjukkan bagian dalam Day-Care, lalu, sebelum pergi, memberikanmu nomornya. Kakek pemilik Day-Care juga akan memberikan nomornya padamu, jadi ia bisa selalu mengabarkanmu soal Pokemon yang kamu letakkan di sana. Selain bisa di-breed, Pokemon yang kamu letakkan di Day-Care akan mendapatkan 1 Exp untuk setiap langkah yang kamu ambil. Lanjutkan perjalananmu ke utara. Para Polisi hanya akan bertarung denganmu pada malam hari, jadi kalau kamu belum bertarung dengannya di siang hari, kembalilah malamnya. TM63, Embargo, bisa ditemukan di belakang Trainer terakhir di rute ini.

Goldenrod City
Selamat datang di Kota Goldenrod! Seperti halnya jumlah bangunan di sini, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di kota ini. 

Gedung di belakang Pokemon Center adalah Game Corner. Bicaralah pada pria di belakang meja untuk mendapatkan Coin Case. Di sini kamu hanya bisa memainkan game Voltrob Flip, semacam Minesweeper di mana kamu harus menebak di mana terdapat angka 1, 2, atau 3. Semakin besar angka yang kamu dapat, semakin banyak juga koin yang kamu dapat. Akan tetapi, kalau ternyata yang muncul malah Voltrob, maka game over. Game ini memang cukup sulit, jadi selamat mencoba. Kamu bisa menukarkan koinmu dengan Pokemon, TM, atau held items pada 2 pria di sebelahnya. 

Dari Game Corner, pergilah ke perempatan di utara, belok kanan, lalu ke selatan. Wanita di rumah kecil berbentuk kubus di dekat sana adalah Happiness Rater dan akan memberitahukanmu tingkat happiness Pokemonmu. Lanjut ke selatan dari rumah itu dan kamu akan sampai di Bike Shop. Bicaralah pada pemilik toko untuk mendapatkan sebuah Sepeda. Kembali ke perempatan jalan dan ambil jalan ke kiri, lalu masuki gedung bercat hitam. Ini adalah Radio Tower. Wanita di tengah di balik konter akan melakukan pengundian lotere sekali tiap hari berdasarkan angka Trainer ID Pokemon-mu. Jika cocok, kamu bisa mendapatkan hadiah. Wanita di sebelahnya akan memberikanmu Radio Card jika kamu bisa menjawab 5 pertanyaannya dengan benar. Dengan Radio Card, PokeGear-mu kini bisa digunakan untuk mendengarkan radio! Jangan takut salah karena kamu bisa mencoba berkali-kali. Jika berhasil, gadis berambut pink di sebelah konter akan bicara padamu. Rupanya dia Whitney, Ketua Gym Kota Goldenrod. 

Naiklah ke lantai atas dan bicara pada wanita di belakang meja. Buena akan memberikanmu Blue Card yang berfungsi untuk menyimpan poin yang kamu dapat dalam acara Buena’s Password. Poin itu nantinya bisa ditukarkan dengan beragam item. Cukup putar Radio di PokeGear, cari saluran yang menampilkan acara Buena’s Password, ingat-ingat passwordnya, lalu kembali ke mari dan beritahukan passwordnya pada Buena. 

Keluarlah dari gedung, kembali ke perempatan sebelumnya dan ambil jalan ke utara. Tenda nyentrik di sebelah kiri jalan adalah lokasi Name Rater, kalau kamu mau mengganti nickname Pokemonmu. Masuki gedung di sebelah kiri tenda itu. Ethan akan muncul dan memberikanmu Fashion Case. Untuk apa? Turunlah ke lantai bawah dan belok kanan. Bicaralah pada dua orang itu untuk mengambil foto Pokemonmu yang menggunakan aksesoris dari Fashion Case. Tak hanya itu, kamu pun bisa meminta berdandan dengan kostum Tim Roket lalu berfoto dengan seluruh tim-mu. Kamu juga bisa memasuki pintu di dekat mereka. Hiker di sana akan memberikanmu sebuah aksesoris acak jika kamu membayar 100 PokeDollar.  

Selain tempat pemotretan, di terowongan itu kamu akan menghadapi beberapa Trainer. Di sana juga terdapat Pokemon Salon yang dikelola dua kakak-beradik secara bergantian. Dengan merawat Pokemonmu di salon itu, happiness-nya akan bertambah. Sang kakak hanya ada pada Selasa, Kamis dan Sabtu, dan memiliki hasil kerja yang lebih bagus dan biasanya akan meningkatkan happiness lebih banyak. Adiknya ada pada hari Rabu, Jumat dan Minggu. Biasanya hasil kerjanya tidak sebagus kakaknya. Di sebelah salon tersebut, ada toko obat herbal yang hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu. Kamu bisa membeli obat untuk Pokemon yang lebih murah, namun resikonya akan menurunkan happiness Pokemonmu. 

Kamu akan sampai di ujung lain terowongan. Rumah kubus yang ada di dekat sana adalah rumah Bill, si pengelola Box PC wilayah Kanto dan Johto. Belok kiri dan kamu akan sampai lagi di Pokemon Center. Masukilah gedung bertingkat yang ada di seberang Pokemon Center. Sudah tahu gedung apa itu? Goldenrod Department Store!

Seperti biasa, Department Store selalu menyediakan beragam item, seperti battle item, vitamin untuk EV Training, TM, dan semacamnya. Di lantai 5, seorang pria akan menukarkan Machop miliknya dengan Drowzee milikmu. Machop itu memegang Macho Brace yang bisa berguna untuk EV Training. Pada hari Minggu, akan ada seorang gadis yang berdiri di samping penjual TM. Jika Pokemon pertama di party-mu memiliki happiness tinggi, ia akan memberikan TM27, Return. 

Di lantai 6, bicaralah pada wanita di belakang konter untuk mengikuti Daily Drawing. Kamu cukup membayar 300 PokeDollar dan kamu akan mendapatkan 1 di antara 3 hadiah acak yang berbeda-beda tergantung hari. Bicara pada wanita di sebelahnya untuk mengetahui hadiah apa yang bisa didapatkan hari itu. Jika sudah puas berbelanja, masuklah ke dalam lift dan turun ke B1F. Di sana ada banyak item yang bisa kamu kumpulkan. Bicaralah pada orang-orang yang ada di sana agar mereka menyuruh para Machoke untuk menggeser kontainer. Kalau sudah siap, kamu bisa mulai menantang Gym!
Gym Kota Goldenrod yang terletak di samping tenda Name Rater ini berspesialisasi tipe Normal. Kamu harus berjalan melalui semacam ‘labirin’ agar sampai di tempat Whitney berada. Berhati-hatilah karena Pokemon milik Whitney tidak bisa dianggap remeh! Jika kamu mengalahkannya, Whitney akan memberimu... lho? Dia malah menangis! Kalau kamu mencoba untuk pergi, salah satu Trainer di sana akan berkata bahwa Whitney memang selalu begitu kalau kalah. Bicaralah lagi pada Whitney untuk (akhirnya) mendapatkan Lencana Plain dan TM45, Attract. 

LENCANA KE-4 : FOG BADGE

Goldenrod City --> Route 37
Begitu keluar dari Gym, masukilah toko bunga tepat di samping Gym. Bicara pada wanita di dalamnya untuk mendapatkan Squirtbottle. Item ini diperlukan untuk menyingkirkan pohon aneh yang bergoyang-goyang di Rute 36. Mungkin kamu akan tertarik untuk menyiapkan sebanyak mungkin Ultra Ball...

Keluar dari Kota Goldenrod ke utara. Di gerbang menuju rute berikutnya, bicaralah pada penjaga yang ada di belakang konter. Ia akan meminta kita untuk mengirimkan seekor Spearow dan sebuah surat kepada temannya, si pria gendut di Rute 31. Pastikan party-mu memiliki satu tempat kosong. Jika kamu berhasil menyelesaikan permintaannya, kamu bisa mendapatkan TM44, Rest. Tapi, kamu bisa saja memilih untuk membuang surat yang dibawa si Spearow dan menjadikan Spearow milik pria itu sebagai milikmu... ya, itu terserah. 

Lanjut ke Rute 35. Lurus ke utara, lalu belok kanan menuju rerumputan. Ambil belokan pertama ke kiri untuk mendapatkan Parlyz Heal yang berada di tengah pepohonan. Lanjut ke selatan, ambil TM66 Payback di ujung jalan. Sekarang kembalilah dan masuki gedung di samping si Polisi. Dari sini, kamu bisa memilih lurus untuk ke National Park atau Pokeathlon Dome. Setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu, akan diadakan kontes menangkap Pokemon serangga alias Bug-Catching Contest dengan hadiah menarik. 

Bicaralah pada wanita yang sedang bersama Persian untuk mendapatkan Quick Claw. Di tempat ini, ada beberapa bagian rumput yang tinggi sehingga tidak bisa dilewati dengan sepeda. Pergilah ke area kanan atas. Ada bukaan di antara pagar yang bisa kamu lewati. Ikuti jalan ke selatan untuk mendapatkan Soothe Bell, lalu jalan ke utara yang memutar untuk menemukan TM28, Dig, di antara pepohonan. Jika urusanmu sudah selesai, keluarlah lewat pintu timur dan kita akan sampai di Rute 36. Ambil Blu Apricorn dan ikuti jalannya sampai di tempat ‘pohon’ yang aneh itu. Gunakan SquirtBottle padanya dan... dia akan menyerangmu! Pohon itu sebenarnya adalah Sudowoodo. Disarankan untuk menangkapnya karena ini adalah satu-satunya kesempatanmu untuk mendapatkannya. Setelah Sudowoodo disingkirkan, gadis bernama Floria yang ada di dekat situ akan memberikanmu Berry Pots dan beberapa Berry. Dengan Berry Pots ini, kamu bisa menanam Berry yang kamu miliki. Hanya saja, sekarang kamu bisa membawa tanaman Berry ke mana pun kamu pergi! Praktis, bukan?

Lanjut ke utara. Belok kanan untuk mendapatkan Hyper Potion. Teruskan ke utara, memasuki Rute 37, dan kamu pun akan sampai di Kota... tunggu dulu! Sebelum masuk ke kota, belok kiri dan kamu akan menemukan Red Apricorn, Blu Apricorn dan Blk Apricorn. Oh ya, pada hari Minggu, kamu juga bisa menemukan Sunny, anggota 7 bersaudara yang akan memberikanmu Magnet. Sekarang barulah saatnya kita memasuki Kota Ecruteak.

Ecruteak City
Ketika memasuki Pokemon Center, Bill akan memperkenalkan dirinya. Setelah ia pergi, kamu bisa mengikutinya ke rumahnya di Kota Goldenrod. Ia akan memberikanmu seekor Eevee. Sekarang masuki rumah di sebelah kiri Pokemon Center. Pria di sana akan memberikanmu Dowsing MCHN, alat untuk mendeteksi item tersembunyi yang ada di sekitarmu. Jika kamu membuka Dowsing MCHN, di layar bawah akan muncul lingkaran radar besar dengan kotak kecil di tengahnya. Kotak di tengah itu adalah lokasimu. Tekan sembarang tempat pada lingkaran radar. Jika ada item yang tersembunyi, di radar akan muncul sebagai titik berwarna oranye. Jika kamu menekan dekat dengan item, area di sekitar item akan berubah semakin terang dari oranye menjadi kuning. Pastikan kamu selalu menggunakannya untuk menemukan item di sekitarmu!

Sekarang masuki Dance Theatre di utara Pokemon Center. Kamu akan melihat anggota Tim Roket sedang mengganggu seorang Kimono Girl! Jadilah pahlawan dan kalahkan anggota Tim Roket itu. ketika kamu hendak meninggalkan teater, seorang bapak-bapak akan memberikanmu HM03, Surf. Tapi kamu belum bisa menggunakannya di luar pertarungan tanpa lencana keempat! Jadi, siap untuk menantang Gym?

Tapi, rupanya Ketua Gym Ecruteak sedang tidak ada di sini, dan kamu diminta untuk mencarinya di Burned Tower. Sebelum itu, pergilah ke timur menuju Rute 42. Ada TM65 Shadow Claw menunggumu. Jika kamu berusaha memasuki gua, seorang Hiker akan muncul dan memberikanmu HM04, Strength. Sekarang, kembalilah dan masuki Burned Tower. Kamu akan bertemu dengan seorang fans berat Suicune—Eusine. Morty sang Ketua Gym juga ada di sini, tapi sepertinya ia belum berniat kembali ke Gym-nya. Teruskan perjalananmu ke utara untuk bertemu dengan Silver. Well, seperti biasa, kalahkan dia. Setelah ia pergi, sekarang waktunya untuk mengeksplorasi reruntuhan menara ini.

Abaikan tangga untuk sementara waktu. Berjalanlah ke utara dan kamu akan mendapatkan Antidote. Ikuti jalan itu hingga kamu sampai di 3 buah batu yang bisa di-Rock Smash. Hancurkan salah satunya untuk mendapatkan HP Up. Sekarang turunilah tangga yang sebelumnya kamu lewati. Jika kamu berusaha mendekati Entei, Raikou, dan Suicune, mereka akan langsung kabur. Eusine akan datang menemuimu dan membicarakan soal Suicune sebelum akhirnya ia dan Morty pergi. Gunakan Strength untuk menggeser batu abu-abu yang menghalangi jalanmu. Pergi ke utara untuk mendapatkan TM12, Taunt. Sekarang, saatnya untuk keluar dari menara ini. 

Mulai detik ini, kamu akan bisa menemui Entei dan Raikou di alam liar. Keduanya memiliki Level 40 dan akan selalu berusaha kabur jika kamu menemuinya, jadi gunakan Pokemon dengan Arena Trap/Shadow Tag atau gunakan move seperti Mean Look untuk mencegah kaburnya mereka. Kamu bisa mengecek di rute mana mereka berada dengan membuka peta di PokeGear. Selamat mencari!

Ngomong-ngomong, sudah saatnya kita menantang Morty. Gym-nya sangat gelap dan setiap kamu mengalahkan Trainer di sana, lilin yang mereka pegang akan dimatikan dan membuat suasananya jadi makin gelap. Hiiy... Hati-hati juga dengan langkahmu, karena jika kamu melangkah keluar jalur dan terjatuh, kamu harus mengulang dari awal. Kalahkan Morty dan Gengar-nya untuk mendapatkan Lencana Fog serta TM30, Shadow Ball.

LENCANA KE-5: STORM BADGE

Jalan-jalan!
Yay! Sekarang kita sudah bisa menggunakan Surf! Saatnya untuk beristirahat sejenak dari perburuan lencana dan menjelajahi bagian-bagian Johto yang belum sempat tersentuh. Siapkan Flash, Cut, Surf, Strength, Rock Smash, dan beberapa Escape Rope. 

Tujuan pertama kita adalah Kota Violet. Surf ke kanan di kolam depan Sprout Tower. Sebiji Rare Candy menunggumu di sana. Lanjut ke Rute 31. Saatnya mengeksplorasi Dark Cave! Nyalakan senter kalian!

Lurus ke utara lalu belok kanan. Ambil Potion yang ada di kiri kalian. Surf ke selatan dan dapatkan Black Flute. Kembali ke jalan yang sebelumnya lalu kali ini Surf di kolam besar di kanan. Masuki ruangan yang ada di pojok kanan atas kolam itu dan cek batu kecil di sana untuk sebuah Hyper Potion. Kembali ke kolam, surf ke selatan dan geser batu yang menghalangi jalan. Kamu akan menemui persimpangan. Ambil jalan ke selatan. Persimpangan lagi. Kali ini ambil jalan ke kanan. Ikuti jalannya ke selatan dan jangan lupa ambil Full Heal yang ada di tanah. Lompat ke kiri untuk mendapatkan Dire Hit.

Hancurkan batu di dekat pintu keluar dan ikuti jalannya kembali ke utara. Hancurkan batu yang sebelumnya kamu lewati, ikuti jalannya untuk menemukan Hyper Potion. Sekarang kembali ke pintu keluar di selatan. Kamu akan sampai di Rute 46. Belok kiri untuk menemukan Ylw Apricorn dan Grn Apricorn. Lompat ke selatan, dan kamu akan menemukan 2 jalan. Jalan ke kiri akan membawamu ke 2 orang Trainer dan sebuah X Speed, sementara di selatan hanya ada seorang Trainer. Kalau kamu sudah mengambil salah satu jalan dan ingin mengambil yang lainnya, kamu harus kembali lagi ke sini. 

Tujuan berikutnya, Kota Cherrygrove. Surf di pantainya sampai kamu melihat sebuah pulau kecil. Orang di sana akan memberikanmu Mystic Water. Selanjutnya, Rute 30. Lihat kolam yang ada di pojok di antara pepohonan? Surf ke bagian kanan bawah kolam dan gunakan Dowsing MCHN untuk menemukan sebuah Nugget. 

Sekarang saatnya mengunjungi Ruins of Alph. Surf di bagian kiri dari kolam paling selatan, lalu masuki bangunan hingga kamu mencapai ruangan lain dengan puzzle. Sebelumnya, gunakan Flash pada dinding di belakang ruangan untuk memasuki ruang penuh item. Saatnya memecahkan puzzle kedua, Aerodactyl!

Lagi-lagi kamu akan dijebloskan ke lantai bawah. Kembali ke permukaan dan kunjungi Union Cave. Turunlah ke lantai bawah, di mana ada sebuah kolam. Surf ke utara lalu lanjutkan berjalan ke utara dan ke kiri. Ingat-ingatlah tempat si Hiker Phillip ini! Naiki tangga di sampingnya. Surf ke utara sampai kamu menemukan tangga lain. Kamu akan sampai di... Ruins of Alph lagi! Masuki bangunan di selatan, lalu ambil jalan ke utara. Lagi-lagi ruangan dengan puzzle. Sayang sekali kali ini tidak ada ruangan rahasia, jadi langsung saja pecahkan puzzle bergambar Ho-Oh itu. 

Kembali lagi ke Union Cave, tepatnya di tempat Hiker Phillip berada. Kali ini ambil jalan di sebelah selatan dari jalan yang sebelumnya. Geser batu lalu naiki tangga. Kita akan sampai di bagian lain Ruins of Alph. Masuki ruangan di kanan. Kalau kamu punya Water Stone, gunakanlah untuk membuka pintu di belakang ruangan. Setelah itu, saatnya memecahkan puzzle terakhir, puzzle Omanyte. 

Sudah selesai? Belum! Kembalilah ke Union Cave. Kali ini ikuti jalan yang menuju Kota Azalea. Dari kolam besar di dekat pintu keluar, Surf ke pojok kiri bawah. Kamu akan menemukan kolam lain yang lebih kecil. Surf ke tepiannya dan turuni tangga. Kolam lagi! Surf ke seberangnya, turuni tangga. Surf lagi. Kamu akan menemui persimpangan: ke selatan dan ke kanan. Ambil jalan kanan untuk sebuah Elixir, lalu kembali dan kali ini ambil jalan ke selatan. Ikuti belokan pertama ke kiri dan kalahkan Trainer yang ada di sana. Masih di darat, ikuti jalan ke selatan. Pada hari Jumat, akan muncul seekor Lapras di kolam di sebelah kanan ini. Kembali ke kolam sebelumnya, surf ke kanan untuk bertarung dengan seorang Trainer dan mendapatkan Hyper Potion. Gunakan Escape Rope untuk keluar dari gua ini.

Perhentian berikutnya adalah Slowpoke Well, jadi... kamu masih harus melewati Union Cave. Untuk terakhir kalinya. Kembali ke tempat kamu melawan Proton. Geser batu yang ada di sana dengan Strength, lalu Surf dan turuni tangga menuju lantai berikutnya. Kamu akan sampai di tengah danau yang cukup luas. Surf ke kanan atas untuk mendapatkan TM18, Rain Dance. Kembali dan kali ini Surf ke kiri. Bicara pada pria di sana untuk mendapatkan item King’s Rock. Keluar dari Slowpoke Well dan segera menuju Rute 34. 

Masuk ke air dan Surf ke selatan. Ada Nugget menunggu di sana. Lanjut surf ke selatan, naik ke daratan berikutnya, dan bersiaplah untuk ditantang oleh 3 orang Trainer. Salah seorang Trainer itu akan memberikanmu item Power Herb jika berhasil mengalahkannya. Sekarang kembali ke Rute 35 di utara Goldenrod. Surf untuk mencapai pohon dengan Grn Apricorn. Dan... acara jalan-jalan kita pun selesai! Saatnya kembali ke Kota Ecruteak dan melanjutkan petualangan kita!

Route 38 --> Route 39
Keluar lewat pintu barat Kota Ecruteak untuk mencapai Rute 38. Ambil jalan yang ada di sebelah utara pagar untuk bertarung dengan beberapa Trainer. Kembali ke titik awal lalu kali ini ikuti jalan di selatan pagar. Jangan lupa untuk mengambil Max Potion dan Wht Apricorn. Teruskan perjalananmu ke barat menuju Rute 39. Seorang pria bernama Baoba akan memperkenalkan diri sebagai pengelola Safari Zone, dan memberikan nomornya padamu jadi ia bisa mengabarkanmu jika Safari Zone baru di Rute 47 sudah dibuka. 

Jalan terus dan kamu akan melihat rumah di sebelah utara. Ambil Grn Apricorn di sebelah rumah itu dan masuk ke dalamnya. Rupanya mereka adalah keluarga peternak Miltank, dan salah satu Miltank mereka sedang sakit parah. Berikan 10 Oran Berry pada si Miltank untuk menyembuhkannya. Setelah sembuh, bicaralah pada gadis di sebelah kirimu untuk mendapatkan Seal Case. Gadis yang satunya lagi akan memberikanmu beberapa Seal. Seal ini berguna untuk menghias Ball Capsule. Gunakan Ball Capsule yang sudah dihias pada Poke Ball sehingga ketika kamu mengeluarkan Pokemon dalam pertarungan, akan muncul hiasan-hiasan dan efek-efek yang bervariasi tergantung Seal yang kamu tempelkan. Ball Capsule bisa diakses dengan membuka PC kita di Pokemon Center.

Sekarang kembali ke ruang sebelah. Si pemilik peternakan akan menjual Moomoo Milk padamu dengan harga 500 PokeDollar perbotol dan 6000 PokeDollar selusin. Jika kamu bicara pada istrinya, ia akan memberikanmu TM83, Natural Gift. Keluar dari rumah itu dan masuki lahan yang dipenuhi Miltank di depannya. Di pojok kiri bawah kamu akan menemukan TM60, Drain Punch. Kembali ke jalan utama dan lanjutkan perjalananmu ke selatan. Kalahkan beberapa Trainer lagi, dan... Selamat datang di kota pelabuhan, Olivine!

Olivine City
Ketika kamu melewati Gym, Silver akan muncul. Tapi, kali ini dia tidak berminat bertarung denganmu. Masuki rumah di depan Gym dan bicara pada si pemancing untuk mendapatkan Good Rod. Di Pokemon Center, ada seorang gadis yang menantangmu bertarung hanya untuk menunjukkan efek Seal yang terpasang di PokeBall-nya. Pergi ke sebelah PokeMart di mana ada dua rumah berdampingan. Pria di rumah sebelah kiri akan menukarkan Krabby milikmu dengan Voltrob miliknya. Gadis kecil di rumah sebelah akan memberikanmu beberapa Seal tiap harinya. Pergilah ke pelabuhan dan Surf ke arah timur. Ikuti jalannya dan kamu akan menemukan TM57, Charge Beam, di pojokan. Sekarang, saatnya kita mengunjungi Jasmine sang Ketua Gym di Lighthouse!

Gunakan tangga untuk naik hingga lantai 4. Kamu akan menemui Trainer di sepanjang perjalanan menuju puncak, jadi bersiaplah. Ambil TM87, Swagger, di lantai 4 lalu melangkahlah keluar melalui pintu di sebelah kanan. Kamu akan terjatuh satu lantai. Berputar searah jarum jam untuk menemukan Rare Candy, barulah masuk lagi ke dalam Lighthouse. Ambil Ether sebelum naik lagi ke lantai berikutnya. Teruslah memanjat hingga kamu sampai di puncak mercusuar. 

Ternyata Jasmine sedang merawat Amphy, Ampharos yang bertugas menyalakan lampu mercusuar. Amphy sakit jadi Jasmine memintamu untuk mencarikan obat di Kota Cianwood sementara Jasmine di sini untuk menjaganya. Well, mau tidak mau kamu harus menuruti permintaannya. Sekarang kamu bisa menggunakan lift untuk turun. 

Route 40 --> Route 41
Rute laut akan selalu melelahkan, jadi jangan lupa untuk membawa stok Repel. Pergilah ke barat dari Kota Olivine. Setiap hari Senin, anggota tujuh bersaudara Monica akan muncul di sini dan memberikanmu Sharp Beak. Bangunan di belakang adalah Battle Frontier, tapi karena belum dibuka, kamu belum bisa ke sana.

Masuk ke dalam air dan meluncurlah ke selatan. Agak ke kanan, ada daratan di mana terdapat TM88, Pluck. Ketika kamu mencapai Rute 41, Surf sampai ke ujung kanan lalu mulailah ke selatan. Ada banyak Trainer yang bisa kamu hadapi. Belok kiri ketika kamu mencapai pusaran air. Kembali ke utara begitu mentok di bebatuan. Belok kiri lagi begitu kamu mencapai pusaran air kedua, tapi jangan lupa untuk melawan Trainer yang berada agak ke kanan dari pusaran air itu. Lama kelamaan, kamu akan mencapai pantai. Kalau kamu mau, masih ada tiga Trainer tersisa. Surf lurus ke ujung selatan lalu belok ke kanan. Surf ke utara ketika kamu melihat pusaran air lagi. Kalau sudah selesai, surf ke barat lagi dan sampailah di Kota Cianwood.

Cianwood City
Di sebelah Gym, kamu akan melihat sebuah rumah dengan kamera di depannya. Ini adalah rumah Cameron si Fotografer. Dengan menggunakan kamera di depan rumahnya, kamu bisa mengambil fotomu bersama Pokemonmu. Jika kamu melanjutkan ke utara, kamu akan melihat... Suicune! Ia akan pergi jika kamu mendekatinya. Dan... di mana ada Suicune, pasti ada fans beratnya: Eusine! Tapi kali ini, ia akan menantangmu bertarung. 

Ambil SecretPotion di Cianwood Pharmacy yang terletak di samping Pokemon Center. Obat inilah yang akan menyembuhkan Amphy. Setelah mendapatkan SecretPotion, kamu bisa membeli item-item penyembuh di sini. Kemudian, masuki rumah di sebelah kiri Pharmacy. Pria di sana akan memberikanmu Shuckie, Shuckle Level 20 miliknya. Shuckie ini memegang Berry Juice. Berikan Berry apapun padanya, lama-kelamaan Berry itu akan berubah menjadi Berry Juice!
Sekarang saatnya menantang Gym! Gym Cianwood berspesialisasi tipe Fighting. Kamu akan melihat si Ketua Gym, Chuck, sedang bertapa di bawah air terjun. Ia bahkan sama sekali tidak memperhatikanmu... Tugasmu di sini adalah menghentikan aliran air terjun itu dengan memutar tuas yang ada di puncak tangga-tangga. Tapi tidak semudah itu, karena jalannya sempit dan terkadang Trainer yang kamu temui malah menghalangi jalanmu. Jangan lupa, ada sebuah jembatan kecil yang tersembunyi di balik pipa yang mengalirkan air terjun itu yang bisa kamu lewati untuk mencapai tuas pengatur pipa air terjun. Kalahkan Chuck untuk mendapatkan Lencana Storm dan TM01, Focus Punch.

LENCANA KE-6 : MINERAL BADGE

Cianwood City --> Olivine City
Begitu kamu keluar dari Gym, istri Chuck akan memberikanmu HM02, Fly. Sekarang kamu bisa dengan mudah kembali ke Kota Olivine. Berikan SecretPotion pada Jasmine, dan Amphy pun langsung sembuh. Begitu turun dari Lighthouse, Baoba akan meneleponmu dan mengatakan bahwa Safari Zone sudah selesai dibangun. Sekarang, ada 2 pilihan. Mengalahkan Jasmine atau menjelajahi Safari Zone dulu?

Well, karena bab ini akan menjadi sangat pendek jika kita langsung mengalahkan Jasmine, maka ada baiknya kita mengunjungi Safari Zone terlebih dahulu. Terbanglah ke Kota Cianwood dan masuki gua yang ada di utara Gym.

Cliff Cave --> Route 48
Ikuti jalannya dan kamu akan sampai di tebing pinggir laut yang mengagumkan. Lewati pintu pertama dan seberangi jembatan untuk mendapatkan Revive. Sekarang masuki pintu gua, dan kamu akan melihat tangga ke atas dan ke bawah. Tangga ke bawah hanya akan membawamu ke laut. Ikuti tangga ke atas hingga kamu sampai ke luar lagi. Jalan terus dan ambil Lagging Tail yang ada di tanah. Begitu kamu sampai di Rute 48, berjalanlah ke kiri, ke belakang pepohonan untuk menemukan Nugget. Lanjutkan ke utara dan sampailah kamu di Safari Zone!

Safari Zone
Ada banyak orang yang berkumpul di Safari Zone Gate. Wanita dengan Butterfree akan menjual PokeBall spesial padamu. Pria tua di kios terdepan akan menjual Vitamin EV. Di pintu masuk Safari Zone, Baoba akan memberimu tes untuk menjadi owner Safari Zone dan memintamu menangkap Geodude. Ia tidak akan memberikan apa-apa jika kamu berhasil, tapi akan ada satu lagi tes menangkap Sandshrew. 

Safari Zone di HGSS memiliki fitur yang lebih kaya dibandingkan Safari Zone di generasi lainnya. Pertama, di sini kamu bisa berada di Safari Zone sepuasnya tanpa terbatas berapa langkah yang kamu ambil, cukup dengan membayar 500 PokeDollar. Waktumu hanya berakhir jika 30 Safari Balls yang kamu miliki habis, atau kamu menekan tombol "Retire". Kamu tidak bisa melakukan save di dalam Safari Zone, jadi berhati-hatilah. Fitur menarik yang kedua adalah cara mendapatkan Pokemon di Safari Zone yang mungkin belum pernah ada di game Pokemon manapun.

Safari Zone di sini terdiri dari 6 Area tersusun dalam grid 3x2, berurutan dari Area 1 sampai 6. Area pertama yang kamu masuki adalah Area 5. Tidak ada pemberitahuan ketika kamu pindah Area, tapi pastinya kamu akan dengan mudah membedakannya karena tiap Area memiliki pemandangan yang jauh berbeda. Ketika kamu berhadapan dengan Pokemon, akan muncul pilihan "Ball", yaitu melempar Safari Ball untuk menangkap si Pokemon; "Bait" untuk melempar umpan; "Mud" untuk melempar lumpur; dan "Run" untuk lari. Melempar umpan alias "Bait" akan membuat Pokemon lebih sulit ditangkap, tapi mereka tidak mudah lari. Kebalikannya, melemparkan lumpur atau "Mud" pada mereka membuat mereka lebih mudah ditangkap tapi mereka jadi gampang lari. 

Jika kamu sudah berhasil menyelesaikan tes pertama, Baoba memintamu menunggu telepon darinya untuk tes kedua. Pada tes kedua, ia akan memintamu menangkap Sandshrew. Normalnya, Sandshrew tidak bisa ditemukan di area manapun. Bagaimana caranya? Gunakan Area Customizer yang terletak di sebelah kanan pintu masuk Safari Zone. Sebelumnya fitur ini belum selesai, tapi sekarang kamu bisa menggunakannya. Ada 6 Area lain yang bisa kamu tukar dengan Area yang sudah tersedia sebelumnya di Safari Zone. Untuk memunculkan Sandshrew, pilih "Swap" dan tukar salah satu area di Safari Zone dengan area Sandshrew berada, yakni Desert. Jika sudah selesai, tangkaplah Sandshrew yang dimaksud dan tunjukkan pada Baoba.

Setelah kamu mendapatkan National Dex, Baoba akan menambahkan fitur baru di Safari Zone. Kamu dapat menempatkan item tertentu di Area tertentu untuk mempengaruhi Pokemon yang bisa kamu temui di Area tersebut. Beberapa item lain hanya berfungsi sebagai hiasan dan tidak memiliki efek apa-apa. Tempatkan item tersebut sesuai dengan Area di mana ia dikelompokkan, namun item tidak bisa diletakkan di atas rumput berisi Pokemon liar. Kamu bisa menempatkan lebih dari satu item di tiap area. Tiap item itu memiliki nilai atau value 1, dan akan bertambah nilainya seiring waktu. Ada empat kategori item, yaitu "Plains", "Forest", "Peak", dan "Water". 

Untuk menangkap Shinx, misalnya, kamu membutuhkan nilai "Plains" sebanyak 10. Kamu bisa menempatkan 10 item dari kategori "Plains" agar bisa langsung mendapatkan Shinx. Lalu untuk mendapatkan Manectric, misalnya, kamu membutuhkan nilai "Plains" sebanyak 15. Biarkan item yang kamu pasang selama 10 hari dan nilai tiap item akan bertambah sebanyak 1, sehingga 10 item dikali 2 = 20. Kamu juga bisa mengombinasikan item, misalnya untuk menangkap Stantler yang membutuhkan 3 nilai Plain dan 3 nilai Forest, letakkan 3 item kategori Plain dan 3 item kategori Forest. Cukup mudah dimengerti, bukan? Perhatikan juga, jika nilai item sudah bertambah, kamu bisa mengambil item tersebut tanpa harus takut nilainya turun. Dan berhati-hatilah, karena jika kamu mengganti Area dengan Area Customizer, item yang berada di Area yang dipindah tersebut akan hilang.

Beberapa Pokemon tidak hanya membutuhkan nilai tertentu, tapi juga harus sudah melewati sejumlah hari tertentu sejak item dipasang. Misalnya, Bagon. Ia memerlukan 9 nilai Forest, 19 nilai Peak dan minimal sudah 110 hari berlalu--atau hampir 4 bulan--semenjak item ditempatkan. Jadi kita tidak bisa memunculkan Bagon hanya dengan menempatkan banyak item. Perlu diperhatikan juga bahwa Pokemon-Pokemon ini hanya akan muncul di Area tertentu, tidak di semua Area. Misalnya, Shinx dan Manectric hanya ada di Area Plains sementara Bagon hanya bisa ditemukan di Area Swamp. 

Olivine City
Well, jika sudah puas bermain-main di Safari Zone, saatnya kembali ke Kota Olivine dan menantang Jasmine. Yang mengejutkan, Trainer di Gym Jasmine sama sekali tidak ada yang menantangmu bertarung. Mereka malah memberimu semangat! Sayang sekali... Jika kamu berhasil mengalahkan Jasmine si ahli tipe Besi, ia akan memberikanmu Lencana Mineral dan TM23, Iron Tail.

LENCANA KE-7 : GLACIER BADGE

Route 42 --> Mt. Mortar
Kembali ke Kota Ecruteak dan pergi ke Rute 42. Lewati pintu gua dan Surf ke seberang. Potong pohon kecil dan kamu akan melihat Suicune! Seperti biasa, Suicune pergi, Eusine datang, Eusine pergi juga. Jangan lupa petik Pnk Apricorn, Ylw Apricorn dan Grn Apricorn yang tumbuh di sana. Ambil Super Potion di tepi air dan Surf. Habisi dulu semua Trainer yang ada sebelum memasuki Mt. Mortar.

Begitu di dalam, langsung saja ke utara menuju ruangan berikutnya. Naiki dua set anak tangga paling kanan hingga kamu menemukan tangga menuju lantai berikutnya. Turuni anak tangga di selatan untuk menemukan Revive. Kembali ke lantai sebelumnya, turuni satu set anak tangga pertama dan belok kiri. Geser batu dengan Strength lalu berjalan ke utara kemudian naiki satu set anak tangga di kiri untuk mendapatkan Ultra Ball. Kembalilah ke jalan utama dan lanjut ke utara. Ambil Max Potion lalu lanjut ke kanan. Abaikan anak tangga pertama dan berjalanlah ke selatan untuk mengambil Escape Rope. Naiki anak tangga berikutnya dan ikuti jalannya ke utara untuk mendapatkan sebuah Nugget. Kembali ke anak tangga yang sebelumnya kau lewati. Ikuti jalannya hingga kamu menemukan seorang Trainer. Dari Trainer itu, teruslah ke selatan, dan kamu pun akan sampai lagi di dekat pintu masuk ruangan ini. 

Lurus ke kiri dan abaikan pintu lain yang kamu lihat. Naiki tiga set anak tangga dan panjat tangga menuju lantai berikutnya untuk mengambil Ether. Sekarang kembali ke pintu yang sebelumnya kita lewati. Ikuti terus jalannya dan kamu akan sampai lagi di pintu gua di permulaan Rute 42. 

Surf ke seberang dan masuki pintu gua yang kamu lihat berikutnya. Di ruangan pertama, langsung turuni tangga di hadapanmu. Di ruangan berikutnya, berjalanlah ke selatan dan Surf lurus ke seberang lalu ambil sebuah Full Restore. Kembali ke air, Surf ke utara dan ambil jalan paling kanan untuk mendapatkan Max Ether. Surf lagi, ikuti jalan sebelah kiri dan ke utara untuk mendapatkan Hyper Potion. Kembali ke air, kali ini Surf ke kiri dan selatan berlawanan arah putaran jarum jam untuk mendapatkan PP Up. Surf lagi ke selatan dan mendaratlah di dataran di sebelah kiri. Surf ke utara di kolam di sebelah kiri untuk mendapatkan Carbos. Gunakan Escape Rope untuk keluar dari sini dan lurus terus ke kanan sampai kamu tiba di Kota Mahogany.

Mahogany Town --> Lake of Rage
Untuk sementara, tidak banyak yang bisa kamu lakukan di 'Kota Ninja' ini. Jika kamu berusaha meninggalkan kota ke arah timur, seseorang akan menawarkanmu RageCandyBar seharga 300 PokeDollar. Simpan saja dulu, lalu segeralah menuju Rute 43 di utara.

Kalau kamu pergi ke utara dengan melewati bangunan yang ada di sana, Tim 
Roket akan mengambil uangmu sebanyak 1000 PokeDollar! Tapi kalau kamu tidak punya uang sebanyak itu, mereka akan mengambil semua uangmu. Maka lebih baik hindari bangunan itu dan lewati rerumputan. Surf menyeberangi danau di sebelah kiri dan gunakan Cut untuk mendapatkand Blk Apricorn. Surf kembali ke jalan utama dan teruskan ke utara, dan jangan lewatkan Max Ether yang ada agak di selatan. Dari PokeManiac ketiga yang kamu temui di jalan ini, ikuti jalan ke selatan dan ke kiri, lalu ikuti lagi jalannya ke utara. Kamu pun akan sampai di tepi Lake of Rage!

Jika hari ini _bukan_ hari Rabu, di sekitar Lake of Rage akan turun hujan, membuat permukaan danau naik sehingga kamu bisa surf ke berbagai tempat untuk mendapatkan item. Jika hari ini hari Rabu, hujan tidak akan turun dan kamu bisa melawan beberapa Trainer dan mendapatkan item lainnya. 

Lake of Rage - Hujan

Surf dan ambil Red Flute yang terlihat di sebelah kirimu. Kembali ke titik awal dan ikuti jalan yang mengarah ke kanan. Surf ke utara begitu kamu bisa, ke kanan sedikit, lalu lanjut terus ke utara. Kamu akan sampai di persimpangan pertama, di mana ada jalan di sebelah kiri dan kanan. Ikuti jalan di sebelah kanan, akan ada persimpangan lagi. Ikuti terus jalan ke utara. Di dekat sebuah rumah, akan ada persimpangan berikutnya. Ikuti jalan ke utara di antara rumah dan pepohonan yang tenggelam untuk mendapatkan TM43, Secret Power. 

Sekarang kembali ke persimpangan di dekat rumah sebelumnya dan ikuti jalan ke selatan hingga kamu bisa mencapai rumah tersebut. Orang di dalam rumah akan memberikanmu TM10, Hidden Power. Gunakan Fly ke Lake of Rage, dan kamu akan sampai di depan rumah Fishing Guru. Ikuti jalan di sebelah kanan danau dan ketika kamu sampai di ujung jalan, Surf ke utara untuk mendapatkan Choice Specs. 

Lake of Rage - TIDAK Hujan
Turuni tangga untuk masuk ke danau yang mengering dan mulailah berjalan. Belok kiri di persimpangan pertama untuk melawan seorang Trainer. Setelah itu, ambil jalan ke kanan dan susuri jalannya ke utara hingga kamu menemukan pohon yang bisa dipotong di sebelah kirimu (pohonnya agak tersembunyi, jadi perhatikan baik-baik!). Ikuti jalannya menuju sebuah Max Revive.

Kembali ke tempat pohon yang kamu potong itu dan ambil jalan ke kanan. Potong pohon kecil berikutnya untuk mendapatkan Full Restore. Kembali lagi ke tempat pohon terakhir yang kamu potong dan ikuti jalan ke utara. Di ujung jalan, kamu akan menemukan Wesley, salah satu anggota tujuh bersaudara yang akan memberikanmu item Black Belt.

Terbang kembali ke Lake of Rage dan pergi ke pojok kanan atas danau, di mana kamu akan menemukan tangga turun. Surf ke selatan untuk mengambil Full Heal yang ada di pinggir danau.
***

Hujan atau tidak, Surf ke tengah danau untuk menghadapi Gyarados Merah. Gyarados ini sama dengan Gyarados lainnya, hanya berbeda warna saja. Kamu bisa menangkapnya atau mengalahkannya. Setelah itu, kamu akan mendapatkan Red Scale. Berikan Red Scale pada Mr. Pokemon dan ia akan memberikanmu EXP. Share.

Kembali ke tepi danau dan kamu akan melihat seorang pria berambut merah bersama seekor Dragonite. Ia adalah Lance, seorang Trainer sepertimu. Ia akan meminta bantuanmu memeriksa sesuatu di Kota Mahogany. Setuju saja dan terbang kembali ke Kota Mahogany.

Mahogany Town - Team Rocket HQ
Masuki "Just a Souvenir Shop - Nothing Suspicious About It No Need To Be Alarmed", toko yang di sebelahnya ada pohon dengan antena aneh mencuat dari puncaknya. Lance rupanya sudah mengalahkan si penjaga toko dan menemukan sebuah tangga rahasia di bawah lemari. Ikuti dia. Rupanya ini markas rahasia Tim Roket!!

Lihat patung Persian yang ada di sepanjang jalan? Jika kamu melewati patung yang menyala berwarna merah, kamu akan dipaksa menghadapi dua anggota Tim Roket. 

Lurus ke kiri, dan tepat sebelum patung Persian ke dua, masuki jalan ke selatan, lalu belok kanan, dan segera ikuti jalan ke selatan tepat sebelum patung Persian berikutnya. Di ujung jalan itu ada seorang Scientist dan sebuah komputer berwarna biru. Nonaktifkan switch pada komputer itu dan sekarang kamu bisa melewati patung-patung Persian dengan aman! Ambil juga Guard Spec. yang ada di dekatnya. 

Kembali ke patung Persian terakhir yang kamu lewati dan ikuti jalan ke kanan untuk mendapatkan Hyper Potion. Jalan ke selatan lalu ke kiri, melewati dua patung Persian dan sebuah Nugget, hingga kamu menemukan sebuah alat warp berwarna kuning di lantai. Berdiri di atasnya dan kamu akan dibawa kembali ke titik awal. Sekarang melangkahlah lurus ke kiri dan ikuti jalannya hingga kamu sampai di sebuah area yang lantainya berisi kotak-kotak abu-abu dan kuning. Beberapa titik aman untuk kamu lewati, tetapi beberapa titik berisi Pokemon yang akan menggunakan Selfdestruct. Seharusnya tidak jadi masalah bagimu untuk mengalahkan Pokemon-Pokemon itu. Kalau sudah berhasil lewat, turuni tangga ke lantai berikutnya.

Di bawah, Lance akan menyembuhkan Pokemonmu lalu pergi. Saatnya melanjutkan penjelajahan. Pergi ke pojok kanan bawah dan turuni tangga berikutnya. Lance mengatakan kamu memerlukan suara dari seseorang bernama Petrel untuk membuka pintu menuju ruang transmisi radio. Masuki ruangan terdekat dan kalahkan seorang Anggota Tim Roket untuk mendapatkan password untuk membuka ruangan di mana Petrel berada. Dari ruang ini, pergi ke kiri dan kalahkan Anggota Tim Roket lainnya yang akan memberikanmu password kedua. 

Ambil X Special dan Protein yang ada di belakangnya, lalu kembali ke kanan dan ikuti jalan ke utara. Ambil TM49, Snatch, yang ada di lantai lalu teruskan ke kanan. Naiki tangga yang ada di sana, tapi sebelumnya jangan lupa ambil Full Heal di selatan tangga itu.

Di ruangan berikutnya, lurus ke kiri dan turuni tangga. Segera naiki tangga di dekatnya untuk memasuki ruang kecil tempat TM46, Thief, berada. Kembali ke lantai bawah dan kamu akan menemui Silver. Ambil Ultra Ball di dekat sana dan buka pintunya dengan dua password yang sudah kamu dapatkan. Di dalam sana,  Giovanni-coret- Petrel sudah menunggumu untuk bertarung.

Petrel akan pergi setelah kamu mengalahkannya. Murkrow di pojok ruangan akan mengulangi password ruangan radio... persis dengan suara Petrel! Ikuti dia ke ruangan awal dan ia akan membukakan ruangan radio untukmu. Namun, Eksekutif Ariana dan seorang Grunt rupanya sudah siap menghadangmu. Tenang saja, Lance akan datang membantu. Setelah mengalahkan kedua orang itu, masuki ruangan dan kalahkan 3 Electrode yang mengalirkan listrik untuk transmisi radio. Setelah itu, Lance akan memberikanmu HM05, Whirlpool. Berikutnya? Lencana ketujuh!

Mahogany Town
Perlu kamu ingat, setelah kamu mendapatkan Lencana ini, kamu tidak akan dapat melakukan sesuatu yang berhubungan dengan radio, seperti mendengarkan Buena's password atau mengambil lotere di Menara Radio untuk sementara. Jadi kalau kamu ingin melakukan salah satu kegiatan itu, lakukanlah sekarang juga!
Di gym tipe Es ini, tidak hanya kamu akan meluncur di atas lantai es, tapi kamu juga harus mendorong balok es yang ada untuk menciptakan 'dinding' yang akan membantumu meluncur ke arah yang benar. Di ujung ruangan ketiga, Ketua Gym Pryce sudah menunggumu. Kalahkan dia untuk mendapatkan Lencana Glacier dan TM07, Hail. 

LENCANA KE-8 : RISING BADGE

Mahogany Town --> Goldenrod City
Ketika kamu meninggalkan Gym, kamu akan mendapat pemberitahuan tentang keanehan pada sinyal radio. Ternyata seluruh saluran radio sudah diambil alih oleh Tim Roket! Segera pergi ke Kota Goldenrod.

Tapi sebelum itu, kembalilah ke Rute 43, ke gerbang tempat di mana ada 2 anggota Tim Roket yang mengambil uangmu. Bicaralah pada penjaga gerbang yang baru dan ia akan memberikanmu TM36, Sludge Bomb.

Jika kamu memasuki Menara Radio, seorang anggota Tim Roket akan menghalangimu untuk naik ke lantai 2 kecuali kamu menggunakan seragam Tim Roket. Pergi ke Underground, tepatnya ke studio di mana kamu membuat foto bersama Pokemon. Anggota Tim Roket lainnya akan menghentikanmu dan mengajakmu bergabung dengan mereka. Mau tidak mau, kamu harus menerimanya. Ia akan menyuruhmu menggunakan seragam Tim Roket yang diambil dari studio itu. Dengan begini, kamu bisa menyusup masuk ke dalam Menara Radio! 

Tapi perlu kamu ingat, setelah kamu memakai kostum itu, kamu tidak akan bisa meninggalkan Goldenrod ataupun menggunakan sepeda untuk sementara. Tidak masalah, karena kamu hanya akan memakainya sebentar saja. Kembali ke Menara Radio. Ketika kamu berusaha naik ke lantai atas, Silver akan menghentikanmu dan membongkar penyamaranmu! Anggota Tim Roket yang merasa tertipu akhirnya memutuskan untuk melawanmu. 

Setelah Silver dan si Anggota Tim Roket pergi, kamu bisa naik ke lantai 2. Naik terus sampai di lantai 5. Bersiaplah karena kamu harus melawan Petrel si tukang menyamar. Setelah kamu menang, ia akan memberikanmu kunci menuju ruangan tempat Direktur yang asli berada.

Pergi ke Underground dan masuki gudang yang ada di sebelah selatan. Kamu akan bertemu dengan Kimono Girls lagi. Gunakan kunci yang diberikan Petrel untuk membuka pintu dan turuni tangga menuju lantai berikutnya. Lurus ke kiri dan bersiaplah karena kamu akan menghadapi Silver di sini!

Lanjut ke kiri, ambil Full Heal, lalu ikuti jalannya ke selatan. Jangan sentuh 3 tombol di dinding itu dulu! Lanjutkan ke kiri untuk mengambil Smoke Ball dan ke utara untuk melawan beberapa Trainer. Setelah itu barulah pencet 3 tombol itu dengan urutan: merah, hijau, biru. Ikuti jalan ke kanan dan masuki pintu ke ruang berikutnya. 

Ambil Ultra Ball yang terlihat di sebelah kiri dan lanjut ke selatan. Ambil Max Ether yang ada di pojok kiri dan teruskan jalanmu ke utara. Abaikan tangga, dan pergilah ke kiri. Ambil T82, Sleep Talk. Pria tua yang ada di ujung jalan itu adalah Direktur yang asli. Ia akan memberikanmu Card Key untuk bisa naik ke puncak Menara Radio. Sekarang naiki tangga yang sebelumnya kamu lewati. Ada Amulet Coin tergeletak tepat setelah kamu memasuki ruangan berikutnya. Ternyata, itu adalah ruangan basemen Goldenrod Department Store. Sekarang kembalilah ke lantai 3 Menara Radio dan gunakan Card Key untuk membuka pintu di sebelah kiri ruangan. 

Di 3 lantai berikutnya, kamu akan menghadapi tiga orang Eksekutif Tim Roket: Proton, Ariana, dan Archer. Pastikan kamu siap sebelum menghadapi mereka. Jangan lupa untuk mengambil Ultra Ball yang ada di samping Proton.

Begitu kamu mengalahkan Archer, semua hal yang berhubungan dengan Tim Roket akan lenyap dari bumi Johto. Sang Direktur pun akan menghadiahimu dengan Rainbow Wing (HeartGold) atau Silver Wing (SoulSilver). Kembali ke lantai 3 dan bicaralah pada gadis di dekat pintu Card Key untuk mendapatkan TM11, Sunny Day. Pergi ke lantai 4 via tangga dan bicara pada Mary untuk mendapatkan BrightPowder. Setelah itu, terbang ke Kota Mahogany dan saatnya menjelajahi Rute 44!

Mahogany Town --> Route 44
Toko Suvenir yang sebelumnya didiami Tim Roket sekarang menjual barang-barang layaknya PokeMart. Pergilah ke timur menuju Rute 44. Ambil Max Repel di belakang Trainer pertama yang kamu temui, lalu petik Red Apricorn di sebelah utaranya. Ikuti jalan ke sebelah kanan pohon Apricorn itu dan temukan Ultra Ball di ujung jalan. Surf ke kolam di selatan untuk mendapatkan Max Revive yang berada di antara rerumputan di daratan kecil di kanan bawah kolam. Kembali ke selatan dan belok kiri untuk menghabisi beberapa Trainer yang terlewat. Kalau sudah, teruskan perjalananmu ke kanan dan kamu akan sampai di Ice Path.

Ice Path

Terus ke utara, meluncur di atas es dan belok ke kanan hingga kamu sampai di lantai es yang kedua. Setelah itu, abaikan dulu tangga dan lurus ke kanan, ke atas lantai es ketiga. Seberangi lantai es itu untuk mendapatkan HM07, Waterfall. Kembali ke tangga yang sebelumnya dan ikuti jalan menuju ke kanan, lalu ikuti tangga ke lantai bawah. 

Di lantai ini ada 4 buah batu yang harus kamu geser dan masukkan ke dalam lubang-lubang yang tersedia, jadi siapkan Pokemon dengan HM Strength. Pertama, berjalanlah ke utara sampai kamu menemukan lubang pertama. Di sebelah selatannya, ada 2 buah batu. Geser batu sebelah kiri lurus ke utara sampai tidak bisa digerakkan lagi. Geser batu kedua selangkah ke kanan, 3 langkah ke selatan, 5 langkah ke kiri, sekali ke selatan dan sekali lagi ke kanan hingga jatuh ke lubang.

Sekarang menuju ke kanan atas ruangan dan kamu akan menemukan batu lainnya. Geser batu itu sekali ke kiri, 5 kali ke selatan, sekali ke kiri, 3 kali ke selatan, sekali ke utara, dan selanjutnya lurus menuju lubang di kiri.

Lurus ke utara sedikit untuk menemui batu keempat. Geser ke utara sampai terhalang bebatuan, lalu geser 2 kali ke kanan, 3 kali ke utara, barulah masukkan ke lubang di sebelah kirinya.

Kembali ke batu pertama yang kamu geser. Masukkan dia ke dalam lubang, lalu terakhir turuni tangga di sebelah kanan ruangan. Kamu akan sampai di sebuah ruangan dengan lantai es yang luas. Meluncurlah dari ke sebelah kiri hingga kamu menabrak batu yang sebelumnya kamu jatuhkan ke lubang. Meluncur lagi ke selatan, kiri, utara, dan ke kanan, hingga kamu sampai di tengah. Ambil item Full Heal yang ada di sana. 

Sekarang, meluncurlah ke utara, kiri, selatan, lalu kiri lagi. Temukan Max Potion. Meluncur ke selatan, kanan, utara, lalu kiri. Kamu akan sampai di pojok ruangan. Ambil 2 langkah ke selatan dan meluncur ke kanan hingga kamu sampai di tangga pertama. Berikutnya, selangkah ke selatan lalu meluncurlah ke kiri, selatan, kiri, utara, lalu ke kanan hingga kamu kembali lagi ke tengah. Kali ini, turuni tangganya.

Hancurkan batu di kanan untuk mendapatkan NeverMeltIce, lalu naiki tangga berikutnya yang kamu lihat. Di lantai ini, berjalanlah di sisi kanan lantai es (jangan meluncur di atasnya), dan pergi ke sisi kanan ruangan. Di hadapanmu ada lantai es lagi. Berdiri selangkah dari tembok di kiri dan meluncurlah ke selatan untuk mendapatkan TM72, Avalanche. Meluncurlah ke kiri dan naiki tangga. Geser batu yang ada di ujung lantai es selangkah ke selatan untuk membantumu meluncur dan mendapatkan Iron. 

Di lantai berikutnya, ambil Protein di utara lalu berdirilah di sisi kanan jalan menuju lantai es. Meluncurlah ke selatan, kiri, selatan, lalu ke kanan, bicara pada si Kimono Girl dan dorong dia keluar dari es. Dari tempat kamu berdiri itu, meluncurlah ke kiri, utara, kanan, selatan, kanan, dan selatan lagi ke sebuah PP Up. Terakhir, meluncurlah keluar dari gua ini dan kamu akan sampai di Kota Blackthorn!

Blackthorn City
Di rumah pertama yang kamu lewati, ada gadis yang akan menukarkan Dodrio miliknya dengan Dragonite betina milikmu. Gadis satunya akan memberikan Effort Ribbon jika Pokemon pertama dalam party-mu memiliki 510 EV. Rumah di samping PokeMart adalah tempat berkumpulnya Move Deleter, Move Maniac, serta Move Tutor Draco Meteor dan ultimate move untuk para starter (Frenzy Plant, Blast Burn, Hydro Cannon). Di sebelah selatan Gym, kamu bisa menemui Santos, salah satu dari tujuh bersaudara setiap hari Sabtu.

Berikutnya, kamu bisa menantang Gym terakhir yang terletak di kota ini, atau mengalahkan sisa-sisa Trainer sekaligus latihan jika kamu belum merasa pede dengan level Pokemonmu. Bergegaslah menuju Rute 45 jika kamu ingin menghabisi beberapa Trainer terakhir di Johto!

Route 45
Ikuti jembatan dan masukilah Dark Cave. Seperti biasa, jangan lupa gunakan Flash. Ikuti jalan ke kiri, ke selatan, lalu Surf lurus ke selatan hingga kamu mencapai sebuah daratan. Ambil Revive yang terlihat mata dan belok kiri. Di ujung jalan, kamu akan menemukan TM54, False Swipe. Kembali ke air dan mendarat di tanah di sebelah utara. Berjalan terus ke utara dan ikuti jalannya hingga kamu sampai di sebuah persimpangan: kiri atau selatan. Naik tangga di kiri dan kamu akan menemui seorang pria yang akan memberikanmu BlackGlasses. Sekarang gunakan Escape Rope dan kembalilah ke Rute 45.

Ikuti jalan di sebelah kiri sungai, lurus ke selatan, lewati 2 jembatan, lalu seberangi jembatan ketiga untuk melawan seorang Trainer. Kembali ke jalan sebelah kiri dan lanjutkan perjalananmu ke selatan. Ambil Full Heal, Nugget dan Revive di sepanjang perjalanan. Setelah itu, terbang kembali ke Kota Blackthorn.

Kembali ke Rute 45 dan kali ini tetaplah berada di sisi paling kanan. Ketika melihat dua jalan, tetap berjalan di kanan. Ada seorang Trainer menunggu untuk dikalahkan. Terbang ke Blackthorn, kali ini masih di sisi kanan tapi ketika ada dua jalan, ambil jalan yang kiri. Ikuti terus jalannya ke selatan dan kamu akan menemukan pohon Grn Apricorn di ujung jalan. Itu adalah tanda bagimu untuk kembali ke Blackthorn dan mendapatkan lencana kedelapan!

Blackthorn City
Pergilah ke utara kota dan masuki gedung Gym. Di sini, kamu harus menavigasi jembatan-jembatan yang bisa bergerak dan berputar sesuai dengan panah yang kamu injak. Injak panah di lantai untuk menggesernya dan injak lingkaran biru untuk memutar jembatan itu. Selain itu, ada juga lingkaran kuning yang akan membawamu kembali ke pintu masuk Gym.

Jika kamu berhasil mengalahkan Clair dan Pokemon-Pokemon Naganya yang kuat, ia tidak akan serta-merta menyerahkan lencana padamu! Kamu harus membuktikan kemampuanmu lebih lanjut, begitu katanya. Maka iapun menantangmu untuk memasuki Dragon's Den, tempat bagi mereka yang ingin menjadi Dragon Master. Jangan lupa, sediakan satu Pokemon yang bisa menggunakan Whirlpool.

Dragon's Den
Surf ke utara Gym dan masuki gua yang ada di seberangnya. Turun ke bawah, melewati Trainer pertama dan belok kiri ke sebuah Calcium. Setelah itu, masuk ke air dan surf ke kiri. Ada sebuah Max Elixir di dekat sepasang Trainer kembar. Seberangi pusaran air di selatan dan masuki bangunan yang ada di sebelah kanan.

Kamu akan langsung diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan sebagai bagian dari tes. Disarankan untuk hanya memilih jawaban "Friend", "Training", "Anyone", "Love", "Both". Clair akan terkejut melihatmu lulus dan menyerahkan Lencana kedelapan, Rising. Dari bangunan itu, Surf ke kanan dan ke utara untuk mengambil sebuah Dragon Fang. Kembali ke pintu masuk Dragon's Den dan bicara pada Clair untuk mendapatkan TM59, Dragon Pulse.

Keluar dari Dragon's Den lalu kembalilah lagi ke bangunan di tengahnya. Bicara pada sang Elder, dan jika pada saat menjawab pertanyaan kamu memilih semua jawaban yang disarankan di atas, ia akan memberikanmu Dratini Level 15 yang memiliki move Extremespeed. 

POKEMON LEAGUE!

New Bark Town
Begitu kamu sampai di luar, Prof. Elm akan meneleponmu dan memintamu datang ke Lab-nya segera. Terbanglah ke Kota New Bark dan masuki Lab sang Profesor. Beliau akan memberikanmu Master Ball, bola yang bisa menangkap Pokemon apapun tanpa gagal!

Sekarang, karena kita sudah bisa memakai Waterfall, ada beberapa tempat menarik yang bisa kita kunjungi. Pergi ke Cianwood dan masuki Rute 47. Turun ke lautnya dan gunakan Surf. Kamu akan melihat ada sebuah air terjun tinggi di ujung kiri. Panjat air terjun itu dan ikuti jalannya untuk mendapatkan White Flute. Setelah itu, terbanglah ke Kota Ecruteak!

Mt. Mortar

Ups, jangan masuki Teater Kota Ecruteak dulu! Pergilah ke Rute 42. Seberangi air dan masuki Mt. Mortar. Surf, panjat air terjun raksasa di utara, dan masuki pintu di tengah menuju ruangan berikutnya. Surf ke kiri untuk mendapatkan Rare Candy. Kembali ke pintu masuk ruangan, Surf ke kolam pertama di kanan dan ke utara untuk mendapatkan Max Potion. 

Surf kembali di kolam di kanan bawah dan ikuti jalannya ke utara. Belok ke kiri ketika kamu bisa, lompat, lalu teruskan ke kiri hingga kamu menemukan kolam lainnya. Jalan ke kiri sedikit dan lompati langkan pertama yang kamu lihat untuk sampai ke tempat TM40, Aerial Ace, berada. Kembali lagi ke kolam terakhir dan kali ini berjalanlah lurus ke kanan. Surf lagi melewati kolam berikutnya, ambil Escape Rope di sebelah utara, dan Surf lagi ke kiri di kolam di sampingnya. Lompati langkan kedua yang kamu temui untuk mendapatkan Dragon Scale. Lompat lagi dan ambil Elixir yang terletak agak ke kiri, lalu Surf di kolam terdekat untuk mencapai sebuah tangga turun.

Di lantai berikutnya, ikuti jalan yang berbukit-bukit dan ambil Iron di sebelah kiri. Kembali ke jalan utama dan teruslah menuju sisi kanan ruangan. Ketika kamu sampai di persimpangan antara ke kanan dan ke selatan, ambil jalan ke kanan dan ikuti hingga kamu mendapatkan sebuah Iron Ball. Balik ke persimpangan sebelumnya dan ikuti terus jalannya hingga sampai di sebuah tangga turun. Lewati dulu tangganya, ambil Max Revive di sebelah kiri, dan gunakan tangga yang kamu lewati. 

Di lantai bawah, ikuti anak tangga di kanan untuk mencapai tempat Black Belt Kiyo. Kalahkan ia dan ia akan memberimu Tyrogue Level 10, Pokemon yang bisa berevolusi menjadi 3 Pokemon berbeda: Hitmonlee, Hitmonchan, atau Hitmontop. Saatnya kembali ke Kota Ecruteak dan masukilah Teater Kota Ecruteak.

Ecruteak Dance Theatre
Di sini, kamu akan menghadapi ke-5 Kimono Girls yang sudah pernah kamu temui sebelumnya. Mereka akan menggunakan 5 Pokemon evolusi Eevee: Umbreon, Espeon, Flareon, Jolteon, dan Vaporeon. Mereka akan menantangmu satu-persatu tanpa jeda, jadi persiapkan Pokemonmu dengan baik! Jika kamu menang, mereka akan memberikanmu Clear Bell (HeartGold) atau Tidal Bell (SoulSilver).

Setelah itu, saatnya untuk menuju tempat kemunculan Pokemon Legendaris Ho-Oh atau Lugia. Pemain HeartGold tidak perlu berjalan cukup jauh--cukup masuki Barrier Station di utara kota dan masuki Bell Tower. Pemain SoulSilver harus menyiapkan Pokemon dengan Surf, Flash dan Whirlpool, karena kita akan menemui Lugia di Whirl Islands. Jangan lupa siapkan sebanyak mungkin Ultra Balls!

Bell Tower
Bicara pada biksu di ujung kanan Barrier Station dan ia akan mengizinkanmu lewat. Masuki Bellchime Trail, lalu ke dalam Bell Tower. Naiklah hingga lantai 3. 

Lompati lerengan yang ada di lantai untuk bisa sampai ke bagian lantai lainnya. Ingat, kamu tidak bisa melompat balik melalui lerengan yang sama. Lompat ke kiri untuk mengambil Full Heal, lalu lompat lagi ke kanan. Ikuti terus jalannya dan kamu akan sampai di tangga menuju lantai 4.

Di lantai berikutnya, lompat ke selatan, kiri, selatan, kiri, ke selatan terus hingga sampai di sebuah Ultra Ball. Lompat ke kanan sekali lalu ikuti jalan ke selatan hingga sampai di sebuah PP Up. Lompat ke kiri hingga kamu sampai di pojok kiri bawah ruangan dan ambil Escape Rope. Lompat dua kali ke kanan dan dua kali ke kiri untuk menuju ke lantai 5.

Lompat 2 kali ke kanan, jalan sedikit, lalu ikuti lompatan ke selatan. Lompat sekali ke kiri, sekali ke selatan, lalu ambil jalan paling kanan dan lompat 2 kali ke selatan. Kamu akan sampai di tengah ruangan, dekat pilar, di mana terdapat Rare Candy. Lompat 2 kali ke kanan dan turuni tangga di pojok kanan bawah. Kamu akan kembali ke lantai sebelumnya. 

Balik ke lantai 5, ikuti jalan sebelumnya: 2 kali ke kanan, sekali ke selatan, sekali ke kiri, sekali ke selatan, dan kali ini ambil jalan paling kiri dan lompat dua kali ke selatan. Akan ada dua jalan lagi. Ambil jalan sebelah kanan dan panjat tangga menuju lantai 6.

Ruangan kali ini cukup simpel. Ambil Max Potion, ikuti jembatan ke kanan dan berikutnya ambil jembatan paling utara agar bisa mendapatkan Full Heal. Lompat dua kali untuk sampai di lantai 7.

Kotak yang bercahaya di lantai adalah teleporter. Berdiri di atas teleporter pertama. Kamu akan berada di tengah-tengah ruangan. Berdiri di atas teleporter di berikutnya di sebelah kiri. Kamu sekarang berada di lantai 9. Ada 2 jalan menuju ke kiri; ambil jalan paling utara. Lompat 3 kali ke kiri, sekali ke selatan, lalu 3 kali lagi ke teleporter berikutnya. Kamu akan berada di lantai 8. Lompat ke kiri untuk mendapatkan Nugget lalu lompat ke kanan lagi untuk kembali ke lantai 9. 

Lompat ke kiri lalu ikuti jalannya hingga kamu sampai di teleporter selanjutnya. Masuki teleporter itu, ambil Max Elixir, lalu kembali ke lantai 9. Lompat ke kanan 4 kali dan berdiri di atas teleporter pertama yang membawamu ke ruangan ini, lalu di lantai 7, teleport balik ke teleporter pertama yang kamu temui. Dari sini, lompat terus ke kanan, ambil Max Revive, lalu lompat ke selatan dan masuki teleporter selanjutnya. 

Sampai di lantai 8. Langsung menuju teleporter lainnya di selatan. Kamu akan sampai di lantai 9 lagi. Lurus ke kiri, ambil HP Up, lalu masuki teleporter berikutnya. Di lantai ini, lurus ke utara, abaikan teleporter dan seberangi jembatan untuk sebuah Full Restore. Sekarang baru masuki teleporter sebelumnya dan ikuti tangga menuju lantai 10. 

Saksikan bagaimana Kimono Girls menari dan Ho-Oh muncul! Bersiaplah untuk menangkapnya. Jika kamu tidak sengaja mengalahkannya, ia akan kembali lagi ke sini setelah kamu mengalahkan Elite Four.

Whirl Islands
Terbang ke Kota Olivine dan Surf lurus ke Rute 41. Kamu akan sampai di pulau sebelah timurlaut. Seberangi pusaran air di sebelah selatan pulau dan Surf masuk menuju gua. 

Aktifkan Flash dan ikuti jalan paling utara ke sebuah tangga turun. Di lantai berikutnya, terus berjalan ke selatan dan turuni tangga menuju lantai berikut. Ambil Max Revive dan bicaralah pada si biksu. Ia akan mengizinkanmu lewat setelah melihat Silver Wing milikmu. Turuni jalan melandai dan masuki gua untuk mendapatkan Rare Candy. Keluar dari gua itu dan turun lagi sampai ke dasar dan masuki gua berikutnya. Saksikan Kimono Girls menari dan Lugia pun muncul! Sama seperti Ho-oh, dia juga akan kembali lagi ke sini setelah kamu mengalahkan Elite Four, jika sebelumnya kamu mengalahkannya.


***

New Bark Town
Jika urusanmu dengan para Legenda sudah selesai, terbang ke Kota New Bark. Surf ke kanan dan kamu akan sampai di Rute 27. Seorang pria akan menyambutmu karena untuk pertama kalinya, kamu menginjakkan kaki di Kanto! Surf di air sebelah selatan dan lurus menuju Rare Candy. Kembali lagi ke tempat pria itu dan masuki Tohjo Falls.

Tohjo Falls --> Route 26
Surf, panjat air terjun dan ikuti jalannya ke kanan. Naiki anak tangga terdekat dan ambil Moon Stone di ujung kiri. Kembali ke air terjun dan keluar via pintu di selatan. Masuki rumah terdekat dan nenek di dalamnya akan memberikanmu TM37, Sandstorm, jika Pokemon pertama dalam party-mu memiliki happiness tinggi. Surf ke timur dan mendaratlah.

Seberangi pusaran air di selatan jembatan kayu untuk mendapatkan TM02, Dragon Claw. Ikuti jalan darat ke timur, ambil Destiny Knot yang kamu temukan di tengah rumput, dan kamu akan sampai di Rute 26. Lurus terus ke utara dari jembatan kayu. Kamu akan menemukan sebuah rumah dengan pohon Blu Apricorn di sebelahnya. Gadis di dalam rumah itu akan mengizinkanmu mengistirahatkan Pokemonmu di sana. Dari rumah itu, belok kiri ke tengah rerumputan liar dan kamu akan menemukan rumah milik Tujuh Bersaudara di selatan. 

Lanjutkan perjalananmu ke utara. Belok ke kanan di persimpangan. Sebelum memasuki bangunan di ujung jalan, belok kiri dan lompati langkan untuk mendapatkan Max Elixir. Sekarang, kembali dan masuki bangunan tersebut. Itu adalah Reception Gate, gerbang menuju Victory Road yang juga menghubungkan Kanto dan Johto. Jalan ke kiri menuju Mt. Silver, dan jalan ke kanan menuju Kanto, tapi keduanya ditutup untuk sementara. Maka masukilah gerbang di utara.

Victory Road
Geser batu ke utara dan turuni tangga di kiri. Ambil Potion dan seberangi jembatan kayu. Turuni tangga di kiri dan ambil Full Heal di bawah jembatan. Jalan ke utara dan geser batu sebelah bawah dan ikuti jalannya menuju Max Revive. Kembali ke tempat batu dan naiki tangga di utara menuju lantai berikutnya.

Naiki tangga di sebelah selatan dan ikuti jalannya ke tangga lain yang akan membawamu ke lantai atas. Masuki lubang di lantai dan lanjut ke utara. Geser batu sekali saja ke kiri dan turuni tangga untuk mengambil Full Restore. Dorong lagi batu itu ke kanan dan lanjutkan perjalananmu ke lantai berikutnya.

Jalanlah melewati lubang dan lanjut ke kiri. Di utara, di antara batu-batu yang bisa dihancurkan, temukanlah sebuah Ultra Ball. Berikutnya, ada dua buah lubang lagi. Masuk ke lubang utara dan ambil HP Up. Naiki tangga terdekat dan lurus ke utara. Hindari lubang berikutnya dan temukan Rare Candy tersembunyi di balik batu besar. Sekarang masuki lubang sebelumnya dan ikuti tangga di kiri untuk mendapatkan TM26, Earthquake. Naik lagi ke lantai sebelumnya. Lanjut ke kanan, hancurkan 3 buah batu yang tersusun berbaris dan dapatkan TM79, Dark Pulse. Bersiaplah karena Silver akan menantangmu begitu kamu hendak melangkah keluar!

Pokemon League

Seperti biasa, kamu harus mengalahkan para Elite Fours dan sang Champion sekaligus, jadi habiskan saja uangmu untuk membeli Full Restores sebanyak mungkin. Yang akan kamu hadapi adalah Will, ahli tipe Psychic; lalu Koga, ahli tipe Racun; Bruno, ahli tipe Petarung alias Fighting; dan Karen, ahli tipe Dark. Sang Champion, Lance si ahli Pokemon tipe Naga akan menggunakan tim penuh berisi 6 Pokemon, dengan Pokemon terkuatnya memiliki level 50. Kalahkan mereka dan buktikan kalau kamu adalah Trainer terkuat!

***
-Walkthrough ini masih jauh dari sempurna, jadi jika ada yang ingin ditambahkan atau diperbaiki, silahkan tinggalkan komentarnya!-

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

28 komentar:

achor mengatakan...

Sangat lengkap . . .tapi saya ingin tanya dimana saya bisa mendapatkan item untuk menyembuhkan milktank
Terima kasih

Unknown mengatakan...

Saya tidak bisa menjumpai lance setelah melawan red gyladaros

Unknown mengatakan...

Arah"nya melewati gua sebelum mt.mortar gimana?

Unknown mengatakan...

Mantap artikel nya sy sudah tamat berkat
Panduan ini , bagaimana cara mendapatkan water stone utk evolve evee ?

Water Pokemon mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Dimas mengatakan...

Kamu bisa menyembuhkan Miltank dengan cara memberikan banyak Oran Berries. Bagaimana cara bisa mendapatkan banyak Oran Berries dengan cepat? Kamu bisa menanam Oran Berries yg diberikan oleh (duh.. lupa) di Berries Pot dan jangan lupa disiram dengan Squirt Bottle. Semoga berhasil

Anonim mengatakan...

Tolong saya..., saya sudah berada di Kanto tapi tidak tau alur ceritanya, saya terjebak dan tidak bisa melawan gym selanjutnya, tolong beri saya alur cerita pokemon heartgold saat di Kanto

Anonim mengatakan...

Tolong saya..., saya sudah berada di Kanto tapi tidak tau alur ceritanya, saya terjebak dan tidak bisa melawan gym selanjutnya, tolong beri saya alur cerita pokemon heartgold saat di Kanto

Unknown mengatakan...

Untuk artikel nya sih sdh lengkap dan bagus. Tapi, Cara mendapatkan Suicune dan pokemon Legendary lain nya gimana ?

Rudi Cute :všŸ˜‚ mengatakan...

kalau ada yang tau tolong dong saya udah di gym ke-8 tapi saat mau battle dengan clair gak bisa dia bilang aku masih punya urusan yang belum selesai terus diq suruh aku kembali ke new bark town tapi gak ada apa2 disana padahal belum battle sudah disuruh pulang gimana dong tolongin capek saya keliling johto

Anonim mengatakan...

Ini sebagai penyempurna :

Setelah anda menantang champion league pergilah mt silver di sana ada trainer red

Unknown mengatakan...

Kok Gua Ga Bisa Lawan 5 Kimono Girlnya T_T Tolong Dong

Unknown mengatakan...

Pokemon Heartgold/Soulsilver.. Maupun versi Crystal, udah TAMAT.. Tpi saya suka gamenya, jadi delete terus downloas lagi haha.. Johto & Kanto, sekarang saya yang berkuasa wkwk

Unknown mengatakan...

BANG KOK GW LAWAN pokemon lvl 70 ke atas pas lawan Tim rocket di Route 33 Pas

Tutorial hidup gerald mengatakan...

Bang Gimana cara dapetin bulu lugianya? Di pokemon heart gold

Unknown mengatakan...

Trade..

XDXDXD mengatakan...

mungkin nanti dikasi sama kakek yg di pewter, sama kayak dikasih rainbow wing di soulsilver, kyknya.

Unknown mengatakan...

Songong bet baru namatain 2 versi

Fajar2010 mengatakan...

Ikut lomba pokeathlon,kumpulin pointnya sampe 2500 abis itu tukerin dah ama water stone(kadang metal coat, leaf stone, dll)

TrxTezi mengatakan...

Gan sya maen di emulator kok gk bisa gerakin puzzle kabutonya ya?

Unknown mengatakan...

Ndasmu a

Bukan Trainer mengatakan...

Jangan dipercepat. Kalo dipercepat puzzlenya gk bisa diputar.

Unknown mengatakan...

padahal udah main sampe versi sun n moon, tapi baru yg heartgold ini aku mainin

Hooh mengatakan...

Cara dapetin silver wing gimana ya? Ngak bisa lewatin si budha nya nih

A mengatakan...

makasih kak,infone sangat membantu

Pokemon soulsilver mengatakan...

Kak aq kan d hadan d ice path ma org. Tu yg kuarang d apa nya ya

Natz mengatakan...

Itu khusus pokemon soul silver aja kalo heartgold ya ho oh

Natz mengatakan...

Kak tambahin pas kita di kanto pokemon heart gold plizzzzz

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Menu