About Me

div class="widget-content">
Change Background of This Blog!



Pasang Seperti Ini
RSS

Pokemon HeartGold/SoulSilver: Walkthrough Bahasa Indonesia bagian kedua

New Bark Town
Kamu akan kembali ke kamarmu. Ketika turun, ibumu mengatakan Prof. Elm punya sesuatu untukmu. Segera pergi ke laboratoriumnya. Tebak apa yang akan diberikannya? Ya, S.S Ticket! Sekarang kamu bisa pergi ke Kanto dengan kapal cepat dari Kota Olivine! Tapi sebelum itu, ada sedikit urusan yang harus diselesaikan.

Battle Frontier
Sekarang terbang ke Kota Olivine dan masuki Battle Frontier di Rute 40. Di area masuk ini, belok kiri dan kamu akan menemukan rumah kubus berwarna putih. Di dalamnya ada 3 orang Move Tutor yang akan mengajari Pokemonmu bermacam move, ditukar dengan sejumlah BP (Battle Points). Bagaimana caranya mendapatkan BP ini? Mudah saja! Kamu cukup memenangkan pertarungan di 5 fasilitas pertarungan yang ada di Battle Frontier!

Masuki gedung utara dan sang resepsionis akan mengupgrade Vs. Recorder-mu. Lanjut ke utara dan kamu pun akan memasuki area Battle Frontier yang sebenarnya. 5 fasilitas yang bisa kamu tantang adalah Battle Castle, Battle Hall, Battle Arcade, Battle Factory, dan Battle Tower. Kesemua fasilitas ini sama persis dengan yang ada di Pokemon Platinum. Tiap fasilitas memiliki peraturan yang berbeda dan unik, jadi berusahalah sebaik mungkin jika ingin memenangkannya!

Olivine City
Kembali ke tujuan utama kita. Masuki pelabuhan Olivine dan Prof. Oak akan langsung mengupgrade Pokedexmu menjadi National Mode. Dengan National Pokedex di tangan, kamu punya 2 cara baru untuk menangkap Pokemon. Pertama, dengan Hoenn/Sinnoh Sound. Putar channel "Pokemon Music" di Pokegear pada hari Rabu dan Kamis untuk bisa mendengarkannya. Jika kamu berjalan-jalan di rumput liar di tempat tertentu dengan memperdengarkan musik itu, kamu mungkin saja menemukan beberapa jenis Pokemon dari Hoenn atau Sinnoh. Hoenn Sound hanya diperdengarkan pada hari Rabu dan Sinnoh Sound pada hari Kamis.

Yang kedua adalah swarm. Setiap hari, kamu bisa mendengarkan acara radio Prof. Oak untuk mendengarkan informasi tentang swarm Pokemon yang terjadi di lokasi tertentu. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan cara baru menangkap Pokemon di Safari Zone. Selengkapnya, baca bagian tentang Safari Zone yang sudah ditulis sebelumnya. Berikutnya, masuki kapal cepat S.S Aqua. Berangkaaat!

S.S Aqua
Seperti biasa, di kapal ini pun ada beragam Trainer yang bisa kamu tantang sembari menunggu kapal sampai di tujuan. Trainer akan berubah sesuai tujuan; jadi jika nanti kamu naik kapal ini untuk kembali ke Olivine, bisa saja kamu menemui Trainer yang berbeda dengan yang sebelumnya.

Begitu kamu memasuki kapal, seorang kakek akan mengatakan padamu bahwa cucu perempuannya hilang. Jadi sekarang kita harus membantu mencarinya. Di hampir tiap ruangan, akan ada Trainer yang menunggu tantanganmu jadi jelajahi seluruh ruangan untuk mengalahkan mereka. Ruangan di pojok kanan bawah adalah ruanganmu; kamu bisa beristirahat di tempat tidurnya dan menggunakan PC yang ada di sana.

Turun ke lantai bawah dan bicara pada awak kapal yang menghalangi jalan ke kanan. Kembali ke lantai atas dan cek ruangan di sebelah ruanganmu. Bicara pada pelaut yang tidur di sana. Ia merasa tersinggung karena kamu bilang ia ketiduran (hahaha) dan menantangmu bertarung. Setelah itu, kembali lagi ke ruangan bawah dan naiki tangga di sebelah kanan. Masuki ruangan sang kapten dan bicaralah pada si gadis kecil. Ia akan mengajakmu bermain petak umpet. Cari dia di lantai bawah, bagian ujung kiri. Jika sudah ketemu, sang kakek pun akan memberikanmu Metal Coat.

Kapal pun sampai di Pelabuhan Kota Vermilion! Saatnya turun dan menginjakkan kaki di dataran Kanto!

Vermilion City
Perlu dicatat, selama berada di Kanto, radio PokeGear tidak akan berfungsi sampai kamu bisa mendapatkan expansion card untuk mendengarkan radio di Kanto. Kamu bisa menaiki kapal kembali ke Johto, namun kapal hanya berlayar pada hari Rabu dan Minggu. Alternatifnya, kamu bisa terbang ke Indigo Plateau untuk kemudian terbang ke kota mana saja di Kanto maupun Johto. Di dermaga, kamu akan menemukan Suicune dan Eusine (lagi). 

Dari bagian tengah kota, Surf ke selatan untuk mendapatkan Luck Incense yang berada di pasir di tengah laut. Masuki gedung Pokemon Fans Club di sebelah utara Gym dan bicaralah pada pria tua di sana. Katakan "Yes" dan ia akan memberikanmu Rare Candy. Berikutnya, gunakan Cut atau Surf untuk memasuki Gym Kota Vermilion!

Gym Vermilion masih sama seperti yang sebelum-sebelumnya, di mana kamu harus menemukan 2 tuas yang tersembunyi di dalam tong sampah untuk mencapai tempat sang Gym Leader. Selain itu, kamu juga harus menemukannya secara berurutan, jadi, ketika kamu salah menemukan tempat tuas kedua, kamu harus mengulang mencarinya! Gym berspesialis tipe Listrik ini dipimpin oleh Lt. Surge. Jika kamu mampu mengalahkannya, ia akan memberikanmu Lencana Thunder dan TM34, Shock Wave.

LENCANA KE-10 : MARSH BADGE

Route 6 --> Saffron City
Begitu mendapatkan lencana ke-9, segera pergi ke utara menuju Rute 6. Belok kiri sebelum kolam untuk mendapatkan TM62, Silver Wind. Lurus ke utara menuju Kota Saffron.

Segera belok kanan dan masuki rumah Mr. Psychic untuk mendapatkan, well, TM29, Psychic. Berikutnya, masuki gedung Silph Co. yang terletak di tengah kota. Bicaralah pada petugas di dekat lift untuk mendapatkan Up-Grade, item untuk mengevolusikan Porygon menjadi Porygon2. Ngomong-ngomong, lift di sini tidak bisa digunakan. Jika kamu mentransfer Rotom dari versi DPPt dan meletakkannya di bagian paling depan party-mu, ia akan mengeluarkan listrik untuk menggerakkan lift. Lift itu akan membawamu ke ruang bawah tanah di mana kamu bisa mengubah form Rotom.
Selanjutnya, masuki Gym di timur laut kota. Masih sama seperti sebelumnya, hanya sedikit penambahan nuansa futuristik, Gym Saffron terbagi atas 9 ruangan, di mana ruangan Sabrina si Gym Leader berada di tengah. Kamu harus menggunakan teleporter di lantai untuk berpindah dari satu ruangan ke ruangan lain. Kalahkan Sabrina dan kamu akan menerima Lencana Marsh serta TM48, Skill Swap. 

LENCANA KE-11 : CASCADE BADGE


Route 5 --> Cerulean City
Pergilah ke utara menuju Rute 5. Di dalam rumah di rute ini ada seorang nenek yang akan memberikanmu item Cleanse Tag. Lurus menuju Kota Cerulean. Sayang sekali, Gym ini sedang kosong. Jadi, sebaiknya kita lanjutkan berjalan-jalan karena ada sedikit hal yang harus dilakukan. Pergi ke timur menuju Rute 9.

Route 9 --> Power Plant
Lompati langkan dan ambil Max Potion. Ikuti jalan menuju ke kanan. Ketika jalan terbagi menjadi dua (utara dan selatan), ikuti jalur selatan untuk mendapatkan Full Restore, lalu ambil jalur utara dan naiki anak tangga. Belok kiri, potong pohon kecil terdekat untuk mendapatkan Light Clay. Kembali ke kanan, ikuti jalur paling utara dan potong pohon berikutnya untuk mendapatkan TM91, Flash Cannon. Ke kanan lagi lalu Surf ke selatan begitu kamu menemukan sungai. 

Kamu akan sampai di Rute 10, tepatnya di depan gedung Power Plant. Di dalam, bicaralah pada orang di depan komputer di belakang ruangan untuk menukarkan Dugtrio milikmu dengan Magneton miliknya. Kemudian, bicara pada pria gendut di sana dan ia akan menjelaskan bahwa bagian penting dari generator telah dicuri. Ketika kamu mencoba meninggalkan tempat ini, kau akan 'dipaksa' untuk membantu mencari bagian itu. Terbang kembali ke Cerulean.

Cerulean City
Masuki Gym dan kamu akan melihat seorang Anggota Tim Roket yang segera kabur darimu. Ikuti dia ke jembatan di utara kota dan ia akan menantangmu bertarung. Kalahkan dia dan ia akan menyebutkan tentang bagian yang hilang dari generator Power Plant. Setelah itu, ia akan pergi, dan sejak detik itu kamu tidak akan melihat Tim Roket lagi! Hore!

Kembali ke Gym dan cek tumpukan ban yang ada di belakang dekat sebuah payung untuk menemukan Machine Part. Berikan kembali benda itu pada Manajer Power Plant dan dia akan memberikanmu TM57, Charge Beam. Sekarang, karena pasokan listrik wilayah Kanto sudah kembali normal, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.

Saffron City --> Vermilion City
Sekarang terbang ke Kota Saffron. Masuki rumah berwarna pink di pojok kiri atas dan bicara pada gadis Copycat di lantai 2 rumah tersebut. Ia akan mengatakan telah kehilangan boneka Pokemon di Kota Vermilion. Pergi ke gedung Pokemon Fans Club di Vermilion dan bicara pada pria gendut di depan meja. Ia akan memberikanmu Lost Item. Begitu meninggalkan gedung, seorang pria berambut abu-abu akan memperkenalkan dirinya padamu sebagai Steven, sang Juara wilayah Hoenn. Ia mengatakan bahwa salah satu dari duo Pokemon Legenda Hoenn, Latias/Latios, telah ditemukan di Kanto. Mulai sekarang, kamu bisa menemukan salah satunya di alam liar. Pemain HeartGold bisa mencari Latias dan pemain SoulSilver dapat mulai mengejar Latios.
Sekarang kembalilah ke kota Saffron dan berikan Lost item itu pada si Copycat. Ia akan memberikanmu Magnet Train Pass, jadi kamu bisa naik kereta magnet dari Saffron menuju Goldenrod. Kalau mau mencobanya, segera masuki stasiun kereta yang berada di sebelah utara rumah Copycat. 

Saffron City --> Route 25
Masih dari Saffron, pergi ke selatan menuju Rute 6 dan masuki Underground Path yang sebelumnya ditutup. Bicara pada pria di sini dan tukarkan RageCandyBar yang kamu beli di Kota Mahogany sebelumnya dengan TM64, Explosion. Kamu akan sampai lagi di Rute 5. Masuki Kota Cerulean lalu seberangi jembatan di utara, kemudian belok kanan menuju Rute 25. Kamu akan menemukan 4 pohon berjejer di sebelah kanan atas. Pohon kedua dari kiri adalah satu-satunya tempat untuk mendapatkan Slakoth via Headbutt.

Jika kamu berhasil mengalahkan 7 Trainer di rute ini, bicaralah pada pria yang terakhir dan ia akan memberikanmu Nugget sebelum menantangmu bertarung. Sepertinya ini menjadi ganti dari 5 Trainer yang sebelumnya ada di Nugget Bridge. Potong pohon kecil di dekat sana untuk menemukan Protein.

Rumah di ujung rute ini adalah cottage milik Bill, namun sekarang, kakeknyalah yang menempatinya. Setiap harinya, ia akan memintamu untuk menunjukkan Pokemon tertentu. Jika kamu berhasil menunjukkannya, ia akan memberikanmu batu evolusi seperti Leaf, Water, Fire dan Thunderstone, bahkan juga Everstone tergantung jenis Pokemon yang dimintanya.

Naiki tangga di kanan dan Misty akan memarahimu karena mengganggu kencannya! Ngomong-ngomong, ingatlah baik-baik tempat ini, karena kelak kamu akan kembali ke sini. Sekarang, kembali ke Kota Cerulean dan persiapkan dirimu untuk mengalahkannya. 

Cerulean City

Setelah Misty kembali, Gym kembali dipenuhi oleh para Trainer. Jalan menuju Misty cukup simpel, dan jika kamu mau, kamu bisa Surf di kolam renang untuk melawan Trainer yang berada di dalamnya. Kalahkan Misty untuk mendapatkan Lencana Cascade dan TM03, Water Pulse.

LENCANA KE-12 : SOUL BADGE

Rock Tunnel --> Lavender Town
Pergi ke ujung Rute 9, di dekat sungai. Kali ini, ikuti jalan darat menuju selatan. Kamu akan sampai di Pokemon Center dan pintu masuk menuju Rock Tunnel. Persiapkan Pokemon dengan Flash dan Strength sebelum kita menjelajahinya.

Belok kiri dan turuni tangga menuju lantai B1. Ke utara dan ikuti jalan yang mengarah ke kiri. Turuni tangga yang akan kamu lewati dan ambil PP Up, lalu kembali ke jalan sebelumnya dan lanjut ke kiri. Sebelum kamu mengambil tangga naik di ujung jalan, ikuti anak tangga ke kanan untuk mendapatkan Revive. Sekarang naiklah ke lantai 1. Ikuti jalan ke kanan hingga mencapai sebuah tangga turun, dan di lantai bawah, ikuti terus jalan hingga kamu menemukan tangga berikutnya yang akan membawamu naik.

Jalan ke kanan, lalu sebelum kamu menaiki anak tangga di kananmu, belok ke kiri untuk mendapatkan Elixir. Sekarang kembali ke anak tangga di kanan dan ikuti jalan ke utara untuk mendapatkan TM56, Fling. Keluar lewat pintu di selatan. Kamu akan keluar di Rute 10. Belok kanan, turuni anak tangga pertama, lalu belok kiri. Geser batu di sana untuk mendapatkan TM69, Rock Polish. Pergi ke selatan hingga kamu mencapai Kota Lavender.

Tidak banyak yang bisa kamu lakukan di kota ini. Masuki Menara Radio Kanto dan bicara pada pria tua di sana. Ia akan memberikanmu EXPN Card karena sudah membantu memperbaiki Power Plant. Sekarang, kamu sudah bisa menggunakan radio di Pokegear-mu lagi! Selain itu, khusus di Kanto, kamu bisa mendengarkan channel Poke Flute. Gerakkan kursor ke bagian paling atas radar radio untuk bisa mendengarkannya.
Lalu, di kota ini juga terdapat Name Rater, jadi kamu tidak perlu jauh-jauh ke Kota Goldenrod jika ingin mengganti nama Pokemonmu. Berikutnya, pergilah ke barat menuju Rute 8.

Route 8 
Begitu masuk ke rute ini, segera ke utara untuk menemukan Ylw Apricorn. Sisanya, kamu cukup jalan ke kiri dan mengalahkan semua Trainer di jalan. Akan tetapi, kamu perlu Cut jika kamu ingin mendapatkan Pokemon liar di sini. Jangan lupa ambil TM41, Torment, di ujung kiri rute ini. Lanjut ke barat dan kamu akan kembali ke kota Saffron, jadi balik ke Kota Lavender dan saatnya menuju Silence Bridge, Rute 12.

Route 12 --> Fuchsia City
Di sepanjang jembatan ini, ada banyak pemancing yang hanya akan melawanmu jika kamu bicara pada mereka. Ikuti jalannya ke selatan. Masuki rumah yang ada di tengah jembatan itu. Pria di dalamnya akan memberikanmu Super Rod, pancingan terbaik yang ada di dunia Pokemon. Lanjut!

Tidak jauh di selatan, akan ada pohon yang bisa dipotong di sebelah kirimu. Di belakangnya ada sebuah Calcium. Berikutnya adalah Rute 13. Kamu juga akan memerlukan Cut untuk mendapatkan Pokemon liar di sini. Jelajahi 'labirin' pagar dan teruslah ke kiri. Kamu akan sampai di Rute 14. Di sini, lagi-lagi kamu akan bertemu Suicune. Eusine kemudian datang dan menjelaskan bahwa Suicune menyukai tempat berbukit di dekat air. Tempat itu adalah ujung Rute 25, di mana Misty berkencan. Kalau kamu ingin menangkapnya, segeralah pergi ke sana. Jika kamu tidak sengaja mengalahkannya, kalahkan Elite Four dan ia bisa kamu hadapi lagi di Burned Tower, tempat pertama kamu menemukannya.

Lanjut ke kiri. Jika kamu mengikuti jalan ke utara, kamu akan menemukan rumput tempat Pokemon liar. Tunjukkan seekor Chansey pada gadis di tengah rumput itu dan ia akan memberikanmu Lucky Punch, item yang akan meningkatkan critical hit pada serangan-serangan Chansey. Pergi ke kiri menuju Rute 15. Lurus ke kiri, ambil PP Up, dan lompat. Sebelum kamu memasuki Kota Fuchsia, ikuti jalur selatan ke arah kanan dan ambil Rose Incense yang tergeletak di tanah.

Fuchsia City
Petiklah Red Apricorn yang ada di tengah kota. Di sebelah utara, ada pria berambut pirang yang akan menukarkan Shards dengan sejumlah Berry. Di belakang pria itu adalah Pal Park, tempat di mana kamu bisa mentransfer Pokemon dari game GBA. Jika kamu sudah siap, masukilah Gym yang terletak di selatan kota.

Gym Janine dipenuhi dengan dinding-dinding tak kasatmata yang hanya akan terlihat sekilas jika kamu menabrak mereka, jadi amatilah baik-baik untuk menemukan jalannya. Ngomong-ngomong, semua Trainer di sini akan terlihat seperti Janine, tapi mereka akan membuka penyamarannya begitu kamu bicara pada mereka mereka. Temukan dan kalahkan Janine yang asli untuk mendapatkan Lencana Soul serta TM84, Poison Jab.

LENCANA KE-13 : RAINBOW BADGE


Route 7 --> Celadon City
Empat Lencana berikutnya sepertinya akan kita dapatkan dalam interval yang cukup singkat mengingat tidak banyak hal yang akan kita lakukan di Kanto. Terbang ke Kota Saffron dan masuki Rute 7 di barat. Satu-satunya hal yang akan kamu lakukan di sini adalah mengambil Mental Herb di utara. Setelah itu, masukilah Kota Celadon.

Ikuti jalan di belakang Pokemon Center dan lurus ke ujung kiri untuk mendapatkan TM67, Recycle. Sekarang kembalilah ke tengah kota. Saatnya mengunjungi Celadon Department Store yang terkenal itu!

Celadon Department Store menjual barang yang hampir sama dengan Goldenrod Department Store, hanya saja ada beberapa perbedaan pada konter TM. Di lantai 2, bicaralah pada pria bertopeng yang sedang menghadap ke rak. Ia adalah Crasher Wake, Gym Leader Kota Pastoria, Sinnoh. Ia akan memberikanmu aksesoris berupa 3 topeng starter Sinnoh. 

Tepat di sebelah Department Store terdapat sebuah kondominium, yakni Celadon Condominiums. Pergilah ke ruangan di atap via lift di lantai 2 pada malam hari, dan pria di dalam ruangan itu akan menceritakanmu cerita seram, lalu memberikanmu item Spell Tag.

Di kota ini juga terdapat Game Corner, namun sayangnya mereka juga hanya menyediakan game yang sama - Voltrob Flip. Akan tetapi, hadiah yang disediakan berbeda dengan Game Corner Goldenrod. Di tempat penukaran hadiah, kamu bisa bicara pada pria berambut pirang dan ia akan memberitahukanmu tipe Hidden Power yang dimiliki Pokemonmu. 

Pergi ke selatan kota dan gunakan Cut untuk menyingkirkan pohon kecil yang menghalangi jalan menuju Gym Celadon. Untuk bisa menembus lebatnya kebun di Gym ini, kamu juga memerlukan Cut. Kalahkan Erika untuk mendapatkan Lencana Rainbow dan TM19, Giga Drain.

LENCANA KE-14 : BOULDER BADGE

Cycling Road
Pergilah ke barat menuju Rute 16. Ada beberapa rute yang harus disapu bersih sebelum mendapatkan lencana berikutnya. Yang pertama adalah Cycling Road, jalan yang hanya bisa dilalui dengan bersepeda. Di sepanjang rute ini hingga Rute 18, ada banyak Trainer yang harus kau lawan. Jalannya cukup simpel, jadi kamu tidak akan tersesat. Di ujung lain Cycling Road adalah Kota Fuchsia, jadi sekarang kembalilah ke Kota Vermilion.

Route 11 --> Route 2
Pergi ke timur menuju Rute 11. Aktifkan channel PokeGear untuk membangunkan Snorlax yang menutupi jalan. Snorlax ini hanya ada satu, jadi ada baiknya jika kamu menangkapnya. Sekarang, bereskan dulu para Trainer di Rute 11 sebelum melanjutkan ke Diglett's Cave. Begitu masuk Rute 11, cari bukaan di pagar dan pergi ke selatan untuk menemukan Sticky Barb di pinggir laut. Di tengah-tengah rute juga ada sebuah pohon Grn Apricorn. Selanjutnya pergi ke pojok kanan atas untuk menemukan TM86, Grass Knot. Jika sudah, masukilah Diglett's Cave.

Turun ke bawah. Gua ini sangat simpel dan jauh lebih pendek dari Diglett's Cave di game generasi sebelumnya jadi ikuti jalan ke utara. Kamu akan sampai di Rute 2. Pergi ke utara untuk sebuah Carbos dan ke selatan ke sebuah pohon Pnk Apricorn. Masuki rumah di dekat pohon itu untuk mendapatkan Nugget. Masukilah gerbang di selatan dan bicara pada asisten Prof. Oak untuk mendapatkan Sacred Ash. Sekarang, kembali ke pintu masuk Diglett's Cave dan potong pohon yang ada di sebelah kirinya. Jalan sedikit ke utara dan sampailah kamu di Kota Pewter.

Pewter City
Di Pokemon Center, ada seorang pria yang akan menukarkan Xatu miliknya dengan Haunter milikmu. Di sebelah kiri PokeMart, ada seorang kakek yang akan memberikanmu item Silver Wing (di HeartGold) atau Rainbow Wing (di SoulSilver). Dengan ini, kamu bisa menangkap Pokemon legendaris kedua. Kamu bisa menggunakannya langsung sekarang juga. Jalan menuju tempat mereka berada masih sama dengan yang sebelumnya pernah dijelaskan--Lugia di Whirl Island dan Ho-oh di Bell Tower. Namun pada kesempatan kali ini, mereka memiliki level 70, jadi berhati-hatilah. 

Dari tempat kakek itu, pergilah ke utara dan petik Blu Apricorn serta Wht Apricorn. Sekarang pergi ke kiri dan kamu akan sampai di sebuah gedung besar: Museum Pewter. Tapi jangan masuk dulu, melainkan, ikuti jalan sempit di antara semak di depan museum dengan pintu masuk museum. Hancurkan batu yang menghalangi jalanmu menuju sebuah Wise Glasses. Di dalam museum, bicara pada pria di ruangan kanan dan kamu bisa menghidupkan kembali berbagai fosil yang kamu temukan. Pokemon yang dihidupkan dari fosil semuanya level 20. Ingat, fosil hanya dapat ditemukan dengan menghancurkan bebatuan di beberapa tempat seperti Ruins of Alph. Namun, persentase kemunculannya amat kecil, jadi kamu harus bersabar.

Sekarang masukilah Gym yang terletak di depan museum. Gym Pewter ini terbilang kecil, dengan hanya dua orang Trainer selain Brock si Gym Leader. Kalahkanlah ahli Pokemon tipe Batu ini untuk mendapatkan Lencana Boulder dan TM80, Rock Slide.

LENCANA KE-15 : VOLCANO BADGE

Route 3 --> Route 4
Tujuan kita berikutnya adalah Mt. Moon, jadi masukilah Rute 3 di timur. Di sebelah selatan Rute 3, ada 4 buah lubang yang masing-masing berisi sebuah meteorit. Gunanya adalah untuk mengubah form Deoxys. Lanjutkan perjalananmu ke timur. Ketika kamu memasuki rerumputan tinggi, ikuti jalan ke selatan, naik tangga, dan temukan Big Root di ujung jalan itu. Kembali ke jalur utama dan teruskan ke timur. Ada sebuah Pokemon Center tepat di depan pintu masuk menuju Mt. Moon, jadi kamu bisa menyembuhkan Pokemonmu tanpa harus berjalan jauh ke Pewter.

Dan... tebak siapa yang akan langsung menantangmu bertarung begitu kamu memasuki gunung ini. Silver! Setelah mengalahkannya, ia berkata bahwa ia akan pergi ke Dragon's Den. Yah, kita bisa mengikutinya nanti. Naiki tangga di kanan dan melangkahlah ke luar menuju Mt. Moon Square. Di sini ada sebuah toko yang menjual beberapa barang seperti Poke Doll dan Lemonade. Jika kamu datang ke sini pada hari Senin malam pukul 20.00-23.59, tokonya akan tutup, namun kamu akan dapat melihat sekumpulan Clefairy menari! Salah satu dari Clefairy itu akan menyadari keberadaanmu dan mereka pun kabur, meninggalkan sebuah Moon Stone. Kamu bisa melakukan ini tiap Senin malam.

Masuki gua di selatan dan ikuti jalannya ke luar hingga kamu sampai di Rute 4. Lurus ke kanan. Ambil HP Up di ujung rute ini, lalu terbang kembali ke Kota Pewter. Saatnya pergi ke selatan, menuju Hutan Viridian.

Viridian Forest --> Pallet Town
Berjalanlah ke selatan dan ikuti terus jalannya menuju timur. Ambil Dire Hit dan Blue Flute di tengah jalan. Ke selatan, turuni anak tangga paling ujung untuk mendapatkan TM77, Psych Up (kak alvin? XD) di belakang sebaris pohon. Belok kiri, abaikan dulu pintu keluar dan terus ikuti jalannya ke kiri dan ke utara. Kamu akan menemukan sebuah Leaf Stone di antara dua set anak tangga. Kamu akan sampai di sisi selatan Rute 2.

Potong pohon di sisi kanan untuk menemukan Elixir, setelah itu, lanjut ke Kota Viridian. Di sebelah PokeMart ada sebuah gedung baru: Trainer House. Di sini kamu bisa melawan orang terakhir yang kamu ajak mensinkronisasikan PokeWalker. Namun jika kamu tidak pernah melakukan sinkronisasi PokeWalker sebelumnya, kamu akan melawan seorang Trainer default yang memiliki 3 Pokemon bentuk evolusi terakhir dari starter Johto. Semua Pokemon yang bertarung di sini akan diset ke level 50, namun yang levelnya di bawah 50 tidak akan diubah. Kamu tidak bisa menggunakan item di sini. Dan jika kamu berhasil menang, kamu akan mendapatkan 1 BP (Battle Point), yaiu poin yang bisa ditukarkan dengan sejumlah item di Battle Frontier.

Selanjutnya, gunakan Cut atau Surf untuk bicara pada pria di sebelah kanan Pokemon Center dekat jalan menuju Rute 22. Ia akan memberikanmu TM85, Dream Eater. Saatnya pergi menuju Rute 1 di selatan. Lompati langkan di sebelah kiri untuk mendapatkan Blk Apricorn. Selanjutnya simpel, cukup lurus ke selatan dan kamu akan sampai di Kota Pallet dalam sekejap.

Rumah Trainer Blue ada di kanan atas. Kakak perempuannya, Daisy, akan memijat Pokemonmu jika kamu mengunjunginya tiap sore pukul 15.00-16.00. Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan happiness. Well, tidak banyak yang bisa kamu lakukan di sini, jadi Surf dan meluncurlah ke Rute 21.

Route 21 --> Seafoam Island
Surf lurus ke selatan hingga kamu mencapai Pulau Cinnabar. Setelah erupsi gunung berapi, pulau itu kini menjadi nyaris tak berpenghuni, dan hanya ada sebuah Pokemon Center di sana. Kamu bisa menemukan Blue di sana, tapi ia tidak akan melawanmu sebelum kamu mendapatkan 7 lencana. Jadi, Surf ke timur menuju Seafoam Island. Gunakan Dowsing MCHN di depan pintu masuk Seafoam Island untuk menemukan DeepSeaTooth, item yang akan meningkatkan Special Attack Clamperl dan mengevolusikannya menjadi Huntail jika ia ditukarkan. 

Masuk ke dalam. Turuni tangga yang diselimuti es. Geser batu yang menghalangi jalan dan pergi ke kiri. Turuni tangga berikutnya yang kamu lihat dan ambil sebuah Water Stone. Kembali ke 3 batu yang kamu geser di awal, dorong batu sebelah kiri ke atas dan batu di sampingnya ke kanan untuk mendapatkan Grip Claw. 

Setelah itu, pergi ke atas bukit dan ambil Ice Heal. Turuni tangga di sebelah kirinya menuju basement 2, lalu meluncur di atas lantai es dan lanjut ke kanan menyeberangi lantai es berikutnya. Meluncurlah ke selatan tepat di hadapan seorang Trainer, lalu belok kanan. Turuni tangga menuju basement 3. Ambil TM13, Ice Beam, di utara, lalu kembali lagi ke B3. 

Geser batu di sebelah kiri atas untuk membuka jalan ke tangga di sebelah utaranya. Ambil Ultra Ball dan kembali ke atas. Di selatan, ada lantai es dengan 3 balok es di tengahnya. Dorong balok es sebelah kiri dan tengah ke atas atau ke bawah, lalu dorong balok es terakhir ke kiri. Kamu akan menemukan balok es lagi. Dorong balok es paling kanan ke atas dan balok es paling kiri ke arah kanan. Meluncurlah ke sebuah Big Pearl. Sekarang turuni tangga di selatan.

Surf dan ikuti terus jalannya menuju tangga berikutnya. Naiki dua tangga berikutnya hingga kamu sampai di jembatan kayu. Seberangi jembatan itu, turuni tangga lagi hingga ke dasar, dan Surf ke kiri. Bersiaplah karena kamu akan menghadapi Pokemon Burung Legendaris nomor 1, Articuno! Ia memiliki level 50, jadi siapkan Pokemon yang cukup tinggi levelnya.Jika kamu sudah menangkapnya, Surf ke kiri hingga kamu menemukan sebuah tangga. Naiki tangga itu, pergi ke selatan, abaikan tangga berikutnya, dan ambil Revive di sebelah kanan. Barulah kita naik ke lantai selanjutnya. Geser batu di sebelah utara tangga dan naiki anak tangga hingga kamu sampai di bagian luar Seafoam Island yang lain.

Saatnya melanjutkan penjelajahan kita sedikit lagi sebelum mendapatkan lencana kelima belas. Surf ke utara dan ke kiri, lalu gunakan Dowsing MCHN untuk mendapatkan DeepSeaScale, item yang akan meningkatkan Special Defense dari Clamperl dan mengevolusikannya menjadi Gorebyss apabila Clamperl ditukar sambil memegang item ini. Sekarang, Surf lurus ke timur hingga kamu sampai di Rute 19. 

Di sebelah selatan sepasang Trainer yang berenang bersebelahan, ada sepetak pasir dengan TM55, Brine, di atasnya. Dari sana, lurus ke utara dan kamu akan sampai di pantai selatan Kota Fuchsia. Terbang ke Pulau Cinnabar dan berenang kembali ke Seafoam Island. Naiki tangga menuju lantai atas. Tebak ruangan apa ini! 
Yaps, inilah Gym ketujuh di wilayah Kanto. Karena Pulau Cinnabar sudah luluh lantak, sang Gym Leader pun terpaksa memindahkan Gym-nya ke tengah Pulau Seafoam. Namun, bukan berarti kamu bisa melewatinya dengan mudah, karena bebatuan di dalam gua itu membentuk labirin yang dapat mempersulit jalanmu menuju ke tempat Blaine berada. Kalahkan sang ilmuwan ahli tipe Api ini untuk mendapatkan Volcano Badge dan TM50, Overheat.

LENCANA KE-16 : EARTH BADGE


Cinnabar Island --> Viridian City
Well, ingat Blue yang kalian temui di Pulau Cinnabar? Bicara lagi padanya dan ia akan menyuruhmu pergi ke Gym Kota Viridian. Ikuti saja dia dan masuki Gym Viridian. Lantai Gym ini dipenuhi panel-panel yang akan menggerakkanmu ke arah yang ditunjukkan pada panel itu. Kamu tidak akan bisa berhenti bergerak kecuali kamu sampai di lantai berwarna abu-abu. Temukan jalan menuju Blue menunggu dan kalahkan dia untuk mendapatkan lencana terakhir, Lencana Earth, dan TM92, Trick Room.

SANG TRAINER LEGENDARIS


Jalan-jalan Jilid Dua
Sekarang kamu sudah punya 16 Lencana, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Begitu kamu keluar dari Gym, Prof. Oak akan meneleponmu menyuruhmu datang ke laboratoriumnya di Kota Pallet. Tebak apa yang akan dia berikan padamu? Ya, HM08, Rock Climb!

Ingat jalur berbentuk lingkaran-lingkaran yang biasanya muncul di tepi tebing? Dengan Rock Climb, kamu bisa memanjat jalur itu. Ada banyak tebing untuk dipanjat di Johto dan Kanto, jadi sebaiknya kita mulai acara jalan-jalan bagian kedua. Mt. Silver sudah bisa diakses, namun kita akan pergi ke sana terakhir.

Terbang ke Kota Celadon dan masuki Celadon Condominiums. Pergi ke lantai 3, mana Ethan akan menemuimu dan bicara sedikit sebelum pergi. Bicara pada pria di depan globe raksasa dan ia akan memberikanmu GB Sounds, key item yang memungkinkanmu untuk mengganti BGM dalam game menjadi BGM dari Gold/Silver asli. 

Masuki Diglett's Cave via Kota Pewter. Turun ke dalam terowongan dan panjat dinding yang sebelah kanan. Ikuti jalannya menuju Rock Incense. Kembali turun ke jalur utama, pergi ke selatan sedikit dan panjat dinding di kiri untuk sebuah PP Max. Sekarang keluar dari sana, terbang ke Kota Lavender, dan masuki Rock Tunnel. Belok kiri dan turuni tangga menuju ruangan berikutnya. Segera pergi ke kanan untuk menemukan beberapa tembok yang bisa dipanjat. Turuni panjatan pertama dan keempat untuk sebuah Oval Stone dan Iron, setelah itu keluarlah dari sini.

Terbang ke Pulau Cinnabar. Panjat tembok sebelah kanan di belakang Pokemon Center, panjat naik sekali dan turun sekali untuk mendapatkan Magmarizer. Sekarang pergilah ke Kota Cherrygrove. Surf ke laut di kiri, lalu panjat temboknya. Pohon paling kiri bisa kamu Headbutt untuk mendapatkan Taillow, dan ia hanya bisa ditemukan di satu pohon itu saja. Sekarang pergilah ke Rute 39 dan panjat tembok pertama yang kamu temui. Ikuti jalannya ke kanan. Pohon di ujung jalan ini adalah satu-satunya tempat untuk mendapatkan Burmy via Headbutt. Panjat turun tembok di sebelah utara untuk sebuah Lax Incense. 

Terbang ke Kota Mahogany dan masuki Mt. Mortar. Panjat tembok pertama, pergi ke selatan lalu keluar lewat pintu di kiri. Panjat turun untuk mendapatkan Dubious Disc, lalu kembali ke dalam Mt. Mortar. Belok kanan dan ke utara menuju ruangan lain. Pergi ke utara, lewati dulu tembok yang bisa dipanjat dan teruskan ke utara untuk mendapatkan Full Incense. Sekarang kembali dan panjat tembok yang sebelumnya. 

Panjat tembok berikutnya di utara, terus ikuti jalan, dan panjat tembok lainnya. Kamu akan menemukan sebuah Protector di ujung jalan ini. Keluar dari sini dan pergi ke National Park. Cari bukaan pagar di bagian kanan atas taman dan panjat dinding di sebelah kanan. Di sini kamu akan menemukan Shiny Stone, dan sebuah pohon--pohon paling utara--yang merupakan satu-satunya tempat untuk mendapatkan Cherubi, via Headbutt. 

Itu semua adalah hal-hal penting yang bisa didapatkan via Rock Climb. Sekarang, saatnya menangkap beberapa Pokemon legendaris yang tersisa! Siapkan Ultra Ball sebanyak mungkin dan pergi ke Kota Cerulean. Pergi ke utara dan Surf ke sungai via rerumputan di Rute 24. Masuki gua di ujung kiri sungai itu.

Cerulean Cave

Gua ini hanya akan terbuka setelah kamu mendapatkan 16 Lencana, karena di dalamnya terdapat Pokemon yang amat kuat. Gunakan Flash dan Surf ke utara. Belok kanan di belokan kedua dan naik tangga menuju lantai 2. Ikuti jalan di labirin kristal, lalu hancurkan 2 batu di ujung jalan untuk mendapatkan TM24, Thunderbolt. Kembali ke lantai 1 dan Surf ke kiri melewati kolong jembatan.

Mendaratlah di kiri, ambil Nugget, dan naik lewat tangga sebelah selatan. Ikuti jalan ini ke sebuah PP Up lalu kembali ke lantai sebelumnya. Pergilah ke selatan dan ikuti jalannya ke sebuah Full Restore. Lanjutkan perjalananmu hingga sampai ke sebuah tangga, abaikan saja tangga itu dan belok kiri. Ikuti jalan hingga kamu sampai di jembatan kayu. 

Abaikan tangga di dekatnya dan seberangi jembatan itu. Belok kanan untuk mendapatkan Max Elixir dan belok kiri untuk mendapatkan Sea Incense. Sekarang naiki tangga yang berada tepat sebelum jembatan ini. Ikuti jalan ke kiri, belok ke selatan di persimpangan pertama, lalu belok kanan di persimpangan kedua hingga kamu sampai ke persimpangan ketiga, di mana di sebelah kanan terdapat sepasang batu yang bisa dihancurkan. Ada sebuah Odd Incense menanti di ujung jalan ini. 

Kembali ke persimpangan kedua, kali ini ambil jalur kiri bawah (di sebelah selatan jalur yang ada batunya). Ikuti jalan itu menuju sebuah Ultra Ball. Sekarang, kembali ke persimpangan pertama di dekat tangga menuju ruangan ini dan ambil jalan yang mengarah ke utara. Ada persimpangan lagi; kali ini belok kanan. Turuni dua tangga berikutnya dan pergi ke utara. Belok kanan di persimpangan pertama dan ambil Max Revive. Pergi ke selatan menuju tepi kolam, lalu belok kiri untuk mendapatkan Ultra Ball.

Di dekat sana ada sepasang tembok yang bisa dipanjat. Panjat turun melalui tembok sebelah kanan dan temukan Dusk Stone. Panjat naik kembali lewat tembok yang sama dan Surf ke kiri. Jalan ke utara, lalu panjat turun tembok di sebelah kanan untuk mendapatkan Electirizer. Pergi ke selatan, belok kiri, dan panjat turun lagi. Surf ke selatan, abaikan belokan pertama dan belok di ujung jalan untuk mendapatkan Black Sludge. 

Kembali Surf dan ikuti belokan sebelumnya hingga kamu mencapai tempat sang Pokemon Legendaris Mewtwo berada. Simpan game-mu karena ini adalah satu-satunya kesempatanmu untuk mendapatkannya. Dia memiliki level 70 dan terkenal dengan serangannya yang kuat, jadi gunakan Pokemon Tipe Dark untuk bisa menahan serangannya. Gunakan tangga yang ada di belakangnya untuk keluar dari gua ini.
Berikutnya, pergi ke Power Plant. Di samping gedung, kamu akan menemukan... jeng jeng jeng... Zapdos! Anggota kedua dari Trio Burung Legendaris ini memiliki Level 50. Saatnya untuk menambah koleksi Pokemon Legendamu!

Ingat saat Silver menyuruhmu pergi ke Dragon's Den? Jika belum ke sana, pergilah sekarang. Surf ke selatan menuju kuil di tengah gua. Kamu dan Silver akan melakukan pertarungan ganda melawan Lance dan Clair. Persiapkan dirimu dengan baik karena kedua sepupu itu sudah menjadi lebih kuat sekarang. Setelah pertarungan ini, baik Silver, Clair maupun Lance akan pergi. Mulai sekarang, setiap hari Senin dan Rabu, Silver akan menantangmu kapanpun kamu mencoba untuk bertarung dengan Elite Four. Selain hari itu, kamu bisa langsung menghadapi Elite Four tanpa harus mengalahkannya dulu.

Setelah itu, persiapkan dirimu untuk dungeon terakhir! Pastikan level Pokemon-mu di antara 80-90, karena kamu akan menghadapi Trainer terkuat di Dunia Pokemon. Terbanglah ke gerbang Victory Road, lalu ambil jalan ke kanan menuju Rute 28.

Di sini, ikuti jalur selatan ke arah barat hingga kamu sampai di sebuah Pokemon Center. Potong pohon kecil di sebelah kanan Pokemon Center itu dan bicara pada gadis di dalam rumah di sana untuk mendapatkan TM47, Steel Wing. Di sebelah kanan rumah itu, ada TM35, Flamethrower. Kembali ke Pokemon Center, Surf ke kiri di kolam di depannya untuk mendapatkan Reaper Cloth. Jika sudah siap, masukilah Mt. Silver.

Mt. Silver
Surf dan panjat air terjun. Masuki pintu terdekat dan ambil Expert Belt di dalamnya. Kembali ke air, Surf ke kiri dan panjat tembok naik lalu turun ke sebuah air terjun lainnya. Masuki ruangan di utara. Sudah bisa melihat siapa yang akan kita temui di ruangan ini? Benar sekali, Moltres! Panjat turun tembok di sekelilingnya dan bersiaplah menangkapnya. Sama seperti kedua temannya, ia berada pada level 50. 
Kembalilah ke pintu masuk Mt. Silver dan panjat tembok terdekat dengan pintu masuk. Keluar lewat pintu di samping. Ambil Escape Rope dan ikuti jalannya ke barat. Setelah menaiki 3 set anak tangga, ikuti jalan ke selatan untuk mendapatkan TM76, Stealth Rock. Sekarang ke utara, turun tangga dan masuki pintu pertama yang kamu lihat. Ambil Full Restore di pojok ruangan dan kembali ke luar, lalu ikuti jalan hingga kamu sampai di pintu berikutnya. 

Ikuti jalannya ke kiri dan ke utara, lalu naiki tangga menuju ruangan berikutnya. Di ruangan berikut ini, naiki anak tangga pertama, lalu putari ruangan berlawanan arah jarum jam, melewati anak tangga kedua, menuju sebuah Max Elixir. Sekarang naiki anak tangga kedua tadi, putari ruangan, dan ambil Max Revive di ujung jalan. Naiki anak tangga ketiga di sebelah kirinya dan ikuti jalan ke kiri hingga sampai ke sebuah Calcium. Sekarang, keluar lewat pintu di utara.

Wow, di luar bersalju!!! (norak) Ikuti jalan ke kanan dan masuki pintu pertama yang kamu lihat. Ambil Protein di selatan dan keluar lagi. Masuki pintu berikutnya, lalu keluar lewat pintu selanjutnya, kemudian pergi ke selatan hingga kamu melihat tembok berbatu yang berada di samping pintu lainnya. Panjat tembok itu, belok kiri, panjat tembok kedua, lalu belok kanan untuk mengambil Pure Incense. 

Sekarang kembali ke pintu di paling bawah dan masuk, lalu keluar lagi lewat pintu di kiri. Panjat tembok, lalu panjat tembok paling kanan dua kali untuk mendapatkan Dawn Stone. Kembali ke jejeran 3 tembok berbatu. Panjat tembok yang di tengah dan masuki pintu gua. Panjat tembok di ujung jalan ini dan keluar menuju puncak Mt. Silver yang diselubungi badai salju. 

Ada seseorang di ujung jalan ini. Dia adalah Red, sang Trainer legendaris yang merupakan protagonis di serial game Red/Blue/Yellow dan FireRed/LeafGreen. Dia memiliki tim penuh berisi 6 Pokemon dan Pokemon terkuatnya adalah Pikachu yang berada pada level 88. Selain itu, badai salju yang terus turun juga dapat mengurangi HP Pokemon yang bukan tipe Es sedikit demi sedikit. Sudah siapkah kamu menghadapinya?

Setelah kamu mengalahkannya, game akan disave otomatis dan credits akan muncul. Setelah ini, setiap Pokemon dalam party yang kamu bawa untuk melawan Red akan mendapat Legend Ribbon. Selamat, kamu sudah berhasil menamatkan HGSS!

AFTERMATH

Pokemon dari Wilayah Lain
Begitu kamu kembali ke kamar, segera pergi ke Kota Pallet dan bicara pada Prof. Oak. Ia akan memberikanmu Starter Kanto: Charmander, Squirtle, dan Bulbasaur. Pilihlah yang manapun yang kamu suka.
Setelah itu, pergilah ke rumah Mr. Pokemon di Rute 30. Ia akan memberikanmu Blue Orb (HeartGold) atau Red Orb (SoulSilver). Bawalah Orb itu ke Rute 47, lalu turunlah menuju laut. Surf ke kiri sejauh mungkin dan panjat tembok berbatu. Masuki Embedded Tower, di mana kamu bisa menghadapi Kyogre atau Groudon. Keduanya pada level 50. Jika kamu tidak sengaja mengalahkannya, mereka akan kembali setelah kamu melawan ulang Elite Four.

Jika kamu memiliki Kyogre dan Groudon yang ditangkap di Embedded Tower (bisa didapat dengan cara menukarkannya dari game lain), bawalah mereka berdua ke Prof. Oak. Ia akan memberikanmu Jade Orb. Bawa orb ini ke Embedded tower dan kamu akan menemukan Rayquaza Level 50 di sana.

Selanjutnya, terbang ke Kota Saffron dan masuki Silph. Co. Di sana kamu bisa menemukan Steven Stone. Bicara padanya dan ia akan memintamu memilih satu warna. Pilih merah dan ia akan memberikanmu Torchic, memilih biru dan ia akan memberikanmu Mudkip, dan pilih hijau agar ia memberikanmu Treecko. Semuanya pada level 5.


Bug-Catching Contest
Setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu, National Park mengadakan kontes menangkap serangga. Untuk bisa menang, kamu harus menangkap Pokemon serangga terbaik yang dilihat dari Max HP, Level, IV, dan lain sebagainya. Setelah National Dex, serangga yang bisa ditangkap di dalam kontes ini juga akan bertambah. Selengkapnya, baca saja petunjuk tentang Bug-Catching Contestdi sini.

Battle Frontier
Fasilitas Battle ini nyaris tak ada bedanya dengan Battle Frontier di Platinum. Di sini, kamu bisa melakukan pertarungan di 5 fasilitas berbeda dan mendapatkan Battle Points (BP) yang bisa ditukarkan dengan berbagai macam item, TM dan Move Tutor. 

1. Battle Castle
Fasilitas ini terletak di pojok barat daya. Di sini, semua Pokemon akan diubah menjadi level 50 dan kamu tidak diperbolehkan menggunakan item. Kamu akan dihadiahi Castle Point (CP) setiap berhasil mengalahkan Trainer. Kamu akan diberikan 10 CP di awal permainan dan setiap sebelum battle, kamu bisa menggunakan CP tersebut untuk menggunakan suatu opsi, seperti memulihkan Pokemonmu, mendapatkan informasi soal lawanmu yang berikutnya, atau mendapatkan held item untuk digunakan oleh Pokemonmu.

Setelah memenangkan 20 pertarungan berturut-turut, kamu akan menghadapi Castle Valet Darach di pertarungan ke-21. Jika menang, kamu akan dihadiahi Silver Print untuk Vs. Recorder-mu. Kalau kamu bisa menang berturut-turut hingga 48 kali, Darach akan menantangmu kembali. Menang lagi dan kamu akan mendapatkan Gold Print.

2. Battle Hall
Terletak di barat, sebelah utara Battle Castle. Di sini, penggunaan Pokemon Legenda tidak diperbolehkan. Pokemon yang ikut minimal Level 30, dan kamu bisa bebas menggunakan item. Kamu hanya bisa menggunakan 1 Pokemon di sini.

Begitu masuk, kamu akan diminta memilih salah satu dari 17 tipe yang akan kamu lawan. Tiap tipe dimulai pada Level 1 dan akan bertambah menjadi Level 10. Kamu akan melawan Pokemon sesuai tipe yang kamu pilih, misalnya, jika kamu memilih tipe Air, kamu bisa saja melawan Mudkip, Starmie, atau Kingdra. Penting untuk memilih Pokemon yang memiliki sedikit kelemahan dan mampu mempelajari move yang beragam. 

Awalnya, Level Pokemon lawanmu akan cukup rendah, namun lama-lama levelnya akan meningkat. Jika kamu mampu mengalahkan 50 Pokemon berturut-turut, kamu akan ditantang oleh Hall Matron Argenta dan mendapatkan Silver Print begitu mengalahkannya. Menang 170 pertarungan berturut-turut dan Argenta akan melawanmu lagi, kalahkan dia untuk mendapatkan Gold Print.

3. Battle Tower
Menara ini terletak di ujung utara. Di sini aturannya cukup simpel--bawa 3 Pokemon dan menangkan sebanyak mungkin pertarungan. Kamu tidak bisa menggunakan item, namun kamu bisa menggunakan Held Item pada Pokemonmu. Sangat dianjurkan untuk menggunakan Pokemon dengan IV tinggi dan sudah di-EV Train. Baca di sini untuk mengetahui cara mendapatkan IV tinggi lewat breeding dan cara untuk melatih Pokemon secara kompetitif!

Menangi 20 pertarungan dan kamu akan ditantang oleh Tower Tycoon Palmer. Kalahkan ia untuk mendapatkan Silver Print dan sebuah Ribbon untuk setiap Pokemon yang ada di party-mu. Setelah 48 kali menang berturut-turut, ia akan melawanmu lagi. Kalahkan dia dan dapatkan Gold Print serta Ribbon lainnya untuk ketiga Pokemonmu.

4. Battle Factory
Terletak di sebelah barat. Di sini, kamu akan menggunakan Pokemon pinjaman yang memiliki level 50 atau 100, tergantung tipe pertarungan yang kamu pilih. Kamu harus memilih 3 di antara 6 Pokemon yang disediakan di awal, dan setiap akhir pertarungan, kamu bisa menukarkan Pokemon milikmu dengan salah satu Pokemon lawanmu. Pada awalnya, kamu akan diberikan beragam informasi soal lawanmu. Namun lama kelamaan, informasi yang diberikan akan semakin berkurang.

Kalahkan 20 Trainer dan kamu akan menghadapi Factory Head Thorton. Silver Print akan dihadiahkan atas kemenanganmu. Menang 48 pertarungan berturut-turut dan kamu akan menghadapinya lagi, dan kemenanganmu akan dihadiahi Gold Print.

5. Battle Arcade
Battle Arcade berlokasi di pojok tenggara. Di sini, kamu menggunakan 3 Pokemon milikmu, dan segala item bahkan held item tidak akan bisa digunakan di sini. Sebelum bertarung, kamu akan mendapat kesempatan untuk memutar roulette yang akan menentukan nasibmu di pertarungan berikutnya. 

Ada dua warna dalam roulette, ikon dalam warna merah akan mempengaruhi lawanmu sementara yang hitam akan mempengaruhimu. Beberapa ikon seperti lambang petir akan menyebabkan paralyzed, ikon api akan menyebabkan burn, ikon tornado akan menyebabkan kabut muncul di tengah pertarungan, ikon berry akan memberikan Berry #1-10 sebagai held item, dan lain sebagainya. Jangan terlalu lama menentukan pilihan, karena jika kamu tak kunjung memilih, komputer yang akan memilihkan untukmu.

Arcade Star Dahlia akan menantangmu setelah kamu memenangkan 20 pertarungan berturut-turut. Jika kamu berhasil mengalahkannya, kamu akan dihadiahi Silver Print. Untuk mendapatkan Gold Print, kalahkan Dahlia setelah memenangi 48 pertarungan berturut-turut.

Pokeathlon
Pokeathlon adalah semacam olahraga triathlon, hanya saja pesertanya adalah para Pokemon. Pokeathlon diadakan di Pokeathlon Dome, sebelah barat National Park. Di sebelah kiri Dome, ada seorang wanita yang akan memberikanmu Apriblender, alat untuk membuat Aprijuice. Seperti halnya Pokeblock/Poffin pada kontes, Aprijuice akan meningkatkan stat yang dibutuhkan Pokemon dalam cabang-cabang Pokeathlon yang akan diikutinya.

Tiap Pokemon memiliki 5 stats Pokeathlon - Speed, Power, Skill, Stamina, dan Jump, dengan nilai tertinggi 5. Stat ini bisa dilihat di halaman terakhir bagian Summary. Stat beberapa Pokemon bisa saja sudah mencapai maksimal (tidak bisa ditambah lagi berapapun jumlahnya), sedangkan beberapa bisa ditingkatkan dengan pemberian Aprijuice. 

Masuki Pokeathlon Dome dan bicara pada resepsionis di konter untuk mengikuti Pokeathlon. Whitney akan datang dan memberikanmu kostum khusus Pokeathlon. Di sini, kamu menggunakan 3 Pokemon untuk setiap perlombaan. Tiap perlombaan membutuhkan keahlian pada stat tertentu, jadi gunakan Pokemon yang cocok. Di akhir perlombaan, kamu akan mendapatkan Athlete Point (AP) berdasarkan berapa skor yang kamu dapatkan di perlombaan tersebut, plus 100 poin jika kamu keluar sebagai juara pertama di perlombaan itu. AP dapat ditukarkan dengan berbagai macam item.

Untuk membuat Aprijuice, masukkan beberapa Apricorn (maksimal 5 buah) ke dalam Apriblender. Berjalanlah sebanyak 100 langkah (1 cycle) untuk menghasilkan Aprijuice yang bisa digunakan hingga 3 kali. Perlu dicatat, beberapa jenis Aprijuice tidak hanya dapat meningkatkan stat namun juga dapat mengurangi stat. Untuk membuat dampak penurunannya lebih kecil, kamu harus meningkatkan 'mildness' dari Aprijuice dengan cara membawanya 'jalan-jalan' lebih lama dan mendiamkannya selama beberapa hari. Maksimal angka mildness adalah 255. 

Selain itu, ada juga 'flavor' yang akan menentukan berapa banyak peningkatan stat yang didapat oleh Pokemon yang meminumnya. Cara meningkatkan flavor adalah dengan menambahkan lebih banyak Apricorn pada Aprijuice yang sudah jadi dan mencampurkannya lagi. Flavor memiliki nilai maksimal 100.

Berikut adalah jenis Apricorn dan stat yang akan ditingkatkan/diturunkannya:
Blu Apricorn - Meningkatkan SKILL - Flavor Dry - Dapat menurunkan JUMP
Grn Apricorn - Meningkatkan JUMP - Flavor Bitter - Dapat menurunkan SPEED
Pnk Apricorn - Meningkatkan SPEED - Flavor Sweet - Dapat menurunkan POWER
Red Apricorn - Meningkatkan POWER - Flavor Spicy - Dapat menurunkan STAMINA
Ylw Apricorn - Meningkatkan STAMINA - Sour - Dapat menurunkan SKILL
Blk Apricorn - Meningkatkan semua stat
Wht Apricorn - Menurunkan semua stat

Perhatikan juga, bahwa tiap Pokemon memiliki Nature, dan nature itu akan ikut mempengaruhi efektivitas Aprijuice yang diberikan padanya. Berikut adalah daftar Nature dan stat mana yang akan dipengaruhinya.
Hardy: -Speed, +Power (sedikit)
Lonely: +Power, -Stamina (banyak)
Brave: -Speed, +Power (banyak)
Adamant: +Power, -Jump (banyak)
Naughty: +Power, -Skill (banyak)
Bold: -Power, +Stamina (banyak)
Docile: +Stamina, -Jump (sedikit)
Relaxed: -Speed, +Stamina (banyak)
Impish: +Stamina, -Jump (banyak)
Lax: -Skill, + Stamina (banyak)
Timid: +Speed, -Power (banyak)
Hasty: +Speed, -Stamina (banyak)
Serious: +Speed, -Skill (sedikit)
Jolly: +Speed, -Jump (banyak)
Naive: +Speed, -Skill (banyak)
Modest: -Power, +Jump (banyak)
Mild: - Stamina, + Jump (banyak)
Quiet: -Speed, +Jump (banyak)
Bashful: -Power, +Jump (sedikit)
Rash: -Skill, +Jump (banyak)
Calm: -Power, +Skill (banyak)
Gentle: +Skill, -Stamina (banyak)
Sassy: -Speed, +Skill (banyak)
Careful: +Skill, -Jump (banyak)
Quirky: +Skill, -Stamina (sedikit)

Nature netral seperti Hardy, Docile, Bashful, Serious, dan Quirky memang akan memberikan perubahan, namun tidak terlalu signifikan jika dibandingkan dengan stat lainnya.

Dan berikutnya adalah daftar lomba-lomba di Pokeathlon, rekor pencapaian tertinggi pada cabang tersebut, serta stat apa yang paling kalian butuhkan untuk bisa memenangkannya.

1. Block Smash
Pokeathlon Stat yang dibutuhkan: Power & Stamina
Rekor: 80 balok
Dengan menggunakan stylus, hancurkan batu-batu yang ada di hadapan Pokemonmu. Jika Pokemonmu kelelahan, tukar dia dengan Pokemon lain dalam timmu. Nilai akan semakin tinggi jika kamu mampu memukul balok di titik yang sama.

2. Circle Push
Pokeathlon Stat yang dibutuhkan: Power & Stamina
Rekor: 40 poin
Timmu akan ditempatkan di lingkaran berwarna yang masing-masing memiliki poin tertentu. Gerakkan Pokemonmu dengan stylus dan tabrak Pokemon dari tim lawan untuk menyingkirkan mereka dari lingkaran tempat mereka berada. Ketika waktu habis, poinmu akan ditentukan dari lingkaran tempat Pokemonmu berada.

3. Disc Jump
Pokeathlon Stat yang dibutuhkan: Jump & Power
Rekor: 40 poin
Gerakkan Pokemon dengan stylus dan tap untuk membuat mereka melompat. Akan ada piringan yang beterbangan di atas mereka dan kamu harus melompat untuk menangkapnya. Poin yang kamu dapatkan bergantung pada lokasi di mana Pokemonmu mendarat. Semakin ke belakang, semakin banyak poinnya.

4. Goal Roll
Pokeathlon Stat yang dibutuhkan: Skill & Power
Rekor: 3 poin
Permainan ini mirip sepakbola mini. Kamu harus mengontrol ke-3 Pokemonmu dan mendorong bola ke gawang lawan untuk mendapatkan poin.

5. Hurdle Dash
Pokeathlon Stat yang dibutuhkan: Speed & Jump
Rekor: 100 detik
Lari gawang a la Pokemon. Ke-3 Pokemonmu akan berlari dengan sendirinya, yang harus kamu lakukan hanyalah men-tap mereka sehingga mereka melompati gawang yang ada di sepanjang jalur. 

6. Lamp Jump
Pokeathlon Stat yang dibutuhkan: Jump & Skill
Rekor: 350 poin
Tarik salah satu Pokemonmu ke bawah untuk membuat mereka melompat. Untuk setiap lampu yang disentuhnya ketika melompat ataupun hendak mendarat, kamu mendapatkan satu poin. Hati-hatilah agar Pokemonmu tidak saling menabrak satu sama lain ketika melompat!

7. Pennant Capture
Pokeathlon Stat yang dibutuhkan: Skill & Speed
Rekor: 35 bendera
Gerakkan Pokemon dengan stylus. Kumpulkan bendera sebanyak mungkin lalu kembali ke garis start untuk menambah bendera yang dikumpulkan timmu. Jika kamu menabrak Pokemon lain dari belakang, kamu bisa mencuri bendera yang mereka bawa. 

8. Relay Run
Pokeathlon Stat yang dibutuhkan: Stamina & Speed
Rekor: 12 putaran
Gunakan stylus untuk menggerakkan Pokemon. Ada banyak halangan yang akan menanti di tengah jalur. Jika Pokemonmu kelelahan, tukar dengan Pokemon lainnya menggunakan opsi "Switch". 

9. Ring Drop
Pokeathlon Stat yang dibutuhkan: Stamina & Power
Rekor: 70 poin
Tujuan permainan ini adalah untuk mendorong Pokemon lawan keluar dari ring dengan menggerakkan Pokemonmu ke arah Pokemon lawan. Jika Pokemonmu terdorong keluar atau mulai kelelahan, tukar ia dengan Pokemon yang lain.

10. Snow Throw
Pokeathlon Stat yang dibutuhkan: Skill & Power
Rekor: 30 hit
Gerakkan Pokemonmu ke arah tertentu dengan stylus dan ia akan melempar sebuah bola salju ke arah tersebut. Jika bola salju itu mengenai Pokemon lawan, kamu akan mendapatkan sebuah poin. Tap pada Pokemon untuk membuat mereka mengumpulkan salju dan membentuk semacam tameng untuk melindungi dari lemparan salju lawan, dan, jika salju ini dilempar, dapat membuat Pokemon lawan terdiam untuk beberapa detik.


Gym Leader Rematch
Setelah mengalahkan Elite Four untuk pertama kalinya, kamu bisa menemui para Gym Leader di luar Gym-nya untuk meminta nomor PokeGear mereka dan menghubungi mereka untuk melakukan rematch. Akan tetapi, hal itu hanya dapat dilakukan pada waktu-waktu tertentu. Rematch akan dilaksanakan di Fighting Dojo Kota Saffron, dan begitu mereka menerima ajakan rematch, mereka tidak akan meninggalkan Dojo sampai kamu mengalahkan mereka.

Berikut adalah waktu dan lokasi kita bisa menemukan para Gym Leader:

1. Falkner
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia pada hari Senin di lantai 4 Celadon Department Store. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Sabtu pagi.

2. Bugsy
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia pada hari Kamis di sebelah selatan Hutan Viridian. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Kamis siang.

3. Whitney
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia setiap hari pukul 12 siang hingga 4 sore. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Sabtu siang. 

4. Morty
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia pada hari Senin/Rabu di Bellchime Trail. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Selasa malam.

5. Chuck
Untuk mendapatkan nomornya, bicara pada istrinya di depan Gym kapanpun. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Rabu malam.

6. Jasmine
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia setiap hari pukul 1-2 siang di Kafe Olivine. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Rabu siang.

7. Pryce
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia setiap hari pukul 6-10 pagi di sisi barat Lake of Rage. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Senin pagi.

8. Clair
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia setiap hari pukul 6-10 pagi di Dragon's Den setelah mengalahkan dia dan Lance dalam pertarungan ganda bersama Silver. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Jumat malam.

9. Brock
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia setiap hari pukul 12 siang - 3 sore di bagian Diglett's Cave dekat Rute 2. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Sabtu malam.

10. Misty
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia setiap hari pukul 4-6 sore di ujung Rute 25. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Rabu pagi.

11. Lt. Surge
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia setiap hari pukul 9 pagi - 12 siang setelah menangkap Zapdos dengan menunjukkan Pikachu yang ditangkap dari Viridian Forest. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Jumat siang.

12. Erika
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia pada hari Sabtu/Minggu pukul 3-5 sore, setelah berbicara dua kali padanya. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Minggu pagi.

13. Janine
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia setiap hari pukul 4-6 sore di Reception Gate menuju Victory Road. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Senin siang.

14. Sabrina
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia pada hari Jumat di pelabuhan Kota Olivine. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Minggu siang.

15. Blaine
Untuk mendapatkan nomornya, temui dia pada hari Selasa di Pulau Cinnabar. Untuk melakukan rematch, telepon dia setiap Selasa siang.

16. Blue
Untuk mendapatkan nomornya, mintalah Daisy memijat Pokemonmu tiap hari pukul 3-4 sore, dan setelah 5 kali, tunjukkan Pokemon dengan happiness maksimum pada Daisy dan ia akan memberikanmu nomor telepon Blue. Untuk melakukan rematch, telepon Blue setiap Minggu malam.


Keterangan: 
Pagi: 04.00-09.59
Siang: 10.00-19.59
Malam: 20.00-03.59

Setelah mendapatkan nomor telepon mereka masing-masing, kamu bisa menemui mereka untuk berfoto bersama mereka. Berikut adalah lokasi dan waktu untuk berfoto:

Falkner: Celadon Department Store, sepanjang hari Rabu.
Bugsy: National Park, sepanjang hari Jumat.
Whitney: Goldenrod Department Store, pukul 6 sore - 9 malam.
Morty: Bellchime Trail, sepanjang hari Jumat.
Chuck: Rute 47, sepanjang hari Minggu.
Jasmine: Kafe Olivine, pukul 12-1 siang.
Pryce: Gym Mahogany, sepanjang waktu.
Clair: Dragon's Den, pukul 5 sore - 7 malam.
Brock: Diglett's Cave, hari Selasa pukul 5 sore - 9 malam.
Misty: Rute 25, dengan Pokemon tipe Air di slot pertama party-mu, pukul 2 siang - 4 sore.
Lt. Surge: Rute 39, sepanjang hari Sabtu.
Erika: Kota Celadon, sepanjang hari Senin.
Janine: Reception Gate, pukul 6 sore - 8 malam.
Sabrina: Pelabuhan Kota Olivine, sepanjang hari Senin
Blaine: Pulau Cinnabar, sepanjang hari Selasa.
Blue: Pulau Cinnabar, sepanjang hari Jumat setelah mengalahkan Red.

Shiny Leaf
Tahu kan, jika kita bicara pada Pokemon kita, terkadang mereka akan memberikan kita item berupa aksesoris? Nah, terkadang, mereka bisa saja memberikan kita item yang amat langka: Shiny Leaf! Pokemon dengan Nature tertentu, apabila diajak jalan-jalan di rumput Pokemon liar di rute tertentu, dapat menemukannya sewaktu-waktu. Jika kamu menemukan satu, bicara pada Ethan dan ia akan menyuruhmu mencari 5 helai. Begitu kamu memiliki 5 helai Shiny Leaves, ia akan memberikan sebuah mahkota yang akan ditampilkan di layar Summary. Mendapatkan mahkota ini juga akan menambahkan satu bintang di Trainer Card-mu. Lainnya? Tidak ada! Hanya itu saja manfaatnya menemukan Shiny Leaf.

Berikut adalah daftar Nature dan nomor rute di mana mereka bisa menemukan Shiny Leaf:

Adamant: 9, 15, 22, 24, 37, 42, 46          
Lonely: 10, 16, 25, 27, 38, 43
Bashful: 10, 16, 25, 27, 38, 43               
Mild: 11, 18, 26, 39, 44
Bold: 9, 15, 22, 24, 37, 42, 46          
Modest: 7, 8, 13, 14, 33, 36, 45
Brave: 9, 15, 22, 24, 37, 42, 46           
Naive: 1, 3, 5, 12, 18, 31, 34, 47
Calm: 2, 4, 6, 28, 32, 35, 48           
Naughty: 1, 3, 5, 12, 18, 31, 34, 47
Careful: 7, 8, 13, 14, 33, 36, 45            
Quiet: 7, 8, 13, 14, 33, 36, 45
Docile: 7, 8, 13, 14, 33, 36, 45           
Quirky: 11, 18, 26, 39, 44
Gentle: 2, 4, 6, 28, 32, 35, 48              
Rash: 11, 18, 26, 39, 44
Hardy: 9, 15, 22, 24, 37, 42, 46         
Relaxed: 2, 4, 6, 28, 32, 35, 48
Hasty: 11, 18, 26, 39, 44                  
Sassy: 1, 3, 5, 12, 18, 31, 34, 47
Impish: 1, 3, 5, 12, 18, 31, 34, 47       
Serious: 7, 8, 13, 14, 33, 36, 45
Jolly: 1, 3, 5, 12, 18, 31, 34, 47         
Timid: 10, 16, 25, 27, 38, 43
Lax: 2, 4, 6, 28, 32, 35, 48

***

Well, selesai sudah petualanganmu di Kanto! Petunjuk di atas mungkin belum mencakup semua hal, jadi tugasmu untuk menemukan hal-hal baru yang bisa dilakukan pasca menamatkan game!

Walkthrough ini masih jauh dari sempurna, jadi jika ada hal-hal yang kurang atau perlu diperbaiki, silahkan tambahkan di kolom komentar!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Menu